| dc.identifier.citation | Aliftitah, S., & Oktavianisya, N. (2023). Peningkatan Pengetahuan Melalui Pelatihan Pertolongan Pertama pada Cedera di Sekolah dengan Metode Peer Teaching. Jurnal Ilmiah STIKES Yarsi Mataram, XIII(1), 1–9. Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31. Aprijal, Alfian, & Syarifudin. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. J. Mitra PGMI, 6(1), 76–91. Astuti, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Membentuk Pribadi Anak Melalui Pendidikan Keluarga. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, III(2), 248–257. Buston, E., Pardosi, S., Septiyanti, & Efendi, P. (2021). Pengaruh Pelatihan terhadap Keterampilan Kesiapsiagaan Manajemen Bencana Keluarga di Daerah Pesisir Pantai Kota Bengkulu. Journal of Public Health, 4(2), 72–77. Chabibah, N., Khanifah, M., & Kristiyanti, R. (2020). Pengaruh Pemberian Modifikasi Edukasi Booklet Gizi Balita dan Cooking Class Terhadap Pengetahuan dan Pola Pemberian Makan Balita. Jurnal Kebidanan Indonesia, 11(2), 47–54. D, O. (2020). Trial and Error. Lancet (London, England), 395(10236), 1538–1539. https://doi.org/10.1016/s0140-6736(20)30965-x Dhonna Anggreni., M. K. (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan (Mk. Eka Diah Kartiningrum, SKM. (ed.)). STIKes Majapahit Mojokerto. Dr. Jenita Doli Tine Donsu, S. M. (2022). Metodologi Penelitian Keperawatan. PUSTAKABARUPRESS. Erna, A., Natsir, M. S., Jailani, A. K., Wicaksono, Y. R., & Yusuf, P. N. (2022). Strategi Analisis Faktor-Faktor Penurunan Prestasi Belajar Matematika dengan Pendekatan Data Mining. Jurnal Studi Inovasi, 2(4), 17–23. Fadilah, R., Fradianto, I., Fauzan, S., Mita, & Fahdi, F. K. (2023). Gambaran Pengetahuan Penanganan Cedera Sprain & Strain Pada Siswa/i di Sekolah Menengah Pertama Pondok Pesantren Hidayatul Muslimin 2. MAHESA: MALAHAYATI HEALTH STUDENT JOURNAL, 3(4), 1010–1022. Finthariasari, M., Febriansyah, E., & Pramadeka, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa Pelangkian Melalui Edukasi dan Literasi Keuangan Pasar Modal Menuju Masyarakat Cerdas Berinvestasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 3(1). Fredianto, M., & Noor, H. Z. (2021). Penanganan Cedera Olahraga Dengan Metode RICE. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.36.316 Hasbullah. (2021). Kurikulum Pendidikan Guru : Metode Simulasi dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 155–162. Irawan, B., Sarkani, & Indarto, K. (2023). Mitigasi Bencana Kebakaran Kawasan Perkotaan. Jurnal Kebijakan Publik, 14(4), 476–483. Jayadi, M., Zulkieflimansyah, & Umar. (2023). Pengaruh Simulasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Aparatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Ganec Swara, 17(4), 2160–2166. Kurnia, E., Mahanani, S., Natalia, D., & Kuniawati, F. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Melalui Pendidikan Kesehatan tentang Pertolongan Pertama pada Kasus Kegawatdaruratan Sehari-hari. Pelita Abdi Masyarakat, 2(2), 99–103. Listiana, D., Effendi, & Oktarina, A. R. (2019). Pengaruh Pelatihan Balut Bidai Terhadap Pengatahuan dan Keterampilan Siswa/i Palang Merah Remaja (PMR) di SMA N 4 Kota Bengkulu. CHMK Nursing Scientific Journal, 3(September), 145–156. Maghfiroh, L., Afni, A. C. N., & Setiyawan. (2023). Pengaruh Pelatihan Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Pertolongan Pertama dengan Metode RICE di Komunitas Gowes Karanganyar. 33. Muniarti, S., & Herlina, S. (2019). Pengaruh Simulasi Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Terhadap Motivasi dan Skill Resusitasi Jantung Paru (RJP) pada Karang Taruna RW 06 Kampung Utan Kelurahan Krukut Depok. