Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pertolongan Pertama Henti Jantung di Alam Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Abstract
Pendidikan kesehatan adalah tindakan mandiri dalam keperawatan untuk membantu individu atau kelompok mengatasi masalah kesehatan melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan tentang pertolongan pertama pada henti jantung di alam terhadap pengetahuan dan keterampilan mahasiswa pecinta alam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Metode pada penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan rancangan one-group pretest-posttest. Responden penelitian berjumlah 21 mahasiswa, dipilih menggunakan teknik total sampling. Data diperoleh melalui kuesioner untuk mengukur pengetahuan dan menggunakan daftar cek untuk keterampilan. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired t-test dan uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam pengetahuan responden sebelum dan sesudah intervensi, dengan nilai rata-rata pretest 62,52 dan posttest 86,95. Keterampilan juga menunjukkan peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata posttest sebesar 90,14. P-value untuk pengetahuan dan keterampilan masing-masing adalah 0,000, menunjukkan hubungan yang signifikan antara pendidikan kesehatan dan peningkatan pengetahuan serta keterampilan. Kesimpulannya, pendidikan kesehatan terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa pecinta alam dalam menghadapi situasi darurat henti jantung di alam.

