Show simple item record

dc.contributor.authorZulfikar, Ryan
dc.date.accessioned2025-06-03T06:55:05Z
dc.date.available2025-06-03T06:55:05Z
dc.date.issued2024-07-08
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4902
dc.description.abstractJembatan timbang memiliki peran yang sangat vital dalam operasional pertambangan batu bara. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung rentang tegangan dan umur fatik pada penampang girder jembatan baja. Dengan menggunakan metode simulasi numerik dengan aplikasi CSI Bridge v22 didapatkan gaya aksial maksimum sebesar 197 kN dan gaya aksial minimum sebesar -74 kN. Gaya aksial tersebut ditentukan dari 3 bentang pertama jembatan dengan panjang bentang 4 m. Panjang bentang jembatan timbang adalah 80 m. Dari perhitungan, didapatkan tegangan maksimum sebesar 40.11 MPa dan tegangan minimum sebesar -15.06 MPa, menghasilkan rentang tegangan (stress range) sebesar 55.16 MPa. Kuat momen lentur nominal balok didapatkan 0.56. Pemodelan ini memungkinkan simulasi beban dinamis dari truk SDT 400 ton (semi trailer door tipper) yang melewati jembatan, sehingga dapat diperoleh data rentang tegangan yang akurat. Analisis fatik dilakukan menggunakan persamaan Basquin dengan menggunakan konstanta C=1x1012 dan eksponen m=3, didapat umur fatik 0.006 (6.01x106) siklus dengan asumsi 30-40 truck hauling yang melintas diatas jembatan timbang. Hasil dari perhitungan dan simulasi didapatkan dimensi profil memanjang dan melintang IWF 1000x520x18x31.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectRentang teganganid_ID
dc.subjectUmur fatikid_ID
dc.subjectJembatan timbangid_ID
dc.titleStudi Keamanan Struktur Baja I Girder Jembatan Timbang terhadap Hauling Trailerid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record