| dc.identifier.citation | Agustiningsih, N. (2019). Gambaran Stres Akademik dan Strategi Koping pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan (JNK), 6(2), 241–250. https://doi.org/10.26699/jnk.v6i2.ART.p241 Ali, A. M., Alkhamees, A. A., Hori, H., Kim, Y., & Kunugi, H. (2021). The depression anxiety stress scale 21: Development and validation of the depression anxiety stress scale 8-item in psychiatric patients and the general public for easier mental health measurement in a post COVID-19 world. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(19). https://doi.org/10.3390/ijerph181910142 Amalia, O. N., & Christiani, L. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Dengan Metode Libqual+TM. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(2), 33–41. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/29978 Amiruddin, A., & Murniati, M. (2020). Penerapan Aspek Spiritualitas dengan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Pada Pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2), 947–952. https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.444 Ariviana, I. S., Wuryaningsih, E. W., & Kurniyawan, E. H. (2021). Tingkat Stres, Ansietas, dan Depresi Mahasiswa Profesi Ners di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(4), 741–752. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj Arjanto, P. (2022). Uji Realibitas dan Validitas Depression Stress Anxiety 21 (DASS-21) Pada Mahasiswa. Psychology, Perseprtual, 7(0), 60–80. Budiyati, G. A., & Sufi, N. (2022). Spiritualitas dan Stres Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4(2), 505–510. Cahyani. (2020). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stresor Mahasiswa PSPD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. D., L. I. S., & Nashori, F. (2023). Spiritualitas, Regulasi Diri, dan Kesejahteraan Subjektif Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 6(2), 95–108. https://doi.org/10.15575/jpib.v6i2.23692 Daulay, M. (2021). Implementasi Bimbingan Konseling Islam dalam Stres. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 283–296. https://doi.org/10.24952/bki.v3i2.4875 Dewi, E. R., Mariyati, L. I., & Nastiti, D. (2024). Peranan Spiritualitas Dan Regulasi Emosi Terhadap Forgiveness Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1508–1524. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6063 Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20 Fadilah, W. F., Sayekti, S., Sunaryanti, H., Tri, R., Sekolah, H., & Ilmu Kesehatan Mamba’, T. (2024). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa. 5(2), 445–452. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JLH Fafa, M. L. (2023). Hubungan antara Dukungan Spiritual dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Fakultas Ilmi Keperawatan dalam Menghadapi OSCE di Semarang. 1–66. Fahmi, A. Y., Soekardjo, S., & Hasanah, A. L. (2022). Tingkat Spiritual Berhubungan dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Tingkat IV S1 Keperawatan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(1), 127. https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.127-136 Febriana, A. R., Pa’ni, D. M. Q., Muqarrabin, A., Achmalona, T., & Rukmana, B. F. (2024). Hubungan Kecerdasan Spiritual terhadap Stres pada Remaja. Journal Of Nursing Science Research, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.33862/jnsr.v1i1.426 Feriyanto, D. D., Sulistyani, S., Ichsan, B., & Herawati, E. (2021). Hubungan Tingkat Stres Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Publikasi Ilmiah UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta), 011(November 2019), 269–273. Fernandes, F., Ananda, Y., & Rahmili, F. T. (2023). Efikasi Diri dan Stres Akademik pada Mahasiswa Tahun Awal di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Jik Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(2), 226. https://doi.org/10.33757/jik.v7i2.603 Gustiadi, A., Lazuardi, L., Gizi, P., Tasikmalaya, P. K., Mada, U. G., & Tasikmalaya, P. (2025). Gambaran kesehatan mental pada mahasiswa. 13(1), 76–85. https://doi.org/10.52236/ih.v13i1.685 Handayani, S. (2019). Kecerdasan spiritual dan prestasi hasil belajar siswa (studi kasus di sma Negeri 1 Godean). G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 292–306. Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1). Penerbit Pustaka Ilmu. Haryanti, A. N., Putra, M. B. S., Larasati, N., Khairunnisa, V. N., & A, L. D. D. (2024). Analisis Kondisi Kesehatan Mental di Indonesia Dan Strategi Penanganannya. Student Research Journal, 2(3), 28–40. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i3.1219 Jjatmiko, H. T., & Purnamasari, S. E. (2022). Pengaruh Teknik Music and Imagery dalam Terapi Musik terhadap Penurunan Stres Akademik pada Mahasiswa. Prosiding SemNas Psikologi UMBY, 75–87. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/13131/%0Ahttp://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/13131/2/BAB I.pdf Kusuma, W., Basirun, & Soraya, S. (2021). Peningkatan kreativitas mahasiswa melalui penyusunan instrumen penelitian. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 1(2), 143–148. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/view/3511/pdf Liyanovitasari, Lestari, P., & Setyoningrum, U. (2024). Screening dan Manajemen Stres sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Remaja. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 6(1), 23–29. https://doi.org/10.35473/ijce.v6i1.3137 Luhrmann, T. M., Weisman, K., Aulino, F., Brahinsky, J. D., Dulin, J. C., Dzokoto, V. A., Legare, C. H., Lifshitz, M., Ng, E., Ross-Zehnder, N., & Smith, R. E. (2021). Sensing the presence of gods and spirits across cultures and faiths. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(5). https://doi.org/10.1073/pnas.2016649118 Mardiani, I. N., & Khamdanah, N. (2022). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 741–749. Mustofani, D., & Hariyani, H. (2023). Penerapan Uji Korelasi Rank Spearman Untuk Mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Tindakan Swamedikasi Dalam Penanganan Demam Pada Anak. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science (UJMC), 9(1), 9–13. https://doi.org/10.52166/ujmc.v9i1.4272 Nulhakim, M. I., Sabrian, F., Novayelinda, R., & Keperawatan, F. (2019). Hubungan Tingkat Spiritual Dengan Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyusun Skripsi. JOM FKp, 6(1), 192–201. Nur Fitriyaningrum, D., Yulianti Wuriningsih, A., Rahayu, T., Distinarista, H., Ilmu Keperawatan, F., Islam Sultan Agung, U., & Author, C. (n.d.). tingkat spiritualitas dan perubahan fungsi seksualitas memengaruhi keharmonisan keluarga pada pasien ca mammae. Oktavianto, E., Idfit Istiqomah, R., & Nur Hartiningsih, S. (2022). Spirituality Correlates with The Self-Confidence of Teenagers as Bullying Victim. CARING: Indonesian Journal of Nursing Science (IJNS), 4(1), 9–16. https://talenta.usu.ac.id/IJNS Pedhu, Y. (2022). Kesejahteraan psikologis dalam hidup membiara. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(1), 65. https://doi.org/10.29210/162200 Pradiri, A. P., Hendriani, W., & Surjaningrum, E. R. (2021). Studi Kualitatif dalam Kajian Stres Akademik. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 6(2), 79. https://doi.org/10.20473/jpkm.v6i22021.79-89 Psychology Foundation of Australia. (2022). Depression Anxiety Stres Scale. Putra, S., Syahran Jailani, M., & Hakim Nasution, F. (2023). Penerapan Prinsip Dasar Etika Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27876–27881. Qomaruddin, M. B., & Indawati, R. (2019). Spiritual everyday experience of religious people. Journal of International Dental and Medical Research, 12(2), 823–827. Rafik, H., Dafir Firdaus, A., Surya Kurniawan, A., Keperawatan, F., Maharani Malang, Stik., Akordion Selatan No, J., Lowokwaru, K., Malang, K., & Timur, J. (2024). Tingkat Stres Akademik Berhubungan Dengan Kejadian Dispepsia Pada Mahasiswa Baru PENERBIT ABSTRAK UNITRI PRESS. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 8(2), 143–154. Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1), 103. https://doi.org/10.25077/jka.v8i1.977 Riyadi, M. E., Wiguna, A., Kusumasari, R. V., & Kurniati, F. D. (2023). Spiritualitas Berhubungan dengan Stres pada Mahasiswa Keperawatan yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 7(2), 52–57. https://doi.org/10.33655/mak.v7i2.161 Rosyad, Y. S. (2019). Tingkat Stres Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yogyakarta dalam Mengerjakan Skripsi Tahun Akademik 2018/2019. Cahaya Pendidikan, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.33373/chypend.v5i1.1872 Sahanaya, C., & Latuihamallo, A. J. (2021). Agama, Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial. Badati, 3(2), 137–141. Sekh, H. hadistya, Novitasari, A., & Romadhoni. (2021). Gambaran Stres pada Mahasiswa Tahun Pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang. http://repository.unimus.ac.id/4832/1/Artikel Penelitian Harvard.pdf Simanoah, K. H., Muniroh, L., & Rifqi, M. A. (2022). Hubungan antara Durasi Tidur, Tingkat Stres dan Asupan Energi dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) pada Mahasiswa Baru 2020/2021 FKM UNAIR. Media Gizi Kesmas, 11(1), 218–224. https://doi.org/10.20473/mgk.v11i1.2022.218-224 Sinurat, S., Simbolon, P., & Zega, B. A. (2022). Spiritualitas dengan Stres Mahasiswa yang Melakukan Praktik Keperawatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Perintis, 9(1), 39–46. https://doi.org/10.33653/jkp.v9i1.779 Sitorus, M. P., Putri, D. K., & Niriyah, S. (2023). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Stikes Hangtuah Pekanbaru Dalam Menjalankan Proses Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(1), 27–37. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1209 Soegiharto, G. T. H. (2022). Peran Agama dalam Mewujudkan Kesejahteraan Sosial. Jurnal Teruna Bhakti, Vol. 4(2622–5085), hal.270. Sofya, A., Novita, N. C., Afgani, M. W., Isnaini, M., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2024). Metode Survey : Explanatory Survey dan Cross Sectional dalam Penelitian Kuantitatif Survey Methods : Explanatory Survey and Cross Sectional in Quantitative Research. 4(3), 1695–1708. Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S. Pd). ALFABETA, Cv. Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55 Underwood, L. G. (2006). Ordinary spiritual experience: Qualitative research, interpretive guidelines, and population distribution for the daily spiritual experience scale. Archive for the Psychology of Religion, 28(1), 181–218. https://doi.org/10.1163/008467206777832562 Vebrian, G., Emiralda, D., & Winarni, L. M. (2021). Hubunngan antara spiritualitas dengan tingkat stres pada mahasiswa keperawatan dan kebidanan yang mengerjakan tugas akhir di politeknik kesehatan Banten. Nusantara Hasana Journal, 1(4), 134–141. Wahyuni, E. N., & Bariyyah, K. (2019). Apakah Spiritualitas Berkontribusi terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.29210/120192334 Widianti, F. P., & Dewi, D. K. (2020). Perbedaan Perceived Academic Stress Ditinjau Dari Tahun Angkatan Kedua Dan Ketiga Pada Mahasiswa Fakultas X Di Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 7(3), 37–42. Yasipin, Rianti, S. A., & Hidaya, N. (2020). Peran Agama dalam Membentuk Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Manthiq, 5(1), 25–31. Yuda, M. P., Mawarti, I., & Mutmainnah, M. (2023). Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Pinang Masak Nursing Journal, 2(1), 38–42. https://online-journal.unja.ac.id/jpima/article/view/27092/16089 | id_ID |