Show simple item record

dc.contributor.authorPriscila Takwin, Vanessa
dc.date.accessioned2025-07-04T00:50:49Z
dc.date.available2025-07-04T00:50:49Z
dc.date.issued2025-01-22
dc.identifier.citationAdnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116. Agustin, P., & Permatasari, I. (2020). Pengaruh Pendidikan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Divisi New Product Development (NPD). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(2), 174–184. https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i2.442 Amelia, F. (2020). Hubungan Pekerjaan Ibu, Jenis Kelamin, dan Pemberian Asi Eklusif Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita 6-59 Bulan di Bangka Selatan. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes Ri Pangkalpinang, 8(1), 1. https://doi.org/10.32922/jkp.v8i1.92 Asih, S. W., & Damayanti, N. A. (2024). Pengaruh Edukasi Stunting Terhadap Pengetahuan, Skap, Dan Perilaku Ibu Balita Di Desa Pakis. 4(1), 1–6. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644xa Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., Panatap Soehaditama, J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504 Handayani, S. (2024). Edukasi Pemanfaatan Kelor Dan Ikan Lele Sebagai Alternatif Perbaikan Status Gizi Balita Stunting. 7, 1–5. Heryana, A. (2020). Etika Penelitian. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/342751890_Etika_Penelitian Husnaniyah, D., Yulyanti, D., & Rudiansyah, R. (2020). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu dengan Kejadian Stunting. The Indonesian Journal of Health Science, 12(1), 57–64. https://doi.org/10.32528/ijhs.v12i1.4857 Iba, Z. (2023). Teknik Pengumpulan Data Penelitian. In Jurnal Keperawatan (Issue July). Kiik, S. M., & Nuwa, M. S. (2021). Maternal factors in stunting among vulnerable children. Jurnal Keperawatan Indonesia, 24(2), 82–89. https://doi.org/10.7454/jki.v24i2.1306 Mauliddiyah, N. L. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian. 6. Mcleod, S. (2024). Piaget’s Theory and Stages of Cognitive Development. SimplyPsychology. https://www.simplypsychology.org/piaget.html?form=MG0AV3 Melian, N. (2022). Perbedaan Data Primer dan Data Sekunder dalam Penelitian. Ruang Jurnal. https://ruangjurnal.com/perbedaan-data-primer-dan-data-sekunder-dalam-penelitian/ Mukhlis, & Huriah, T. (2024). Edukasi Gizi Pangan Tempe Sebagai Pemberian Makanan Tambahan Terhadap Perilaku Pencegahan Stunting. 0231, 193–205. Munir, Z., & Audyna, L. (2022). Pengaruh Edukasi Tentang Stunting Terhadap Pemgetahuan Dan Sikap Ibu Yang Mempunyai Anak Stunting. Jurnal Keperawatan Profesional, 10(2), 29–54. https://doi.org/10.33650/jkp.v10i2.4221 Mutingah, Z., & Rokhaidah, R. (2021). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Perilaku Pencegahan Stunting Pada Balita. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 5(2), 49. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v5i2.3172 Nurmaya. (2021). Memahami Kategori Usia Menurut Depkes Indonesia dan WHO. https://utaratimes.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1192664038/memahami-kategori-usia-menurut-depkes-indonesia-dan-who-berikut-penjelasannya?page=all Octaviana, dila rukmi, & Ramadhani, reza aditya. (2021). Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. Jurnal Tawadhu, 2(2), 143–159. Pratiwi, R., Sari, R. S., & Ratnasari, F. (2021). Dampak status gizi pendek (stunting) terhadap prestasi belajar: A literature review. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 12(2), 10–23. https://stikes-nhm.e-journal.id/NU/article/view/317/284 Purwanti, R., Margawati, A., Wijayanti, H. S., Rahadiyanti, A., Kurniawati, D. M., & Fitranti, D. Y. (2023). Strategi Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Responsive Feeding untuk Pencegahan Stunting pada Balita. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 270–280. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i2.5874 Rachim, A. N. F., & Pratiwi, R. (2020). Hubungan Konsumsi Ikan Terhadap Kejadian Malagizi Pada Anak Usia 2-5 Tahun. