Show simple item record

dc.contributor.authorAzza Muhammad, Afriza
dc.date.accessioned2025-06-26T03:24:20Z
dc.date.available2025-06-26T03:24:20Z
dc.date.issued2025-01-22
dc.identifier.citationAji, R., Marita, Z., Setyaningsih, W., Nulhakim, L., Giatamah, Z., & Anugrah, K. (2023). The Effect of First Aid Skills Training on Failed Students. Jurnal Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 33(3), 3–10. Rizal, A, A, F. Imamah, M. (2019). Pengaruh Pelatihan Bantuan Hidup Dasar ( BHD ) terhadap Motivasi dan S ikap Siswa Kelas XI dalam Menyelamatkan Kecelakaan Lalu Li ntas di SMA Negeri 2 Tenggarong. 7(1), 38–46. Alfianto, A. G. (2021). Etika keperawatan dan hukum kesehatan. Amin, M. F., Rahagia, R., Kep, M., & Timur, J. (2022). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap polisi lalu lintas dalam penatalaksanaan resusitasi jantung paru pada korban kecelakaan lalu lintas di kota surabaya. Anggita, I. M. N. (2018). metodologi penelitian kesehatan. Asindra Dwilana, Zulmah Astuti, S. K. M. (2020). Hubungan Perceived Behavior Control Dengan Intensi Mahasiswa S1 Keperawatan Dalam Memberikan Pertolongan Bantuan Hidup Dasar Di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Sereal Untuk, 8(1), 51. Astuti, Z., & Jannah, M. N. (2022). Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Bagi Orang Awam di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(2), 590–597. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i2.5521 Barnas, S., & Ridwan, I. M. (2020). Perbedaan Gender dalam Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Mahasiswa Pendidikan Fisika. Diffraction, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i2.1328 Damayanti, D. (2021). Sosialisasi penanganan pertama pingsan terhadap pengetahuan murid smpn 1 kayen kidul dalam meningkatkan derajat kesehatan siswa sekolah. 9–13. https://portal.stikes-khkediri.ac.id Esti Ambar Widyaningrum, Wika Admaja, LellyWinduhani Astuti, B. M. (2021). Pengaruh Usia dan Jenis Kelamin Terhadap Pengetahuan serta Perilaku Penggunaan Suplemen si Masa Pandemi pada Mahasiswa Iik Bhakti Wiyata. 6(Suppl 1), 49–59. Fitri, A., Wulandini, P., & Sari, T. K. (2019). Pengetahuan Siswa/I Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Saat Berolahraga Di Sma Olahraga Rumbai Pekanbaru Provinsi Riau 2019. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(1), 70–77. https://doi.org/10.36341/jka.v3i1.815 Ganda Ardiansyah, Rahayu Budi Utami, I. P. (2023). Jurnal sabhanga. Jurnal Sabhanga, 5(1), 60–67. http://e-journal.stikessatriabhakti.ac.id/index.php/sbn1/article/view/21/21 Gasser, B. (2022). Stranded because of exhaustion while high-altitude mountaineering in the Swiss Alps: a retrospective nationwide study. Scientific Reports, 12(1), 8–13. https://doi.org/10.1038/s41598-022-12917-8 Hamid, A. S. S. C. S. M. A. (2024). Pengaruh pendidikan kesehatan resusitasi jantung paru terhadap kemampuan penangan pre hospital korban henti jantung pada karangtaruna di kecamatan balung. 2(2), 250–255. Johan Harlan & Rita sutijati. (2018). Buku Metodologi Penelitian Kesehatan. In Metodologi Penelitian Kesehatan (Vol. 44, Issue 8). Jumiati, I. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Bullying pada Siswa di SD Negeri 01 Ngesrep Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. 29. Mekonnen, C. K., & Muhye, A. B. (2020). Basic life support knowledge and its associated factors among a non-medical population in Gondar town, Ethiopia. Open Access Emergency Medicine, 12, 323–331. https://doi.org/10.2147/OAEM.S274437 Mulyati, Y. (2019). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34. Nurkholis, Widaryati, D. P. (2023). Hubungan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam melakukan tindakan resusitasi jantung paru. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1, 22–2023. Nursalam. (2020). metodologi penelitian ilmu keperawatan. Prayitno, H., & Amrullah, J. F. (2023). Pengaruh pendidikan kesehatan bantuan hidup dasar terhadap tingkat pengetahuan pada anggota timkes stikes dharma husada angkatan xx sarjana keperawatan. Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. In Rineka Cipta (pp. 1–242). Pusparani, P. W., Psikologi, J., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2020). Perbedaan adversity quotient ditinjau dari perbedaan jenis kelamin pada anggota himpunan pencinta alam universitas negeri surabaya. 43–54. Riskesdas. (2019). Laporan Provinsi Kalimantan Timur Riskesdas 2018. Kementerian Kesehatan RI, 472. https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/lpb/article/view/3760 Romayanti, T. (2019). Pengaruh pemberian pendidikan kesehatan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas terhadap tingkat pengetahuan pada satuan pengamanan (satpam) universitas muhammadiyah purwokerto (Issue September). Sitepu, D. E., Primadiamanti, A., & Safitri, E. I. (2024). Hubungan Usia, Pekerjaan dan Pendidikan Pasien Terhadap Tingkat Pengetahuan DAGUSIBU di Puskesmas Wilayah Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 196–204. Sugiyono. (2017). Metode penelitian; kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. 112. Syahputra, A. T., Nurjannah, N., & Arsyam, M. (2020). Pemberian Skor Dan Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–8. Taufiq Abdullah, Ali Haedar, Suryanto, Fatah Abdul Yasir, Yuli Prastio, R. W. P., & Unggul Pribadi, IGA Indah Pradnyani, Muhammad Azis Zaelani, Insan Fitriyani, E. W. K. (2024). Efektivitas Pelatihan Resusitasi Jantung Paru Pada Pengetahuan Henti Jantung Murid SMP di Kabupaten Malang. 6, 278–285.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4942
dc.description.abstractPendidikan kesehatan adalah tindakan mandiri dalam keperawatan untuk membantu individu atau kelompok mengatasi masalah kesehatan melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan tentang pertolongan pertama pada henti jantung di alam terhadap pengetahuan dan keterampilan mahasiswa pecinta alam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Metode pada penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan rancangan one-group pretest-posttest. Responden penelitian berjumlah 21 mahasiswa, dipilih menggunakan teknik total sampling. Data diperoleh melalui kuesioner untuk mengukur pengetahuan dan menggunakan daftar cek untuk keterampilan. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired t-test dan uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam pengetahuan responden sebelum dan sesudah intervensi, dengan nilai rata-rata pretest 62,52 dan posttest 86,95. Keterampilan juga menunjukkan peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata posttest sebesar 90,14. P-value untuk pengetahuan dan keterampilan masing-masing adalah 0,000, menunjukkan hubungan yang signifikan antara pendidikan kesehatan dan peningkatan pengetahuan serta keterampilan. Kesimpulannya, pendidikan kesehatan terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa pecinta alam dalam menghadapi situasi darurat henti jantung di alam.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPendidikan Kesehatanid_ID
dc.subjectHenti Jantungid_ID
dc.subjectMAPALAid_ID
dc.subjectMahasiswa Pencinta Alam (MAPALA)id_ID
dc.titlePengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pertolongan Pertama Henti Jantung di Alam Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.title.alternativeThe Influence of Health Education on First Aid for Cardiac Arrest in Nature on the Knowledge and Skills of Nature Lover Students at the Muhammadiyah University of East Kalimantanid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record