| dc.identifier.citation | Abdullah, K. et al. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In PT Rajagrafindo Persada (Juli 2022, Vol. 3, Issue 2). Kab. Pidie Provinsi Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad zaini. Adiputra, I. M. S. et al. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Denpasar : Yayasan Kita Menulis. Agustiningsih, N. (2019). Gambaran Stress Akademik dan Strategi Koping Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 6(2), 241–250. https://doi.org/10.26699/jnk.v6i2.art.p241-250 Ambarwati, P. D. et al. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47 Anggraini, F. D. P. et al. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206 Anisa, R. (2020). Adaptasi akademik, sosial, personal, dan institusional : studi college adjustment terhadap mahasiswa tingkat pertama. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 159. https://doi.org/10.29210/145700 Asrar, A. M., & Taufani, T. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Quarter-Life Crisis Pada Dewasa Awal. JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.30984/jiva.v3i1.2002 Basar, A. A. D. et al. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Health Care : Jurnal Kesehatan, 10(2), 287–296. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i2.140 Burhanuddin. (2021). Pengaruh Tingkat Kualitas Medol Pembelajaran Daring Terhadap Mahasiswa Masa Pandemi COVID-19. Busschaert, C. et al. (2015). Reliability and validity of three questionnaires measuring context-specific sedentary behaviour and associated correlates in adolescents, adults and older adults. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12966-015-0277-2 Cahaya, N. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah, 12(2), 159–174. https://doi.org/https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i2.1135 Cutrona, R. (1987). Social Provisions Scale_0.pdf. Fadlillah, A. R. et al. (2023). Mengkaji Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Masyarakat Risiko. Jurnal Salome: Multidisipliner Keilmuan, 1(3), 188–206. https://doi.org/10.21580/wa.v8i1.6581 Firstika. (2020). Hubungan Tingkat Stres Akademik Dengan Sistem Perkuliahan Jarak Jauh Terhadap Kualitas Tidur Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Online Mahasiswa, 7, 1–13. Fitroh, R. et al. (2019). Perbedaan perilaku prososial ditinjau dari jenis kelamin pada relawan sosial. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(1), 9. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i1.15125 Ida faridah, Yanti Alfiyanti, S. F. (2022). Pengaruh Application Mobile Mindfules (MM) Terhadap Tingkat Stress Pada Mahasiswa Di Tanggerang Raya. Nusantara Hasana Journal, 1 No. 8, 91–95. https://doi.org/https://doi.org/10.7748/ldp.19.3.15.s18 Kemendikbud. (2020). Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Pendidikan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi Kemenkes RI. (2020a). Apakah yang dimaksud Stres. Penyakit Tidak Menular Indonesia. Apakah yang dimaksud Stres Kemenkes RI. (2020b). Corona Virus Disease 2019. Infeksimerging. Kountul, Y. P. et al. (2019). Hubungan Jenis Kelamin dan Pengaruh Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Kesmas, 7(5), 1–7. https://doi.org/10.35790/kesmas.v13i1 Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149–163. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22674 Lubis, H. et al. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454 Marsiwi, A. R. (2022). Korelasi Dukungan Teman Sebaya Dan Tingkat Stres Mahasiswa Ners A Stikes Widaya Dharma Husada Tanggeran. Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 6(2). https://doi.org/10.52031 Melani, F. P. (2023). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIKes ) Cirebon Program Selama Pembelajaran Blenden Learning Dimasa Pandemi COVID-19. 14, 139–149. https://doi.org/10.38165/jk.v14i2.391 Mental Health Foundation. (2021). Stres, depression, anxiety and death or bereavement, which some people may find triggering. Mental Health Foundation. https://www.mentalhealth.org.uk/explore-mental-health/a-z-topics/stress Muizzulhafiidh, A. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Tingkat Stres. Universitas Jember. Najiha, A. et al. (2019). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa PSKPP FK ULM Angkatan 2019. 7(1), 11–18. Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawata: Pendekatan Praktis Edisi 4 (Edisi 4). Jakarta : Salemba Medika. Psychology Foundation of Australia. (2010). Depression Anxiety Stress Scale. Putri, P. K. et al. (2022). Stress Akademik Mahasiswa Semester Awal Dan Mahasiswa Semester Akhir: Studi Komparatif Dalam Situasi Pembelajaran Daring. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 20(2). https://doi.org/10.47007/jpsi.v20i2.232 Putri Rahma Dini, A. I. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Tingkat Stres dalam Menyusun Tugas Akhir Pada Mahasiswa Stikes Ngudi Waluyo Ungaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan Dan Kesehatan, 10(2), 88–148. https://doi.org/https://doi.org/10.52299/jks.v10i2.50 Rahakratat, B. et al. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Stres Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Keperawatan Unklab. Klabat Journal of Nursing, 3(2), 10. https://doi.org/10.37771/kjn.v3i2.573 Resubun, C. C. (2021). Respon Terhadap Pembelajaran Blended Learning Di Era Pandemi Covid 19 Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa. Media Husada Journal Of Nursing Science, 2(3), 154–166. https://doi.org/10.33475/mhjns.v2i3.67 Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riskesdas. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (p. 674). Lembaga Peneliti dan Pengembangan Kesehatan. Riskesdas. (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2020. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Sarafino. (2011). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesehatan. https://osf.io/f4ytx/download Sheridan. (2017). Jenis Jenis Dukungan Sosial. Portal Pendidikan Indonesia. http://www.jejakpendidikan.com/2017/10/jenis-jenis-dukungan-sosial.html?m=1 Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian (Cetekan Ke). Bandung Alfabeta. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d Edisi 2 Cetakan Ke-29. Bandung : Alfabeta. Syapitri, H. et al. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Malang : Ahlimedia Press. Taherdoost, H. (2018). Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research. SSRN Electronic Journal, 5(3), 28–36. https://doi.org/10.2139/ssrn.3205040 WHO. (2020). Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus. World Health Organization South-East Asia Indonesia. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public Yosep, I. et al. (2024). Types of Digital Mindfulness: Improving Mental Health Among College Students – A Scoping Review. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 17(December 2023), 43–53. https://doi.org/10.2147/JMDH.S443781 Yuhbaba, Z. N. et al. (2024). Dukungan Sosial dengan Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan Selama Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 12(1), 8–17. https://doi.org/10.35790/j-kp.v12i1.51982 Zahra, M. P. D. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Kedokteran gigi pada saat pandemi. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(4), 2072–2087. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1317 Zulkifli. (2009). Psikologi Perkembangan (D. P. Tjun Sujarman (ed.); Cet. 7). Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009. | id_ID |