Show simple item record

dc.contributor.authorAida Gita Safitri, Nor
dc.date.accessioned2025-07-03T01:34:06Z
dc.date.available2025-07-03T01:34:06Z
dc.date.issued2025-01-23
dc.identifier.citationANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LINGKUNGAN MASYARAKAT ( Studi Kasus Di Desa Sawakong , Kecamatan Galesong Selatan , Kabupaten Takalar ) Oleh : KHAERUNNISA Nomor Induk Mahasiswa : 105651104220 PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI. (2023). Astuti, E. P. (2018). Hubungan Indeks Masa Tubuh (Imt) Dengan Dismenorea Pada Remaja. Jurnal Kebidanan, 9(02), 121. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v9i02.314 Fadhilah, N. N., Katmini, Peristiowati, Y., Wardani, R., Ellina, A. D., Nursanti, D. P., Kumalasari, E. P., & Fajriah, A. S. (2021). Determinan Menarche Dini. In Strada Press. Fauziyyah, N. H., Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2019). Analisis Perilaku Sosial Anak Ditinjau Dari Urutan Kelahiran. Edukid, 15(1), 42–57. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20150 Female, A. (2024). atau tahap perkembangan dari masa kanak-kanak ke masa (Vol. 4, Issue 3). Hakim, M. A., & Aristawati, N. V. (2023). Mengukur depresi, kecemasan, dan stres pada kelompok dewasa awal di Indonesia: Uji validitas dan reliabilitas konstruk DASS-21. Jurnal Psikologi Ulayat, 10(2), 232–250. https://doi.org/10.24854/jpu553 Lutfiya, I. (2017). Analisis Kesiapan Siswi Sekolah Dasar dalam Menghadapi Menarche. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 5(2), 135. https://doi.org/10.20473/jbk.v5i2.2016.135-145 Mahmudah, ika safitri nur. (2022). Hubungan tingkat kecemasan dan aktivitas fisik terhadap siklus menstruasi pada remaja putri di SMA Negeri 9 Semarang. 1–80. http://repository.unissula.ac.id/26636/1/Ilmu Keperawatan_30901800082_fullpdf.pdf Mayasari, A. F. (2023). PengaruhTingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Pada Remaja Dalam Menghadapi Menarche siswi kelas VIII di SMP negeri 1 Kabila kabupaten Bone Bolango. Stikikes, Kabupaten Bone Bolango, 1–129. http://repository.stikes-bhm.ac.id/155/1/8.pdf Meinarisa, M., Anita Sari, L., & Mardiantika, B. (2021). Hubungan Pengetahuan, Kedekatan Ibu dan Pola Asuh Terhadap Kesiapan Remaja Menghadapi Menstruasi Pertama (Menarche) di SMP Negeri 04, 06, dan 17 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 2(2), 99–107. https://doi.org/10.22437/jini.v2i2.15572 Mutia, W. O. N. (2022). Tingkat Pengetahuan Terhadap Perubahan Fisik Pubertas Remaja Putri. Jurnal Ilmu Kebidanan, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.48092/jik.v9i1.182 Nurul, S., Saleh, H., Mokodongan, T., Kebidanan, P. S. D., Kesehatan, F., Utara, S., & Menarche, U. (2021). Penggunaan Media Sosial Terhadap Usia Menarche Pada Siswi (Vol. 13). Payung, D. T., Widiastuti, T., Tinggi, S., Kesehatan, I., Utama, B., & Barat, P. (2024). Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Dengan Tingkat Kecemasan Menopause Pada Perempuan Premenopause. 2(01), 9–16. Pengetahuan, H., Terkait, P., Zat, A., Baru, M., & Mitra, S. (2022). DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf13216 Hubungan antara Pengetahuan, Sikap, Perilaku Terkait Anemia dan Asupan Zat Besi dengan Kejadian Anemia pada Mahasiswi Baru STIKes Mitra Keluarga Mayang Dwi Saputri. 13(April), 349–352. Putra, R., & Setiawan. (2019). Hubungan Pengetahuan Tentang Menarche Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Putri Awal. Jurnal Borneo Cendikia, 2(2), 200–205. Putri, D. M. F. S. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Awal Putri Dalam Menghadapi Menarche Di Sd Saraswati Tabanan. Jurnal Medika Usada, 6(1), 39–46. https://doi.org/10.54107/medikausada.v6i1.160 Putri, R., Hayatullah, M. M., & Rahayu, N. A. (2024). Menghadapi Menarche Melalui Pendidikan Kesehatan. 2, 712–719. Rumbai, D. I. P. (2017). Hubungan pengetahuan dengan sikap ibu hamil dalam pencegahan anemia di puskesmas rumbai. 2(February), 62–67. Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362 Sari, M., & Putri, D. S. R. (2023). Penerapan Pemberian Massage Effleurage dengan Olive Oil Terhadap Resiko Dekubitus Pada Pasien Stroke Hemoragic di Ruang ICURS Indriati Solo Baru. Program Studi Profesi Ners Program Profesi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta 2023, 1–10. Skala Psikologi. (1972). Skala Kecemasan Nyata Anak-anak yang Direvisi (RCMAS). Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. ALFABETA. Sugiyono, 2019. (n.d.). Metode Penelitian Kesehatan. In Sugiyono,2019. Sulaeman, R., & Yanti, R. (2019). Pengetahuan Remaja Putri Tentang Kompres Hangat Mengurangi Nyeri Dismenore. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 1(2), 25. https://doi.org/10.32807/jkt.v1i2.34 Susilo, X. A., Noor, M. S., Heriyani, F., Qamariah, N., Studi, P., Dokter, P., Kedokteran, F., Mangkurat, U. L., Ilmu, D., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Lambung, U., Banjarmasin, M., Kedokteran, F., Lambung, U., Banjarmasin, M., Kedokteran, F., & Mangkurat, U. L. (n.d.). LITERATURE REVIEW : HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP. 3, 785–794. Wafda Marpunir Rahmah, N., Harlia Putri, T., Fujiana Program Studi Ilmu Keperawatan, F., Kedokteran, F., Tanjungpura, U., Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, J. H., Laut, B., Tenggara, P., & Barat, K. (2023). Hubungan Strategi Koping Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Dalam Menghadapi Menarche. JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(4), 799–808. Elhai, J. D., Levine, J. C., Dvorak, R. D., & Hall, B. J. (2017). Fear of missing out, need for touch, anxiety and depression are related to problematic smartphone use. Computers in Human Behavior, 63, 509–516. Vannucci, A., Flannery, K. M., & Ohannessian, C. M. (2017). Social media use and anxietyin emerging adults. Journal of Affective Disorders, 207, 163–170. Keles, B., McCrae, N., & Grealish, A. (2020). A systematic review: The influence of social media on depression, anxiety, and psychological distress in adolescents. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 79–93. Setiawan, A., & Handayani, R. (2020). Pengaruh media sosial terhadap kecemasan remaja dalam menghadapi perubahan tubuh. Jurnal Psikologi Remaja, 12(1), 45-56. Dewi, S. L., & Setiawan, F. (2020). Peran interaksi sosial dalam perkembangan emosional anak remaja. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 123-134.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4970
dc.description.abstractPendahuluan: Menarche merupakan menstruasi pertama yang dialami oleh remaja putri, menandai awal pubertas. Perubahan fisik seperti pembesaran payudara, pertumbuhan rambut di daerah tertentu, hingga menstruasi, sering kali diiringi dengan perubahan psikologis seperti kecemasan. Media sosial sebagai sumber informasi utama pada era modern memiliki potensi untuk memengaruhi pemahaman remaja terhadap menarche. Paparan konten yang kurang tepat atau berlebihan dapat meningkatkan kecemasan, terutama bagi mereka yang kurang mendapatkan bimbingan dari orang tua atau tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan media sosial dengan tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi menarche di SD Muhammadiyah 4 Kota Samarinda. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel terdiri dari 142 siswa kelas IV, V, dan VI yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner intensitas penggunaan media sosial yang diukur dengan skala Guttman serta kuesioner kecemasan berdasarkan skala RCMAS (Revised Children's Manifest Anxiety Scale), yang mengukur kecemasan fisiologis, sensitivitas berlebihan, dan konsentrasi sosial. Analisis data dilakukan menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 68,3% siswa memiliki tingkat kecemasan sedang hingga tinggi, sementara 31,7% menunjukkan kecemasan rendah. Intensitas penggunaan media sosial yang tinggi ditemukan berkorelasi positif dengan kecemasan tinggi, di mana siswa yang menghabiskan lebih dari tiga jam sehari di media sosial lebih rentang terhadap kecemasan. Sebaliknya, siswa dengan durasi penggunaan media sosial yang rendah cenderung memiliki kecemasan yang lebih terkendali. Faktor lain seperti usia menarche dini dan kurangnya dukungan keluarga juga memperkuat hubungan ini. Kesimpulan: Penelitian ini menekankan pentingnya bimbingan keluarga, tenaga pendidik, dan tenaga kesehatan dalam mendampingi siswa menghadapi menarche. Intervensi seperti edukasi kesehatan reproduksi, manajemen waktu penggunaan media sosial, dan penguatan dukungan emosional dari lingkungan sekitar dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan siswa.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectMedia Sosialid_ID
dc.subjectKecemasanid_ID
dc.subjectMenarcheid_ID
dc.titleHubungan Penggunaan Sosial Media dengan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Menarche di SD Muhammadiyah 4 Kota Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Social Media Use and Anxiety Levels in Facing Menarche at Muhammadiyah 4 Elementary School, Samarinda Cityid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record