Dampak Aktivitas Sekolah terhadap Kinerja Ruas Jalan dengan Simulasi Software PTV Vissim (Studi Kasus : Jalan Anang Hasyim, Samarinda)
Abstract
Pergerakan manusia meningkat seiring pertumbuhan populasi dan ekonomi yang mengalami peningkatan setiap tahunnya tidak didukung dengan ketersediaan infrastruktur transportasi yang memadai, dapat menimbulkan kemacetan dan efisiensi arus lalu lintas. Kota Samarinda sering mengalami kemacetan pada jam sibuk. Salah satunya Jalan Anang Hasyim yang terdapat beberapa sekolah di sepanjang jalan yaitu SD dan SMP IT Cordova, SMPN 1 dan SMAN 1 Samarinda. Kepadatan merayap terlihat di jam sekolah, pada saat jam berangkat/pulang sekolah selain itu terjadi peningkatan jumlah kendaraan dan pejalan kaki di sepanjang jalan. Hal tersebut menyebabkan penurunan kinerja ruas jalan tersebut. Kinerja ruas merupakan pengukuan kuantatif menggambarkan kondisi yang terjadi pada suatu ruas dan dijadikan parameter kinerja ruas jalan. Penelian ini dibutuhkan data primer berupa data geometrik jalan, volume lalu lintas serta tundaan kendaraan dalam panjang segmen tertentu. Survei lalu lintas dilaksakan dalam waktu 3 hari yaitu pada hari Senin, 26 Februari 2024, Jum’at dan Sabtu 1-2 Maret 2024. Waktu penelitian dilakukan pada pukul 06:30-07:30 WITA, 12:00-13:00 WITA, 15:30-16:30 WITA dengan interval waktu 15 menit selama 1 jam. Analisis berdasarkan PKJI 2023 dan simulasi arus lalu lintas menggunakan Software PTV Vissim. Hasil kinerja lal lintas tahun 2024 yaitu kapasitas Jalan Anang Hasyim sebesar 2968,154 smp/jam, volume kendaraan tertinggi pada hari senin adalah 3079,75 smp/jam dengan derajat jenuh adalah 0,501 (LoS tipe A) dan hambatan samping sebasar 500,8 kejadian perjam. Sedangkan pada forecasting tahun 2034 kapasitas Jalan Anang Hasyim adalah 2968,154 smp/jam, volume kendaraan sebanyak 2202,83 smp/jam dengan derajat jenuh 0,74 (LoS tipe C) dan hambatan samping sebesar 563,33 kejadian perjam.

