PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PENJUALAN KERUPUK AMPLANG IKAN TENGGIRI DI DESA TANJUNG ARU KECAMATAN TANJUNG HARAPAN KABUPATEN PASER
Abstract
FITRI. Pengaruh Bauran Pemasaran (marketing mix) Terhadap kepuasan konsumen pada penjualan Kerupuk Amplang Ikan Tenggiri di Desa Tanjung Aru Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser. Tanjung Aru, yang terletak di kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser, merupakan salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Timur dengan luas sekitar 126.981,279 km2 dari total wilayah provinsi tersebut. Kabupaten Paser memiliki potensi perikanan yang cukup tinggi, terlihat dari peningkatan volume produksi ikan laut yang terus meningkat meskipun mengalami fluktuasi sejak tahun 2011 hingga saat ini, dengan rata-rata produksi mencapai 22.545,08 ton pertahun. Potensi Perikanan tangkap di Kabupaten Paser diperikanan mencapai 72.000 ton pertahun, namun pemanfaatannya baru sekitar 21%. Kecamatan Tanjung Harapan dikenal sebagai wilayah dengan produksi ikan laut di kecamatan ini mengalami lonjakan signifikan dengan total produksi mencapai 4.410.260 kg. Metode Penelitian Tempat dan waktu penelitian, jenis penelitian, subjek dan objek penelitian, populasi dan penentuan sampel, Hasil penelitian Variabel produk (X1), harga (X2), pelayanan (X3), tempat (X4), dan kemasan (X5) secara simultan berpengaruh nyata terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) terhadap pembelian produk kerupuk amplang ikan tenggiri.

