• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Civil Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Civil Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Evaluasi dan Mikrosimulasi Kinerja Ruas Jalan pada Daerah Padat Penduduk Menggunakan PTV Vissim (Studi Kasus : Jalan P Suryanata Kota Samarinda)

Thumbnail
View/Open
COVER (895.5Kb)
BAB 1 (336.9Kb)
BAB 2 (1.007Mb)
BAB 3 (1.671Mb)
BAB 4 (390.3Kb)
DAFTAR PUSTAKA (279.6Kb)
LAMPIRAN (3.800Mb)
SKRIPSI (2.761Mb)
Date
2024-07-21
Author
Badiuzaman, Achmad Habib
Metadata
Show full item record
Abstract
Jalan Pangeran Suryanata merupakan jalan penghubung Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda dengan Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Sering terjadi penumpukan semua jenis kendaraan baik masuk maupun keluar pusat Kota Samarinda sehingga menyebabkan kemacetan pada ruas jalan, selain itu kepadatan penduduk di daerah jalan Pangeran Suryanata juga memicu kepadatan lalu lintas. Permasalahan lalu lintas di Jalan Pangeran Suryanata Kota Samarinda kondisi sekarang mulai dirasakan pengguna jalan. Permasalahan yang turut mmeperburuk kondisi lalu lintas adalah masalah kinerja ruas jalan maka dari itu diperlukan evaluasi terhadap jalan. Metode penelitian meliputi pengumpulan data primer dan sekunder. Untuk data primer yaitu survei jumlah kendaraan pada hari Senin, Jumat, Sabtu dengan 3 waktu yaitu 08.00-09.00 WITA, 12.00-13.00 WITA dan 17.00-18.00 WITA. Data sekunder menggunakan PKJI 2023 dan simulasi menggunakan PTV Vissim. Volume arus kendaraan lalu lintas pada hari Senin 9834,75 smp/jam, Jumat 5911,95 smp/jam, Sabtu 5690,8 smp/jam. Volume tertinggi terjadi pada hari Senin dikarenakan beberapa aktivitas sekolah dan aktivitas masyarakat di sekitar lokasi pengamatan tersebut. Hasil analisi menunjukkan Jalan P.Suryanata mengalami kepadatan lalu lintas yang tinggi terutama pada jam sibuk menyebabkan terjadinya penurunan pelayanan jalan sehingga didapat nilai terkini kapasitas (C) sebesar 244,76 smp/jam, nilai ds sebesar 1,68 dan nilai LoS berada di kelas F. Sedangkan untuk forecasting 10 tahun yaitu nilai kapasitas (C) sebesar 6397,44 smp/jam, nilai ds sebesar 0,95 dan nilai LoS berada di kelas D.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4807
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback