S1 Final Project
Browse by
Recent Submissions
-
Analisa Perilaku Balok Memanjang dan Melintang terhadap Metode Penggantian Rangka Utama Jembatan Baja
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-17)Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku balok memanjang dan melintang dalam konteks metode penggantian rangka utama jembatan baja, dengan studi kasus Jembatan Jelarai. Pemodelan struktur dilakukan menggunakan ... -
Analisis Perbandingan Kuat Tekan dan Kuat Lentur Beton Ringan dengan Menggunakan Pasir Lokal Mahakam
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-11)Kalimantan Timur, khususnya daerah Samarinda, memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk pasir Mahakam yang berpotensi besar sebagai bahan bangunan, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan ... -
Pengaruh Lubang Pipa PVC AW Diameter 2” pada Kuat Lentur Balok Beton 60 × 15 × 15 Cm dengan Bahan Tambahan Consol SS-8
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-17)Penelitian ini membuat balok berpipa dan balok ukuran 60cm×15cm×15cm di umur 14 dan 28 hari, dengan mutu beton fc’ = 30 Mpa . Adapun tujuan penelitian menganalisa pengaruh pemasangan pipa PVC AW diameter 2” terhadap kuat ... -
Analisis Safety Faktor Sheet Pile Tipe Ccsp terhadap Stabilitas Tanah Menggunakan Plaxis V20
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-21)Tebing di Sungai Karang Mumus, yang memiliki kondisi tanah tidak stabil, cenderung mengalami longsor. Proses longsor ini disebabkan oleh erosi yang berlangsung secara terus- menerus di bagian dasar tebing akibat perubahan ... -
Analisa Perilaku Pelat Lantai Jembatan terhadap Metode Penggantian Rangka Utama Jembatan Baja
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-17)Kerusakan pada batang diagonal dapat mempengaruhi struktur baja dan pelat lantai jembatan. Kerusakan tersebut menjadi tantangan serius, karena dapat berpotensi mengurangi kekuatan dan stabilitas struktur jembatan secara ... -
Analisa Perilaku Rangka Diagonal dan Ikatan Angin terhadap Metode Pergantian Rangka Utama Jembatan Baja
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-17)Penelitian ini mengkaji perilaku rangka diagonal dan ikatan angin dalam proses pergantian rangka utama jembatan baja, dengan studi kasus Jembatan Jelarai. Penelitian berfokus pada analisis lendutan, gaya aksial, dan ... -
Optimasi Penjadwalan Proyek Penataan Saluran Drainase dan Trotoar Ruas Jalan APT. Pranoto Menggunakan Precedence Diagram Method (PDM)
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-16)Proyek penataan saluran drainase dan trotoar di Jalan APT. Pranoto, Kota Samarinda, merupakan bagian penting dari pengembangan infrastruktur perkotaan untuk mengatasi genangan air dan meningkatkan aksesibilitas bagi pejalan ... -
Evaluasi Kontribusi Pelat Beton Berlubang terhadap Penanganan Genangan Air pada Drainase di Jalan Wahid Hasyim 2 Kota Samarinda
(2025-01-16)Permasalahan drainase di daerah Wahid Hasyim 2 Kecamatan Sempaja Utara Kota Samarinda saat ini menjadi persoalan yang cukup serius. Kondisi sistem drainase yang ada dihadapkan pada sejumlah hambatan yang signifikan. Indikator ... -
Evaluasi Pekerjaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) pada Jalan Simpang 3 Kota Bangun
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-21)Jalan simpang 3 Kota Bangun merupakan jalan nasional dan termasuk jalan kolektor primer yang terletak di Desa Loreng, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Rekontruksi jalan sangat ... -
Metode Alternatif untuk Penggantian Komponen Batang Tarik pada Jembatan Rangka Baja
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-12-11)Jembatan sangat penting dalam membantu aktivitas masyarakat dalam berpindah dari suatu tempat, yang tinggi melewati lembah,sungai dan danau. Permasalahan yang sering terjadi pada jembatan rangka baja kurangnya perhatian ... -
Analisis Penjadwalan Ulang Proyek Preservasi Jalan Gusiq – SP. Blusuh, Kutai Barat, dengan Metode Program Evaluation and Review Technique (PERT)
