Show simple item record

dc.contributor.authorIzra Nurfadilla, Muhammad
dc.date.accessioned2025-07-03T00:51:58Z
dc.date.available2025-07-03T00:51:58Z
dc.date.issued2025-01-23
dc.identifier.citationAji, R., Marita, Z., Setyaningsih, W., Nulhakim, L., Giatamah, Z., Kiki Anugrah, A., Keperawatan Andakara, A., Bekasi, K., Barat, J., Wicara, T., Kesehatan Kemenkes Surakarta, P., Keperawatan, J., Kemenkes Jayapura, P., Keperawatan, P., Kemenkes Kalimantan Timur, P., Studi Sarjana Terapan Keperawatan, P., & Medika Suherman, U. (2023). The Effect of First Aid Skills Training on Failed Students. Jurnal Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 33(3), 3–10. Alfarisi, R., Fauziah, D. R., & Pangestu, D. L. (2022). Webinar Peningkatan Pengetahuan Remaja Sebagai Kelompok Aktif Terhadap Penanganan Awal Cedera Patah Tulang. Jurnal Perak Malahayati, 4(2), 143–152. https://doi.org/10.33024/jpm.v4i2.8293 Alfianto, A. G. (2021). Tahta Media Group. Apriyani, A. (2023). Pertolongan Pertama Pada Fraktur. Khidmah, 5(1), 131–137. https://doi.org/10.52523/khidmah.v5i1.450 Astutik, R. Y., Wibowo, D. A., & Wahyu, P. (2021). Tetap Produktif Bekarya Dalam Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19. STIKES Karya Husada Kediri. Atallah, M. A., & Fitriana, N. F. (2022). Pengaruh Penkes Tentang Pertolongan Pertama Fraktur Ekstremitas Atas Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pembidaian Siswa Sma Muhammadiyah 1 Purwokerto. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(3), 1827–1833. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/7654/8255 Barnas, S., & Ridwan, I. M. (2020). Perbedaan Gender dalam Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Mahasiswa Pendidikan Fisika. Diffraction, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i2.1328 Damayanti, D. (2021). Sosialisasi penanganan pertama pingsan terhadap pengetahuan murid SMPN 1 Kayen Kidul dalam peningkatan derajat kesehatan siswa sekolah. Erwin, Huda, N., Karim, D., & Deli, H. (2022). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Masyarakat Tentang Pertolongan Pertama Pada Fraktur. Transformasi, 2(3), 145–152. http://journal.ummat.ac.id/index.php/transformasi/index Fatimah, C. (2020). Penggunaan Metode Praktik dalam Meningkatkan Keterampilan Teknik Budi Daya Tanaman Obat. Jurnal Al-Azkiya, 5(1), 25–32. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i1.1598 Fitri, A., Wulandini, P., & Sari, T. K. (2019). Pengetahuan Siswa/I Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Saat Berolahraga Di Sma Olahraga Rumbai Pekanbaru Provinsi Riau 2019. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(1), 70–77. https://doi.org/10.36341/jka.v3i1.815 Gasser, B. (2022). Stranded because of exhaustion while high-altitude mountaineering in the Swiss Alps: a retrospective nationwide study. Scientific Reports, 12(1), 8–13. https://doi.org/10.1038/s41598-022-12917-8 Hariyadi, H., & Setyawati, A. (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi Teknik Pembidaian pada Anggota PMR Terhadap Pertolongan Pertama Fraktur. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 3(1), 59–67. https://doi.org/10.47575/jpkm.v3i1.295 Jerliawanti Tuna, & Pipin Yunus. (2023). Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Fraktur Tertutup Dengan Pemberian Terapi Kompres Dingin Di Ruangan IGD RSUD Prof. Dr. H. ALOEI SABOE. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 3(1), 37–59. https://doi.org/10.55606/klinik.v3i1.2237 Jumiati, I. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan Dan Sikap Bullying pada Siswa Di SD Negeri 01 Ngesrep Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Karyadi, A. S. G., & Kanita, M. W. (2022). Pengaruh Pelatihan Balut Bidai Terhadap Tingkat Keterampilan Driver Ojek Online/Ojol Tentang Fraktur Kecelakaan Lalu Lintas. Doctoral Dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta, 000, 1–10. Masturoh, I., & T, N. A. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia, Kementrian Kesehatan. Muladi, A. (2025). PENGARUH EDUKASI BALUT BIDAI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARANG TARUNA DALAM MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA FRAKTUR. 7, 289–298. Nizamuddin. (2021). METODELOGI PENELITIAN ; KAJIAN TEORITIS DAN PRAKTIS BAGI MAHASISWA. CV DOTPLUS. Notoatmojo. (2015). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta Rineka Cipta. Pusparani, P. W., & Jannah, M. (2022). Perbedaan Adversity Quotient Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin Pada Anggota Himpunan Pencinta Alam Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 43–54. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/45832 Rahayuningsih, S., Faozi, E., & Safitri, W. (2021). ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN POST OPERASI FRAKTUR FEMUR DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN RASA AMAN DAN NYAMAN: NYERI. International Journal of Intellectual Discourse (IJID), 39(8), 102–111. Rechika Amelia Eka Putri1, D. R. E. (2024). Medic nutricia 2024,. 4(1), 1–6. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644 Ribka, H. A., Victoria, A. Z., & Yono, N. H. (2023). Gambaran Penerimaan Diri pada Pasien Fraktur. Jurnal Keperawatan Sumba (JKS), 2(1), 11–20. https://doi.org/10.31965/jks.v2i1.1293 Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (2016). Keperawatan kegawatdaruratan & Manajemen bencana (Issue 112). Romayanti, T. (2019). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Lalu Lintas Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Satuan Pengamanan (Satpam) Universitas Muhammadiyah Purwokerto. September, 1–23. Sitepu, D. E., Primadiamanti, A., & Safitri, E. I. (2024). Hubungan Usia, Pekerjaan dan Pendidikan Pasien Terhadap Tingkat Pengetahuan DAGUSIBU di Puskesmas Wilayah Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(6), 196–204. https://doi.org/10.5281/zenodo.10642605 Siti Qomariah Andini Sari, Suwandi Luneto, & Rahmat H. Djalil. (2022). Pengaruh Edukasi First Aid Kegawatdaruratan Terhadap Pengetahuan Penanganan Fraktur Pada Orang Awam Atau Masyarakat Sekitar Kampus Stikes Muhammadiyah Manado. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 2(1), 31–41. https://doi.org/10.55606/jrik.v2i1.525 Sumadi, P., Laksmi, I. A. A., Putra, P. W. K., & Suprapta, M. A. (2020). Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Terhadap Pengetahuan Penanganan Fraktur Pada Anggota PMR Di SMP Negeri 2 Kuta Utara. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.2874 Syahputra, A. T., Nurjannah, N., & Arsyam, M. (2020). Pemberian Skor Dan Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–8. Widodo Bintoro. (2014). Pendidikan Kesehatan dan Aplikasinya di SD/MI. Madrasah, 7(no 1), 89–100. Widyaningrum, E. A., Wika Admaja, W., Winduhani Astuti, L., & Masyriqoh, B. (2021). Pengaruh Usia dan Jenis Kelamin Terhadap Pengetahuan Serta Perilaku Penggunaan Suplemen di Masa Pandemi pada Mahasiswa IIk Bhakti Wiyata. Majalah Farmasetika, 6(Suppl 1), 49. https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v6i0.36675 Wirawan, N. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Santri Kelas 10-11 Ma Mengenai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Di Pondok PesantrenMiftahul Hidayah. 12(2), 1–23.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4965
dc.description.abstractPendidikan kesehatan merupakan bentuk tindakan mandiri keperawatan untuk membantu klien baik individu maupun kelompok. Pendidikan kesehatan mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan dialam bisa sangat dibutuhkan diberbagai keadaan darurat seperti keadaan cuaca, medan yang curam, dan gigitan ular. Fraktur merupakan istilah hilangnya kontinuitas tulang, baik bersifat total maupun sebagian yang ditentukan berdasarkan jenis dan luasnya. Fraktur adalah patah tulang yang biasanya disebabkan oleh trauma atau tenaga fisik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang pertolongan pertama fraktur dialam terhadap pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa pencinta alam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Desain penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian adalah mahasiswa pencinta alam universitas muhammadiyah Kalimantan timur sebanyak 21 responden. Uji hipotesis untuk tingkat pengetahuan dalam penelitian ini menggunakan Uji T (Paired T Test) dan mendapatkan hasil (p-value = 0.000 < a = 0.05). Untuk tingkat keterampilan dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan mendapatkan hasil (p-value = 0.000 < a = 0.05). kesimpulannya maka pendidikan kesehatan pertolongan pertama fraktur dialam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa pencinta alam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPendidikanid_ID
dc.subjectFrakturid_ID
dc.subjectMahasiswa Pencinta Alam (MAPALA)id_ID
dc.titlePengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pertolongan Pertama Fraktur Dialam Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan pada Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.title.alternativeThe Influence of Health Education on First Aid for Fractures in Nature on the Knowledge and Skills of Nature Lover Students at the Muhammadiyah University of East Kalimantanid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record