Show simple item record

dc.contributor.authorRizki Aji Pangestu, Wahyu
dc.date.accessioned2025-06-24T07:40:45Z
dc.date.available2025-06-24T07:40:45Z
dc.date.issued2024-07-22
dc.identifier.citationAnjarwati, A., Kurniawati, A., Zamili, F., Diana, N. R. D., Suparni, & Putra, R. T. M. (2022). Sosialisasi P3K Dan APD Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Di SDN Sukabumi 1 Probolinggo. 6. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2020).http://dx.doi.org/1%20Desember%202013 Chang SSM, Symons RCA, Ozanne-smith J. Child road traf fi c injury mortality in Victoria , Australia ( 0 – 14 years ), the need for targeted action. Injury. 2018;49(3):604–12. Depkes RI. 2021. Edukasi dalam keperawatan Kesehatan dan komunitas. Hasbullah. (2021). Kurikulum Pendidikan Guru : Metode Simulasi dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 155–162. Kaur, N., Savitri, & Kaur, M. (2017). A Descriptive Study To Assess The Level Of Knowledge Regarding The First Aid Management Among School Teachers In Selected Schools Of District Mohali, Punjab. Journal Of Health & Medical Informatics, 08. Https://Doi.Org/10.4172/2157- 7420.1000288 Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Majdiyana, M., Bahar, A., & Darwita, R. R. (2022). Pengetahuan Guru Terkait Manajemen Kedaruratan Gigi Avulsi Pada Siswa Sekolah Dasar. Muneeswari, 2014. “OPTIMALISASI PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ANAK SEKOLAH DASAR TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL” : Volume 5, Nomor 1, Maret 2023, 585-593 Notoatmodjo S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta. Nursalam & Efendi, Sanjaya. 2008. Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta : Salemba Medika Panda, P., Panda, D., Karir, S., & Patra, A. (2019). Effectiveness Of First-Aid Training On School Children Of Urban Area Of Sambalpur District, Odisha. International Journal Of Medical Science And Public Health, 1. Https://Doi.Org/10.5455/Ijmsph.2019.0616824072019 Peden, M., & Oyegbite, K. (n.d.). World report on child injury prevention World report on child injury prevention. Pengetahuan, Penyebab, Klasifikasi dan Jenis Cedera Olahraga. medikora, 1-14 Rahayu, 2013.” PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) DENGAN MEDIA BUKU POP UP TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH “ Volume 7, Nomor 1, April 2023 Rahmawaty, E. (2019). Evaluasi Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Quality : Jurnal Kesehatan, 13(1), 28–35. https://doi.org/10.36082/qjk.v13i1.59 Rizky, A. S., Edy, R, (2015). Pengaruh penerapan metode simulasi terhadap kecakapan pertolongan pertama pada kedaruratan (P3K) pada siswa tunagrahita di SLB/C taman Pendidikan dan asuhan Jember. Jurnal Pendidikan, Vol 12. Universitas Negeri Surabaya. Robert. (2019). Biaya Perawatan pada VulnusLaceratum.https://www.scribd.com/doc/316542431/Asuhan-Keperawatan-VulnusLaceratum-KMB Safitri & Titin, 2021.” Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar” Journal on Education Volume 06, No. 01, September-Desember 2023, pp. 732-741 E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365 Website: http://jonedu.org/index.php/joe Safitri, W. E., Kusumajaya, H., & Meilando, R. (2024). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pengetahuan Anggota PMR Tentang Pertolongan Pertama pada Kasus Kecelakaan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(1), 285–294. Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group Santhikrishna, C., & Rekha, P. (2018). First Aid Education For Safety Of Students. . Journal Of Humanities And Social Science, 23(7), 26-29. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.9790/0837-2307052629 Sari, D. P. A. (2015). Pengaruh pelatihan balut bidai terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa di SMA Negeri 2 Sleman Yogyakarta. Setiani, A. F., & Priyonoadi, B. (2015). Indentifikasi Pemahaman Guru Penjas Dalam Soewandhie. 