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 3(2). Narayana, I. G. A., Sukarja, I. M., Sukuwana, I. W., & Juniari, N. M. (2022). Edukasi Media Audiovisual Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. 15(2), 160–171. Nasihudin, & Hariyadin. (2021). Pengembangan Keterampilan dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ndonesia, 2(4), 733–743. Nastiti, E. M., Ekaprasetia, F., & Darotin, R. (2023). Pengaruh Media Film Dokumenter Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Siswa dalam Pertolongan Pertama Cedera Muskuloskeletal. Jurnal Keperawatan Dirgahayu, 5(2), 25–30. Nurani, Y., Hapidin, Wulandari, C., & Sutihat, E. (2022). Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5747–5756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2940 Nurjanah. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Usaha Laundry Bunda. Jurnal Mahasiswa, 1, 117–128. Nurjannah, M., & Astuti, Z. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Penanganan Sprain dan Strain (Keseleo) Pada Masyarakat Awam di Samarinda. Jurnal Kesehatan: Caritas et Faternitas, 1(2021), 19–24. Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). Kondisi Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Share: Social Work Jurnal, 11(1), 74–80. https://doi.org/10.24198/share.v11i1.33642 Okta, R. P., & Hartono, S. (2021). Tingkat Pengetahuan Penanganan Cedera Olahraga Pada Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Olahraga, 08(02), 101–108. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34266.06081 Palupi, M., & Arumsari, R. P. (2022). Pengaruh Sumber Informasi Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Seimbang di Desa Bendo (UPTD Puskesmas Bendo). Jurnal Gizi KH, 2(1), 61–63. Pandey, A. R., Neupane, T., Chalise, B., Chaudhary, S., Shrestha, N., & Bista, B. (2020). Serious Injury and its Correlates among School Going Adolescents in Nepal: A cross-sectional study. J Nepal Health Res Counc, 18(3). https://doi.org/10.33314/jnhrc.v18i3.2882 Permadani, R. A., & Susilowati, T. (2022). Hubungan Kesiapsiagaan Remaja Dengan Keterampilan Menghadapi Bencana Pendahuluan. Jurnal Keperawatan Duta Medika, 2(2), 53–58. Permatasari, A. L., & Rizky. (2019). Pengetahuan Mitigasi Non Struktural Bencana Gempabumi pada Siswa Sekolah Dasar SD Negeri Srumbung Segoroyoso Pleret Bantul Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Geotik, 167–176. Putra, K. R. A., Landra, N., & Puspitawati, N. M. D. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada LPD Se-Kecamatan Tabanan. Jurnal EMAS, 3(9). Putra, S., Risnita, Jailani, M. S., & Nasution, F. H. (2023). Penerapan Prinsip Dasar Etika Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27876–27881. Rahayu, D. P., Nurwahidin, M., & Sudjarwo. (2022). Penggunaan Permainan Simulasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(7), 2629–2642. Rifai, A., & Sugiyarto. (2022). Penatalaksanaan Cedera Muskuloskeletal pada Korban Kecelakaan melalui Simulasi Evaluasi pada Masyarakat Awam. Jurnal MID-Z (Midwifery Zigot) Jurnal Ilmiah Kebidanan, 5(1), 64–71. https://doi.org/10.56013/JURNALMIDZ.V5I1.1366 Riskesdas, R. K. D. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI Tahun 2018. Rostiyanti, S. F., Hansun, S., Setiawan, A. F., Sulastri, S., Nurmadina, Sany, N., & Hansen, S. (2023). Etika Penelitian : Teori dan Praktik (I. Ir. Seng Hansen, S.T., M.Sc., Ph.D., I. Dr. Ir. Susy Fatena Rostiyanti, S.T., M.Sc., & M. M. Prof. Dr. Ir. Sony Heru Priyanto (eds.)). Podomoro University Press (PU PRESS). Safitri, W. E., Kusumajaya, H., & Meilando, R. (2024). