Show simple item record

dc.contributor.authorAngraini, Nurul
dc.date.accessioned2025-07-03T01:38:16Z
dc.date.available2025-07-03T01:38:16Z
dc.date.issued2025-01-23
dc.identifier.citationAndika, M. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja Dengan Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Di SMPN 29 Padang Tahun 2017 Relationship Of Youth Knowledge And Attitude With Drug Abuse Prevention Efforts In Padang 29th Private Vocational School, 2017 Mira Andika. Jurnal Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi Volume, 9(2), 100. Anetor, G. O., & Oyekan-Thomas, M. F. (2018). Knowledge and attitude of youths to substance abuse in Alimosho Local Government area of Lagos State. International Journal of Biological and Chemical Sciences, 12(2), 822–836. Arisandi, E. (2022). Pengaruh Metode Pendidikan metode Ceramah terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa tentang Pencegahan Napza di SMP PAB 2 Sampali Percut Sei Tuan 2020. Jurnal Stikes Santa Elizabeth Medan, 85(1), 6. Bonyani, A., Safaeian, L., Chehrazi, M., Etedali, A., Zaghian, M., & Mashhadian, F. (2021). A high school-based education concerning drug abuse prevention. Journal of Education and Health Promotion, 7(1), 88. Chairunnisa, M., Afriani, M., & Sitorus, M. A. (2019). Hubungan Pengetahuan, Usia dan Jenis Kelamin Terhadap Penggunaan NAPZA Pada Remaja Provinsi Sumatera Utara (Analisis Data Sekunder SRPJMN Tahun 2017). Jurnal Diversita, 5(2), 86–94. https://doi.org/10.31289/diversita.v5i2.2234 Cooper, K. M., Schinske, J. N., & Tanner, K. D. (2021). Reconsidering the share of a think–pair–share: Emerging limitations, alternatives, and opportunities for research. CBE—Life Sciences Education, 20(1), fe1. Dalimunthe, S. A. S., Mulyono, M., & Syahputra, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 735–747. Darwis, N., Ruslang, R., Hasan, M., Yammar, Y., & Wardanengsih, E. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Pengatahuan dan Sikap Anak Usia Sekolah Dalam Komsumsi Sayur. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 1929–1947. Hyoscyamina, D. E. (2017). Peran keluarga dalam membangun karakter anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144–152. Ibrahim, D. A. F., & Margianti, E. (2023). Hubungan Peran Orang Tua dengan Angka Kejadian Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja: Literature Review. Ahmar Metastasis Health Journal, 2(4), 238–245. Jumaidah, J., & Rindu, R. (2017). Perilaku Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Di Wilayah Kecamatan Sukmajaya, Depok. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 16(03), 42–49. Kaddoura, M. (2020). Think pair share: A teaching learning strategy to enhance students’ critical thinking. Educational Research Quarterly, 36(4), 3–24. Kusnan, A., Eso, A., Asriati, A., & Ruslan, R. (2020). Penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang bahaya narkotika. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(2), 195–201. Mawikere, M. C. S. (2020). Book review: Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), 232–236. Millis, B. J. (2021). Cooperative Learning in Heigher Education. In Stylus Publishing (Vol. 3, Issue 1, pp. 36–42). Muharram, H. Z., & Prathama, A. G. (2022). Identifikasi Faktor Risiko Kenakalan Remaja di Wilayah Kampung Kota Jakarta. Philanthropy: Journal of Psychology, 6(1), 92–110. Muhtadin, D. A., Nurdiantami, Y., Fadhil, M. S., Ayudiputri, Z. Z., & Afifah, Z. (2022). HUBUNGAN KARAKTERISTIK REMAJA DENGAN PERILAKU BERISIKO PENYALAHGUNAAN NAPZA PADA REMAJA AWAL. PREPOTIF: JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(2), 1722–1729. Musaini, Y. N. I., Ichsan, B., & Basuki, S. W. (2022). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap pencegahan Napza pada siswa laki-laki kelas XI SMK Murni 1 Surakarta. Muswaroh, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Soge Kandanghaur Indramayu. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 674–685. Notoadmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. In Rienka Cipta. Rienka Cipta. Nur’artavia, M. R. (2017). Karakteristik pelajar penyalahguna NAPZA dan jenis NAPZA yang digunakan di Kota Surabaya. The Indonesian Journal of Public Health, 12(1), 27–38. Nursalam, N. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan - Ners Unair Repository. 2020, 123(1). Permata, V. D. B., Indria, D. M., & ... (2020). Pengaruh psikoedukasi pencegahan penyalahgunaan narkoba terhadap pengetahuan, motivasi dan perilaku pada siswa SMA. Jurnal Kedokteran …, 8(2), 1–7. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jkkfk/article/view/7980 Praditya, B. (2017). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan dengan Metode Review Terhadap Perilaku Remaja dalam Pencegahan Narkoba di SMK Dwija Bhakti Jombnag. Skripsi Prodi S1 Keperawatan STIKes Insan Cendikia Medika Jombang, 11(1), 92–105. Purnama, Muhlisin, & Katinah. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Video dan Media Leaflet terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Siswa tentang Bahaya Napza di SMP Negeri 3 Mojosongo Boyolali. Skripsi Fakultas Ilmu Kesehatan UMS, 1–17. http://eprints.ums.ac.id/27215/ Putra, H. A., Prabowo, T., Suratini, M. K., & Kom, S. K. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Remaja Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Gamping Sleman …. Jurnal Unsyah Jogjakarta, 1(2), 12–20. http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/4901%0Ahttp://digilib.unisayogya.ac.id/4901/1/HENGKIANGGARAPUTRA_1610201078_PSIK8B - hengki anggara putra.pdf Sahala, I., Kolibu, F. K., & Mandagi, C. K. F. (2021). Hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan tindakan pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja di Kelurahan Kolongan Mitung Kabupaten Sangihe. KESMAS, 10(1). Sarwono, S. W. (2015). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2009. 201 p. In PT. Raja Grafindo (10th ed., Vol. 10, Issue 2). PT. Raja Grafindo. Situmeang, R. S., & Tammu, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Sebagai Upaya Mengembangkan Inisiatif Siswa Kelas XI IPA Dalam Pembelajaran:(Implementation of the Think Pair Share Learning Model as an Effort to Develop Initiatives of Class XI IPA Students in Biology Learning). BIODIK, 10(4), 714–727. Sorcha Ophelia Nanda S, Nurlinawati, K. (2023). Remaja Tentang Penyalahgunaan Narkoba. Jurnal Ners, 7, 1808–1814. Steinberg, L. (2015). Cognitive and affective development in adolescence. Trends in Cognitive Sciences, 9(2), 69–74. Sugiarto, D., & Sumarsono, P. (2024). The implementation of think-pair-share model to improve students’ ability in reading narrative texts. International Journal of English and Education, 3(3), 206–215. Wardani, E. M., & Septianingrum, Y. (2018). Pada Hubungan Antara Persepsi, Jenis Kelamin, Status Tempat Tinggal, Status Orang Tua Dengan Perilaku Penyalahgunaaan Napza Pada Kelas Xi Di Smk Darul Huda Sidoarjo. Medical and Health Science Journal, 2(2), 39–46. https://doi.org/10.33086/mhsj.v2i2.586 Yulia, A. (2021). Hubungan dukungan keluarga terhadap kejadian relapse pada klien ketergantungan napza. UNES Journal Of Social and Economics Research, 2(1), 85–96.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4971
dc.description.abstractLatar Belakang: Napza merupakan singkatan dari narkotika, alkohol psikotropika dan zat adiktif lainnya. Masifnya peredaran dan penggunaan napza saat ini memerlukan penanganan yang tepat dalam menekan resiko penyalahgunaan Napza di kalangan remaja dengan meningkatkan pengetahun terkait dengan bahaya penggunaan Napza. Bentuk intervensi melalui Pendidikan Kesehatan model Think Pair share secara persuasif meningkatkan pengetahuan yang adekuat sehingga meminimalkan resiko penyalahgunaan Napza. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan pencegahan penyalahgunaan Napza model Think Pair Share di SMAN 11 Samarinda. Metode: Desain penelitian quasy-experimental prepost with cotrol gorup Design. Sampel penelitian dengan teknik purpossive sampling sebanyak 42 reponden. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji wilcoxon test dan independent t-test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengetahuan, sikap dan tindakan 0,000; 1,000 dan 0,000 (p-value <0,05) yang menunjukkan bahwa menjukkan perbedaan pengetahuan dan keterampilan. Hasil nilai p-value pada variabel pengetahuan dan sikap pencegahan Napza (0,003;0,005) (sig<0,05). Sedangkan untuk variabel tindakan dimana diperoleh p-value 0.335 > 0,05 artinya tidak terdapat perbedaan tindakan pencegahan Napza setelah pada kelompok yang mendapatkan pendidikan kesehatan dan yang tidak mendapatkan pendidikan kesehatan model Think pair share di SMAN 11 Samarinda. Kesimpulan: Hipotesis alternatif diterima artinya terdapat pengaruh model pendidikan Think Pair Share terhadap pengetahuan dan sikap pencegahan penyalahgunaan Napza di SMAN 11 Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectNapzaid_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.subjectPendidikan Kesehatan Model Think Pair Shareid_ID
dc.subjectPengetahuanid_ID
dc.subjectSikapid_ID
dc.subjectKeterampilanid_ID
dc.titlePengaruh Pendidikan Kesehatan Model Think Pair Share terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Pencegahan Penyalahgunaan Napza di SMAN 11 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Effect of Think Pair Share Model of Health Education on Knowledge, Attitude and Actions to Prevent Drug Abuse in SMAN 11 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record