2020. Bebat dan Bidai. Surabaya : RSUD dr. M. Soewandhie Wawan, A., & Dewi Maria. (2010). Medical book: teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Yogyakarta: Numed. Wibawati, F. H., Laia, J., Redjeki, S., Santi, R. D., & Purba, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang P3K terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua dalam Penanganan Cedera Anak Balita The Effect of Health Education on First Aid on Parents’ Knowledge Levels in Handling Injuries to Toddlers. In Jurnal Insan Cendekia (Vol. 9, Issue 1) Younis & El-Abassy, 2015.” PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) DENGAN MEDIA BUKU POP UP TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH “ Volume 7, Nomor 1, April 2023 Yurumez, Y., Yavuz, Y., Saglam, H., Koken, R., & Tunay, K. (2007). Evaluation Of The Level Of Knowledge Of First Aid And Basic Life Support Of The Educators Working In Preschools. Akademik Acil Tip Dergisi, 1(3), 17- 20.Https://Doi.Org/Https://Www.Journalagent.Com/Atuder/Pdfs/At uder_6_3_17_20.Pdf Yustisia, N., T. Aprilatutini, dan T. A. Utama. 2019. Pengaruh simulasi menghadapi bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan siswa sdn 86 kota bengkulu. Journal of Nursing and Public Health. 7(2):32–38.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4935
dc.description.abstractLatar Belakang : Vulnus lacaratum (robek) merupakan kondisi dimana terputusnya kontinuitas jaringan sehingga terjadi pemisahan dari jaringan normal, semula robekan terjadi dengan kekuatan yang hebat sehingga kulit terpotong. Secara umum, luka robek dapat dibagi menjadi dua, yaitu jika mengenai kulit dan jaringan di bawahnya. Cedera arteri seringkali bisa muncul dari benda tajam (50%) seperti tembakan, luka tusuk, laserasi,kecelakaan kerja atau kecelakaan lalu lintas Cidera luka sering terjadi pada anak usia sekolah. Anak usia sekolah berbeda dengan orang dewasa yang betah duduk berjam-jam, namun pada usia 5 sampai 14 tahun mereka kemungkinan duduk tenang hanyalah 30 menit Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait dengan pertolongan pertama pada luka yaitu memberikan edukasi teknik balut tekan.. Simulasi merupakan suatu perilaku atau tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang berperan sesuai dengan peran dalam suatu kejadian yang dikehendaki Tujuan Peneliti : Mengetahui pengaruh simulasi terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan penanganan luka pada siswa kelas IV SD Negeri Samarinda Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian metode kuantitatif dengan rancangan penelitian Pre Eksperimental yaitu one group pre-post test Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah SD Negeri 002 Palaran dan SD Negeri 006 Samarinda Utara dengan total yaitu 100 siswa dengan rincian sesuai tingkat kelas IV. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner Pengetahuan dan SOP Balut tekan. Uji Statistik menggunakan Uji-Wilcoxon Hasil Penelitian : Didapatakan hasil penelitian ini 80 Jumlah responden siswa dengan sebelum diberikan treatmen pengetahuan paling banyak adalah cukup 46 (57,5%) dan paling sedikit dengan pengetahuan kurang 11 (13,8%). Dan setelah diberikan treatment responden siswa dengan pengetahuan paling banyak adalah baik 49 (61,3%) dan paling sedikit dengan pengetahuan kurang 3 (3,8%). Pada keterampilan didapatkan bahwa jumlah siswa sebelum diberikan treatment dengan keterampilan banyak adalah tidak terampil 73 (91,3%) dan paling sedikit dengan keterampilan kurang terampil 3 (3,8%). Dan setelah diberikan treatment didapatkan bahwa jumlah siswa dengan keterampilan banyak adalah sangat terampil 37 (46,3%) dan paling sedikit dengan cukup terampil 13 (16,3%). hasil uji Analisa bivariat menggunakan uji Wilxocon menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara pengaruh simulasi terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa kelas IV SD Negeri Samarinda dengan p value (0.000) < p (0.050) yang menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang signifikasi antara variabel simulasi dengan pengetahuan dan keterampilan pada siswa SD Negeri Samarindaid_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPendidikan Kesehatanid_ID
dc.subjectPertolongan Pertama Pada kecelakaan(P3K)id_ID
dc.titlePengaruh Simulasi Penanganan Luka Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa SD Kelas IV SD Negeri Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Effect of Simulation on Improving Knowledge and Wound Management Skills in Class IV Students of Samarinda State Primary Schoolid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record