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(1), 36–45. https://media.neliti.com/media/publications/108071-ID-hubungan-konsumsi-ikan-terhadap-kejadian.pdf Rakhman, A. (2022). Pengertian Uji Validitas dan Reliabilitas. Rakhman.Net. https://rakhman.net/ilmu-pengetahuan/uji-validitas-dan-reliabilitas/ Rania, I. (2023). Reliabilitas: Definisi, Jenis, Contoh pada Penelitian. Populix. https://info.populix.co/articles/reliabilitas-adalah/ Raodah, Sitti Nur Djannah, & Lina Hadayani. (2023). Efektivitas Media Edukasi Booklet terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita Stunting Aceh. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(5), 931–937. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i5.3153 Rehena, Z., Hukubun, M., & Nendissa, A. R. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan Ibu tentang Stunting di Desa Kamal Kabupaten Seram Bagian Barat. Moluccas Health Journal, 2(2), 62–69. https://doi.org/10.54639/mhj.v2i2.523 RI, K. (2023). Laporan Tematik Survei Kesehatan Indonesia Tahun 2023. Kementerian Kesehatan RI, 1–17. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/hasil-ski-2023/ Salsabilla, S., & Afrizal, S. (2024). Peran Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam menangani Praktik Pola Asuh Anak. Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi), 7(1), 625–634. https://doi.org/10.33627/es.v7i1.2035 Sambo, M., Beda, N. S., Odilaricha, Y. C., & Marampa, L. (2021). Pengaruh Edukasi Tentang Protokol Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Penularan Covid-19 pada Anak Usia 10-12 Tahun. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(2), 72–80. https://doi.org/10.56742/nchat.v1i2.15 Santosa, P. I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Giovany (ed.); 1st ed.). Penerbit Andi. Sari, Ci. (2023). Kandungan Nutrisi Ikan Lele dan Benarkah Bisa Cegah Stunting? Tirto.Id. https://tirto.id/kandungan-nutrisi-ikan-lele-dan-benarkah-bisa-cegah-stunting-gCWk Sekretariat Wakil Presiden. (2022). Kaltim Berhasil Turunkan Prevalensi Stunting 5,3 Persen, Daerah Terpencil Jadi Tantangan. In stunting.go.id. https://stunting.go.id/kaltim-berhasil-turunkan-prevalensi-stunting-53-persen-daerah-terpencil-jadi-tantangan/?form=MG0AV3 Setiaputri, K. A. (2023). Mengenal Stunting, dari Penyebab hingga Penanganannya. Hellosehat. https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/penyakit-pada-anak/stunting/ Siregar, T. R. A., & Agustian, S. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar Perspektif Gender. Nizhamiyah, 11(1), 43–57. https://doi.org/10.30821/niz.v11i1.925 Siregar, Z. Z. N. (2025). Pengukuran Pengetahuan. 123dok. https://123dok.com/article/pengukuran-pengetahuan-tinjauan-pustaka.yd74920l Soesilo Trijahjo Danny. (2022). Prosedur Dan Penggunaan Instrumen Skala Sikap: Vol. VI. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/25430/3/BOOK_Tritjahjo Danny Soesilo_Prosedur dan Penggunaan Instrumen Skala Sikap.pdf Soraya, D., & Maharani, K. (2023). The Relationship Of Knowledge And Education With Mother Participation In Pregnancy Mother Classes. 11, 473–479. https://ojs.stikestelogorejo.ac.id/index.php/ichpr/article/download/390/116 Swarjana, I. K. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan (M. Bendatu (ed.); Revisi). Penerbit Andi. Wajdi, F., Seplyana, D., Juliastuti, Rumahlewang, E., Fatchiatuzahro, Halisa, N. N., Rusmalinda, S., Kristiana, R., Niam, M. F., Purwanti, E. W., Melinasari, S., & Kusumaningrum, R. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2). WHO. (2020). Stunting prevalence among children under 5 years of age (%) (model-based estimates). World Health Organization. https://www.who.int/data/gho/data/indicators/indicator-details/GHO/gho-jme-stunting-prevalence WHO. (2022). World Health Organization releases new Child Growth Standards. World Health Organization. https://www.who.int/news/item/27-04-2006-world-health-organization-releases-new-child-growth-standards Wiliyanarti, P. F., Nasruallah, D., Salam, R., & Cholic, I. (2022). Edukasi Pemberian Makanan Tambahan Berbasis Bahan Lokal Untuk Balita Stunting. Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal), 1(1), 104–111. Wuriningsih, A. Y., Wiji, D., Sari, P., & Khasanah, N. N. (2021). Optimalisasi Pencegahan Stunting Melalui Kelompok Pendamping Siaga Risiko Stunting ( KP-Skoring ) berbasis Self Help Group. Jurnal of Community Engagement in Health, 4(1), 58–65. Yasmin, I., Pramesty, I. A., Affandi, T. T., & Naldi, Y. (2024). Hubungan antara Tingkat Pengetahuan , Tingkat Pendidikan Ibu , serta Status Gizi Balita terhadap Kejadian Infeksi Saluran Pernapasan Akut ( ISPA ) pada Balita di Puskesmas Kesunean Kota Cirebon Jawa Barat. Jurnal Kedokteran & Kesehatan, 5(1), 1–8. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2209738 Yossy, E. H. (2022). Pengetahuan (Knowledge). Binus University Online. https://online.binus.ac.id/computer-science/2020/06/15/pengetahuan-knowledge/ Yuvalianda. (2020). Analisis Bivariat Pengertian Hingga Contoh Lengkap. https://yuvalianda.com/analisis-bivariat/ Zulfah, S. A., & Mukhoiyaroh, M. (2022). Penerapan Teori Pemrosesan Informasi Robert M. Gagne pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Mubarok Surabaya. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 144–157. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.498id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4979
dc.description.abstractLatar Belakang: Stunting merupakan masalah gizi yang mempengaruhi perkembangan fisik dan kognitif anak. Kondisi ini disebabkan oleh pola makan balita yang tidak memenuhi standar gizi dan kebutuhan nutrisi. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kejadian stunting adalah kurangnya pengetahuan dan sikap ibu. Tujuan: Tujuan pada penelitian untuk mengevaluasi efektivitas edukasi pemberian nugget ikan lele terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu yang memiliki balita di wilayah kerja Puskesmas Loa Ipuh, Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode: Pendekatan kuantitatif digunakan dengan desain Pre-Experimental Design, yang melibatkan 30 responden dengan menerap kan teknik Purposive Sampling. Melalui proses wawancara, data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan kuesioner. Uji statistik seperti analisa univariat, uji normalitas, dan analisa bivariat digunakan untuk menganalisis data melalui aplikasi software. Hasil: Uji paired t-test digunakan untuk menganalisis pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan sikap ibu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada pengetahuan ibu sebelum dan sesudah edukasi pemberian nugget ikan lele dengan p-value < 0,001. Selain itu, terdapat perubahan signifikan pada sikap ibu dengan p-value < 0,001, yang menunjukkan edukasi ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu. Kesimpulan: Edukasi pemberian nugget ikan lele efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu yang mempunyai balita. Saran untuk pihak puskesmas adalah melanjutkan dan memperluas program edukasi gizi yang fokus pada manfaat makanan bergizi seperti nugget ikan lele. Program ini dapat disertai dengan bahan edukasi tambahan dan sesi interaktif untuk memastikan pemahaman ibu yang lebih baik.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectIkan Leleid_ID
dc.subjectPengetahuanid_ID
dc.subjectSikapid_ID
dc.subjectStuntingid_ID
dc.titleEfektivitas Edukasi Pemberian Nugget Ikan Lele Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Terkait Stunting pada Balita di Wilayah Kerja PUSKESMAS Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegaraid_ID
dc.title.alternativeThe Effectiveness of Education on Providing Catfish Nuggets toward Mothers Knowledge and Attitudes Related to Stunting in Toddlers in the Working Area of Loa Ipuh Health Center Kutai Kartanegara Regencyid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record