| dc.identifier.citation | Afifah, Fitri. 2022. “Hubungan Kebermaknaan Hidup Dan Konsep Diri Dengan Subjective Well-Being Pada Mahasiswa Psikologi Uin Walisongo Semarang.” (8.5.2017): 2003–5. Ambarwati, Putri Dewi, Sambodo Sriadi Pinilih, dan Retna Tri Astuti. 2017. “The Description Of Stres Levels Incollege Student.” 5(5). Azizah, Afna Hanung, Sri Warsini, Dan Kurnia Putri Yuliandari. 2023. “Hubungan Stres Akademik Dengan Kecenderungan Depresi Mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Gadjah Mada Pada Masa Transisi Pandemi Covid-19.” Jurnal Keperawatan Klinis Dan Komunitas (Clinical And Community Nursing Journal) 7(2): 114. B, Hamzah, Dan Rahmawati Hamzah. 2020. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika.” Indonesian Journal For Health Sciences 4(2): 59. Burhanuddin, Muhammad Iqbal. 2020. “Pengaruh Tingkat Kualitas Model Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Perceived Stress Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19.” 2017(1): 1–9. Http://190.119.145.154/Handle/20.500.12773/11756. Fitra, Stefa Bella, Rahma Widyana, Dan Mulianti Widanarti. 2022. “Hubungan Antara Konsep Diri Akademis Dengan Resiliensi Akademis Pada Mahasiswa.” Psikosains (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi) 16(2): 117. Hakim, Lukman Nul. 2020. “The Urgency Of The Elderly Welfare Law Revision.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 11(1): 43–55. Http://Jurnal.Dpr.Go.Id/Index.Php/Aspirasi/Index. Harahap, Ade Chita Putri, Dinda Permatasari Harahap, Dan Samsul Rivai Harahap. 2020. “Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19.” Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan 3(1): 10–14. Harjuna, Rafiq Tri Belan, Dan Elrisfa Magistarina. 2021. “Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Selama Daring Di Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3): 10791–98. Hisan, Khairatun, Nur Hamidah, Aysah Aurellia Rosspertiwi, Dan Velda Murdiana. 2024. “Peran Konsep Diri Dalam Mengurangi Konsekuensi Psikologis Dari Cyberbullying.” 2(1). I Made Sudarma, Dkk. 2021. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Juli Maini Sitepu &Mawaddah Nasution. 2018. “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Coping Stress Pada Mahasiswa Fai Umsu.” Analytical Biochemistry 11(1): 1–5. Komalasari, Wuri. 2018. “Self Concept Relationships With Srtress Levels In Developing Thesis On Students Science Nursing Stikes Ranah Minang 2017.” Unes Journal Of Social And Economics Research 3(1): 46–54. Lumbanbatu, Sri Hayati. 2023. “Jurnal Ilmiah Psikologi.” Jurnal Ilmiah 8(1): 62–73. Notoatmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Notoatmojo, Soekidjo. 2014. Metodologi Penelian Kesehatan. Revisi Cet. Jakarta: Pt Rineka Cipta, Jakarta. Novilita, Hairina, Dan Suharnan. 2013. “Konsep Diri Adversity Quotient Dan Kemandirian Belajar Siswa.” Jurnal Psikologi 8(1): 619–32. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/127255-Id-Konsep-Diri-Adversity-Quotient-Dan-Keman.Pdf. Nur, Zulfikah. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Di Mts Negeri 1 Makassar.” Educandum 8(1): 121–28. Nursalam. 2013. 6 Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pantu, Eka Apristian. 2018. “Stres Akademik Pasca Pandemi Covid-19: Resiliensi Dan Motivasi Akademik Serta Usia Sebagai Variabel Moderator.” 4(1): 34–48. Rahman, Luthfi Et Al. 2021. “Stres Akademik Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa.” Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan 3(2): 90. Rahmawati, Wahyu Dwi, Wilis Sukmaningtyas, Dan Refa Teja Muti. 2022. “Hubungan Antara Jenis Kelamin Dan Program Studi Dalam Mempengaruhi Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar Pada Mahasiswa.” Borneo Nursing Journal (Bnj) 4(1): 18–24. Rahmayani, Rizkia Dwina, Rini Gusya Liza, Dan Nur Afrainin Syah. 2019. “Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor Pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017.” Jurnal Kesehatan Andalas 8(1): 103. Rizka, Saputri. 2017. . “. Hubungan Tingkat Pengetahuan Balut Bidai Dengan Sikap Pertolongan Pertama Fraktur Pada Mahasiswa Keperawatan.” : 1–23. Santoso, T, Ns Rizqiea, Dan G Suparmanto. 2021. “Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Dengan Pengetahuan Ibu Tentang Bahaya Tersedak Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Islam Albarokah Surakarta.” 63: 1–9. Saputra, Eko, Martinus Kaleka, Dan Andy Rudhito. 2023. “Martinus Kaleka Dan Marcellinus Andy Rudhito Analisis Kecemasan Matematika.” 6(September). Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D / Sugiyono.” Perpustakaan Nasional Ri. Suryanto, Diman. 2011. “Etika Penelitian.” Berkala Arkeologi 25(1): 17–22. Umarta, Syifa Asha, Dan Wustari L Mangundjaya. 2023. “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa.” Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1(8): 269–78. Yuda, Marta Prima, Indah Mawarti, Dan Muthia Mutmainnah. 2023. “Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi.” Pinang Masak Nursing Journal 2(1): 38–42. | id_ID |
| dc.description.abstract | Pendahuluan: Kehidupan mahasiswa pasca pandemi COVID-19 telah mengalami perubahan yang signifikan, dimana memaksa perguruan tinggi di Indonesia termasuk di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur untuk memulai pembelajaran blended learning sebagai solusi untuk menjalankan pembelajaran online dan tatap muka. Sehingga hal ini menyebabkan perubahan orientasi pola hidup yang berbeda, termasuk pola interaksi pembelajaran yang berbeda. Hal ini menimbulkan kecemasan dan rasa kurang percaya diri di kalangan mahasiswa serta perubahan manajemen waktu mahasiswa sehingga menimbulkan tingkat stress akademik yang berdampak terhadap konsep diri akademik mahasiswa. Tujuan: Untuk mengetahui bagaimana konsep diri dan tingkat stres mahasiswa keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur berhubungan satu sama lain pascapandemi COVID-19. Metode: Dengan menggunakan prosedur sampel acak berstrata proporsional, 237 responden dipilih untuk penelitian cross-sectional dengan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Kuesioner dukungan konsep diri, kuesioner demografi, dan PPS-10 (Perceived Stress Scale – 10) digunakan untuk mengumpulkan data. Uji Spearman Rank digunakan dalam analisis data. Hasil: Berdasarkan temuan penelitian, ia memiliki tingkat stres sedang sebesar 63,7% dan konsep diri sedang sebesar 44,3%. Temuan uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat stres dengan konsep diri, dengan koefisien korelasi sebesar 0,295 dan nilai p value sebesar 0,000 < 0,005. Kesimpulan: Pasca merebaknya COVID-19, tingkat stres mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur berkorelasi dengan konsep diri mereka. | id_ID |