Pengaruh Pendidikan Kesehatan Model Think Pair Share terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Pencegahan Penyalahgunaan Napza di SMAN 11 Samarinda
Abstract
Latar Belakang: Napza merupakan singkatan dari narkotika, alkohol psikotropika dan zat adiktif lainnya. Masifnya peredaran dan penggunaan napza saat ini memerlukan penanganan yang tepat dalam menekan resiko penyalahgunaan Napza di kalangan remaja dengan meningkatkan pengetahun terkait dengan bahaya penggunaan Napza. Bentuk intervensi melalui Pendidikan Kesehatan model Think Pair share secara persuasif meningkatkan pengetahuan yang adekuat sehingga meminimalkan resiko penyalahgunaan Napza. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan pencegahan penyalahgunaan Napza model Think Pair Share di SMAN 11 Samarinda. Metode: Desain penelitian quasy-experimental prepost with cotrol gorup Design. Sampel penelitian dengan teknik purpossive sampling sebanyak 42 reponden. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji wilcoxon test dan independent t-test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengetahuan, sikap dan tindakan 0,000; 1,000 dan 0,000 (p-value <0,05) yang menunjukkan bahwa menjukkan perbedaan pengetahuan dan keterampilan. Hasil nilai p-value pada variabel pengetahuan dan sikap pencegahan Napza (0,003;0,005) (sig<0,05). Sedangkan untuk variabel tindakan dimana diperoleh p-value 0.335 > 0,05 artinya tidak terdapat perbedaan tindakan pencegahan Napza setelah pada kelompok yang mendapatkan pendidikan kesehatan dan yang tidak mendapatkan pendidikan kesehatan model Think pair share di SMAN 11 Samarinda. Kesimpulan: Hipotesis alternatif diterima artinya terdapat pengaruh model pendidikan Think Pair Share terhadap pengetahuan dan sikap pencegahan penyalahgunaan Napza di SMAN 11 Samarinda.

