• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Civil Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Civil Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisa Perkuatan Rangka Jembatan Baja dengan Metode Prategang External Tipe C, E, F terhadap Beban Bergerak

Thumbnail
View/Open
COVER (1.202Mb)
BAB 1 (524.2Kb)
BAB 2 (1.236Mb)
BAB 3 (4.826Mb)
BAB 4 (505.5Kb)
DAFTAR PUSTAKA (455.7Kb)
LAMPIRAN (3.290Mb)
SKRIPSI (5.790Mb)
Date
2024-07-18
Author
Mustaqim, Muhammad
Metadata
Show full item record
Abstract
Perkuatan jembatan dengan metode prategang eksternal adalah pendekatan yang terbukti efektif untuk mengatasi kerusakan dalam memperkuat struktur jembatan. Metode ini menggunakan pemasangan kabel prategang di luar rangka baja jembatan untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas struktur. Struktur jembatan dibuat dengan pedoman SNI 1725 : 2016 standar rangka baja jembatan kelas A, menggunakan baja IWF dan H Beam, dengan tebal plat 20 mm dengan panjang bentang 60 meter, lebar 9,13 meter dan tinggi 6,3 meter. Analisi struktur penelitian ini menggunakan program perangkat lunak SAP2000 v22. Pada penelitian ini membandingkan 3 tegangan kabel prategang pada perkuatan rangka jembatan dengan metode prategang eksternal. Dan dilakukannya simulasi pembebanan yang dapat memberikan respons berupa regangan akibat beban bergerak dan respon struktur jembatan yang berkurang kurang lebih 50% dari gaya lendutan pada jembatan acuan rangka baja jika diberi beban bergerak. Memilih jembatan yang memiliki penurunan yang paling rendah. Titik tinjau yang ditentukan untuk perbandingan lendutan di point object 7 dan joint object U3. Jembatan Kabel Type E memiliki hasil terendah dalam persentase, sekitar 46,68% untuk kecepatan 40 km/jam, 48,60% untuk kecepatan kendaran 50 km/jam dan 49,91% untuk kecepatan kendaraan 60 km/jam, menunjukkan bahwa jembatan ini memiliki performa analisis terbaik di antara jembatan kabel yang dianalisis.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4880
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback