Studi Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Penumpang antar Kota dalam Provinsi Kalimantan Timur
Abstract
Saat ini, Kota Bontang mengalami pertumbuhan ekonomi yang cepat, terutama di bidang transportasi. Bahkan, pemerintah Indonesia menyediakan transportasi khusus, seperti bus Terminal Kilo 6 yang menghubungkan Bontang ke Samarinda. Samarinda, ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, adalah kota terbesar di Pulau Kalimantan. Ada 856.360 orang di sana. Terminal Bus Kilo 6 Bontang terletak di jalan Letjen S. Parman, Kelurahan Gunung Telihan, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Ini adalah bagian dari sistem transportasi darat negara. Penelitian ini bertujuan supaya mengevaluasi kualitas pelayanan bus di Terminal Kilo 6 Bontang dan bagaimana hal itu berdampak pada kepuasan pelanggan di rute Bontang-Samarinda. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Perolehan analisis memperlihatkan bahwasanya pelayanan angkutan umum bus Kilo 6 Rute Bontang-Samarinda masih dalam kategori kurang baik karena beberapa parameter kinerja tidak sesuai standar. Faktor tekanan 80% (Sedang), kecepatan jalan 37,29 km/jam (Baik), frekuensi 1 kend/hari (Kurang), waktu tunggu 720 menit (Kurang), waktu jalanan 1,56 meinit/km (Baik), waktu pelayanan <13 jam (Kurang), jumlah kendaraan yang bepergian 16,67% (Kurang), Sehubungan dengan analisis kepuasan penumpang mengenai tingkat pelayanan, dapat disimpulkan bahwasanya pelayanan dalam kategori ini puas dengan persentase 69,85% berdasarkan penilaian indeks kepuasan pelanggan (CSI). Kualitas variabel tersebut harus ditingkatkan, menurut analisis kinerja penting IPA. Variabel responsivitas pegawai yang memberikan bantuan memiliki tingkat kepuasan tertinggi (3,71%), sementara variabel kondisi fisik ruang tunggu di terminal bus memiliki tingkat kepuasan terendah (3,71%).

