ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN KEDAI KOPI (Coffee Shop) DALAM MEMBELI MINUMAN KOPI DI KOPIRIA (STUDI KASUS KECAMATAN TANAH GROGOT)
Abstract
Kopi merupakan jenis minuman yang berasal dari proses pengolahan ekstraksi biji tanaman kopi. Kopi adalah salahi satu jenisi minuman yang sangat diminati masyarakat seluruhi dunia. Bisnis kedai kopi saat ini dinilai cukupi kompetitif dan selalu berkembang seiring perubahani zaman dani gaya hidup masyarakat. Tujuani penelitian ini adalah untuki mengetahui atribut yang menjadi preferensi konsumeni dalam membeli minuman kopi di kedai kopi (coffee shop) Kopiria, atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan untuki membeli minuman kopi di kedaii kopi (coffee shop) Kopiria, dan minumani berbahani dasar kopi selalui menjadi pilihan utamai konsumen dii kedai kopi (coffeei shop) Kopiria. Penelitian ini dilaksanakan di Kopiria Kecamatani Tanah Grogot,i penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposivei (sengaja). Respondeni penelitian adalah konsumen akhir yangi sudah pernah lebih dari satu kalii mengkonsumsi kopi dii kedai kopi (coffee shop) Kopiria. Penelitian dilakukan padai tahun 2024. Jenis penelitian yang dilakukan adalahi metode studi kasus. Jenis metode penentuan sampel yang digunakan adalahi probability sampling. Teknik pengumpulan datai berupai datai primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakani analisis deskriptif dan analisis conjoint. Hasil penelitian menunjukkani bahwa atribut kopi yang menjadi preferensi konsumen dalam membeli minuman kopi di kedai kopi (coffeei shop) Kopiria Kecamatani Tanah Grogotii berdasarkan nilai utilityi adalah olahani produk berbahan dasar kopi, cita rasa yangii manis, bangunan dengan tempat ber-AC (air conditioner) dan memiliki fasilitas wi-fi, harga yangi murah, penyajian kopi dingin, serta promosi direct marketing atau promosi secara langsung tanpa pihak ketiga. Atribut kopi yang palingi dipertimbangkan konsumen dalam keputusani untuki membelii minuman kopi di kedai kopi (coffeei shop) Kopiria Tanah Grogot berdasarkan nilai kepentingan (importance values) adalah cita rasa,i harga, bangunan (tempati dan fasilitas), olahan produk, penyajian kopi, dan promosi. Pilihan konsumen di kedai kopi (coffeei shop) Kopiria khususnya di wilayahi Kecamatan Tanah Grogoti yang selalu menjadi pilihan utama adalah olahan produk minuman berbahan dasar kopi.