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-20)Jalan adalah prasarana transportasi darat yang diperuntukkan bagi lalu lintas umum, yang meliputi seluruh bagian jalan, bangunan pelengkap, dan perlengkapannya. Jalan dapat berada di atas, di bawah, atau di atas permukaan ... -
Analisis Pemilihan Rute Metode Grafis Equibilium Wardop di Kota Samarinda
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-27)Transportasi adalah proses memindahkan suatu benda mencakup benda hidup dan benda mati dari suatu tempat ke tempat lainnya. Kegiatan transportasi ini memlbutuhkan tempat yang disebut dengan prasarana transportasi. Penentuan ... -
Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal tidak Simetris pada Simpang Karang Paci Kota Samarinda Berdasarkan PKJI 2023 dengan Visualisasi Menggunakan Aplikasi PTV VISSIM
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-16)Masalah transportasi di kota Samarinda merupakan suatu gejala yang perlu diperhatikan dan harus segera ditangani dengan baik. Karang Paci merupakan kawasan dengan volume lalu lintas yang tinggi, khususnya di area persimpangan. ... -
Optimasi Penjadwalan Proyek Penataan Saluran Drainase dan Trotoar Ruas Jalan APT. Pranoto Menggunakan Critical Path Method (CPM)
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-16)Proyek penataan saluran drainase dan trotoar di Jalan APT. Pranoto, Kota Samarinda, menghadapi berbagai tantangan seperti keterlambatan akibat masalah material, tenaga kerja, dan peralatan. Keterlambatan ini berpotensi ... -
Perencanaan Sistem Drainase Berwawasan Lingkungan pada Perumahan Graha Permata Bengkuring Menggunakan Metode Gumbel Tipe – 1
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-12-12)Masalah banjir di kota samarinda belum sepenuhnya terselesaikan, menurut Kaltim Today pada beberapa titik di samarinda banjir masih tergenang banjir bahkan pada saat curah hujan yang cukup tinggi banjir dengan cepat meluap ... -
Analisa Kapasitas Tampungan Bendungan Benanga di Kelurahan Lempake Samarinda Utara
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2025-01-20)Bendungan benanga terletak di Kota Samarinda yang berfungsi sebagai bendungan irigasi dan fasilitas pemurnian air, juga berfungsi sebagai bendungan pengendali banjir tidak langsung di sub-DAS Karang Mumus. Bendungan Benanga, ... -
Evaluasi Penggunaan Campuran Semen dalam Meningkatkan Kapasitas Dukung terhadap Nilai CBR pada Tanah Lunak
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-07-18)Tanah lunak merupakan sebuah tantangan dalam konstruksi jalan karena rendahnya kapasitas dukungnya, yang dapat menyebabkan kerusakan pada struktur jalan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi ... -
Analisa Perbandingan Dimensi Minipile Pondasi Tiang Pancang pada Proyek Pembangunan Gedung DPRD Tana Tidung
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-07-08)Pondasi merupakan suatu struktur yang ditempatkan di permukaan atau dalam lapisan tanah, yang berperan sebagai fondasi untuk menopang dan menyalurkan beban-beban yang berasal dari struktur atas ke dalam tanah, Pondasi ... -
Evaluasi Kinerja Simpang tak Bersinyal menggunakan Software PTV Vissim berdasarkan PKJI 2023 (Studi Kasus : Simpang Vorvo Jl. Letnan Jend. Suprapto Samarinda)
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-07-19)Persimpangan merupakan titik temu vital dalam jaringan raya yang seringkali menjadi sumber beragam kendala dalam arus lalu lintas. Tingginya volume kendaraan di area persimpangan dapat mengakibatkan penurunan kapasitas, ... -
Peninjauan Kinerja Ruas Jalan dengan Visualisasi PTV Vissim Akibat Aktivitas Sekolah pada Ruas Jalan Ir. H. Juanda Samarinda
(Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, 2024-06-21)Penelitian ini menganalisis kinerja lalu lintas pada ruas Jalan Ir. H. Juanda dan memberikan rekomendasi jika kinerja tidak memenuhi standar PKJI 2023. Penelitian ini dilakukan pada Jalan Ir. H. Juanda karena kinerja ruas ...
