STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM TRUBUS SENTRA AGROBISNIS
Abstract
Tujuan penelitian ini guna (1) Mengetahui faktor internal dan eksternal yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan (2) Menentukan strategi yang tepat diterapkan dalam meningkatkan pemasaran Usaha Jamur Tiram Trubus Sentra Agrobisnis. Dengan menggunakan matriks IFE, EFE, dan SWOT, dan Posisi Strategi penelitian ini memadukan metode kuantitatif dan kualitatif. Dari temuan penelitian diketahui faktor internal yang mempengaruhi pemasaran jamur tiram yaitu kekuatannya; produksi jamur berkualitas, kontinuitas produksi, harga stabil, ketersediaan modal cukup, memiliki kendaraan pemasaran dan kelemahannya; kualitas jamur tiram tidak tahan, kurangnya SDA pembuatan jamur, kurangnya SDM pemasaran, letak usaha kurang strategis, kurangnya promosi produk. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran jamur tiram yaitu peluangnya; permintaan pasar terus ada, perkembangan pasar online dan modern, luasnya pangsa, dapat dikonsumsi segala usia, pengembangan produk menjadi bebagai olahan dan ancamannya; pengetahuan masyarakat minim tentang manfaat jamur tiram, adanya produk subtitusi/pengganti, daya beli masyarakat yang kurang, pengaruh pergantian musim/cuaca yang tidak menentu, perubahan selera konsumen. Alternatif strategi SWOT yang bisa diaplikasikan yaitu strategi SO (1) Meningkatkan kapasitas produksi yang diiringi dengan pengembangan pasar yang lebih luas (2) Diversifikasi produk dan Digital Marketing.