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pengetahuan Anggota PMR Tentang Pertolongan Pertama pada Kasus Kecelakaan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(1), 285–294. Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. Sakti, B. P., Purnanto, N. T., & Sulistiyarini. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Metode RICE pada Ankle Sprain Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Remaja Laki-Laki di Purwodadi. TSCD2Kep Journal, 6(1). Saputri, Restiana, E., Agustin, Rima, W., Kanita, & Wisnu, M. (2020). Pengaruh Pemberian Pelatihan PRICE dengan Metode Simulasi Terhadap Keterampilan Penanganan Cedera SPRAIN pada Atlet Pencak Silat Di Karanganyar. Sari, N. A., & Endiyono. (2023). Pengaruh Pemberian Edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dengan Media Buku POP UP Terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Usia Sekolah. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(April), 558–563. Setianingsih, E., Arifin, R. N., & Waladani, B. (2022). Pengaruh Edukasi Pertolongan Pertama Terhadap Tingkat Pengetahuan Anggota Palang Merah Remaja Pengaruh Edukasi Pertolongan Pertama Terhadap Tingkat Pengetahuan Anggota Palang Merah Remaja. Prosiding 16th Urecol: Seri MIPA Dan Kesehatan, 469–476. Setiyaningrum, T., Maharani, R., Wicaksono, H., Febriana, A. D., Iksan, R. R., & Yeni, R. I. (2024). Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Siswa/i Dalam Penanganan Kegawatdaruratan Sekolah di SMK Kesehatan Fahd Islamic School. MAHESA: MALAHAYATI HEALTH STUDENT JOURNAL, 4(4), 1392–1401. Simamora, W. R., Supriyadi, Fanani, E., & Marji. (2023). Pengaruh Video Dan Simulasi RJP Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Atlet Sepatu Roda Kota Malang. Jurnal Medika Nusantara, 1(4), 172–193. Soni, R. K. (2019). Childhood Home Based Unintentional Injuries Surveillance in Punjab India. Online Journal of Public Health Informatics, 11(1), 2579. Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed.); Kedua). ALFABETA, cv. Sulaeman, R., Lestari, R. D., Dramawan, A., & Purnawati, D. (2022). Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Keterampilan Pelaksanaan Kegiatan 3M ( Mencuci Tangan , Memakai Masker , Menjaga Jarak ) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(January), 733–740. Sulandari, C., Dewi, A., & Mustikowati, T. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Personal Hygiene Terhadap Performa Personal Hygiene Siswa. Binawan Student Journal (BSJ), 2(3), 333–340. Sumadi, P., Laksmi, I. A. A., Putra, P. W. K., & Suprapta, M. A. (2020). Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Terhadap Pengetahuan Penanganan Fraktur pada Anggota PMR di SMP Negeri 2 Kuta Utara. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 19–23. Tucunan, A. A. T., Maitimo, B. I., & Tulungen, I. F. (2022). Hubungan Sumber Informasi dengan Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Di Provinsi Sulawesi Utara. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(4), 373–379. Ula, N. M., Siartha, I. P., & Citra, I. P. A. (2019). Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Banjir Di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 7(3), 103–112. https://doi.org/10.23887/jjpg.v7i3.21508 Usman, Almumtahanah, Kawuryan, U., Kartika, W., Hlawa, A. S., & Wuriani. (2021). Kejadian Cedera Pada Anak Usia Sekolah Dasar: Studi Deskriptif. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(1), 58–62. Wahyuningsih, I., Amilia, V., Herlianita, R., & Dwi, I. (2022). Pengaruh Metode Self Direct Video dan Simulasi Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Resusitasi Jantung Paru ( RJP ) pada Relawan. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(1), 155–170. | id_ID |