Show simple item record

dc.contributor.authorHajizah, Wardah
dc.date.accessioned2025-07-04T01:04:55Z
dc.date.available2025-07-04T01:04:55Z
dc.date.issued2025-01-23
dc.identifier.citationAdiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Afrioza, S., & Baidillah, I. (2021). Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sepatan. Journal of Nursing Practice and Education, 1(2), 169–180. https://doi.org/10.34305/jnpe.v1i2.305 Anwary, A. Z. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Durian Gantang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(1), 397–409. https://doi.org/10.33859/dksm.v11i1.627 Chasanah, A. U., Sutrisno, T. A., & Wariyanti, A. S. (2023). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Online Dibanding Sistem Pendaftaran Onsite di RSUD Pandan Arang Boyolali Analysis Of Patient Satisfaction On Online Registration System Compared To Onsite Registration Systemat Pandan Arang Boyolali Hos. Indonesian Journal of Health Information Management (IJHIM), 3(3), 1. Chistian, A., & Ariani, F. (2019). Sistem Informasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika, 6(2), 71–74. Christiani Nababan, M., Listiawaty, R., & Berliana, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 4(2), 6–16. https://doi.org/10.22437/jkmj.v4i2.10565 Haeruddin, H., Alwi, M. K., & Syamsuddin, U. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Minat Kembali di RSUD Haji Makassar. Window of Health : Jurnal Kesehatan, 4(3), 282–288. https://doi.org/10.33096/woh.v4i03.241 Imran, B., & Ramli, A. H. (2019). Kepuasan Pasien, Citra Rumah Sakit Dan Kepercayaan Pasien Di Provinsi Sulawesi Barat. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 1–7. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.4328 Jenivermatasarina. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rs Stella Maris Makassar (Vol. 19, Issue 5). Karunia, M., Azizah, N., Rahayu, O., Melati, P. S., & Santoso, A. P. A. (2022). Mutu dan kepuasan terhadap pasien. Journal of Complementary in Health, 2(1), 63–66. https://doi.org/10.36086/jch.v2i1.1494 Kuswandi, D. (2021). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Berbelanjan Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 230–240. Lampus, C. S. V., Umboh, A., & Manampiring, A. E. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Medical Scope Journal, 4(2), 150–160. https://doi.org/10.35790/msj.v4i2.44825 Maryati, W., & Utami, Y. T. (2023). Optimalisasi Mutu Pelayanan Kesehatan Di Klinik Dengan Implementasi Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web. Link, 19(1), 14–18. https://doi.org/10.31983/link.v19i1.9387 Nisa, K., & Yulianto, M. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Tanjungrejo Kabupaten Kudus. Jurnal Profesi Keperawatan (JPK …, 8(1), 55–69. http://jurnal.akperkridahusada.ac.id/index.php/jpk/article/view/93 Nur’aeni, R., Simanjorang, A., & . J. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 1097. https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i2.1152 Prasetya, J., Anjani, S., & Agiwahyuanto, F. (2022). Pengaruh Durasi Waktu Pendaftaran terhadap Kepuasan Pasien antara Pendaftaran Online dan Offline. Jurnal Kesehatan, 10(2), 93–101. https://doi.org/10.25047/jkes.v10i2.322 Primadhani, S. W., Ilyas, Y., & Atthahirah, A. I. (2021). Sistem Pendaftaran Online sebagai Suatu Strategi Peningkatan Layanan Rumah. Citizen-Based Marine Debris Collection Training: Study Case in Pangandaran, 2(1), 56–61. Puspita, N. R., & Mustakim, M. (2021). Persepsi Pasien Dalam Implementasi Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pandemik COVID-19 di Wilayah Kota Bekasi Tahun 2020. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 17(1), 99. https://doi.org/10.24853/jkk.17.1.99-109 Rohman, H., & Marsilah, M. (2022). Pemanfaatan Sistem Pendaftaran Online Melalui Aplikasi WhatsApp di Rumah Sakit Umum Daerah. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 10(1), 18–26. https://doi.org/10.47007/inohim.v10i1.397 Saputra, M. G., Nurdiana, F., Mahfiroh, A. P., & Nuriyati. (2020). Hubungan Pendaftaran Online dan Offline dengan Kepuasan Pasien. Johc, 1(1), 1–7. Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 116–126. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317 Setiawan, D. R., Harahap, S. G., & Ludovikus. (2024). Hubungan Kualitas Pelayanan Pendaftaran Online Pada Aplikasi Jaksehat Dengan Kepuasan Pasie Di Puskesmas Kecamatan Tambora. 4, 5192–5206. Sofiati, L. R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendaftaran Online Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Dr. Gondo Suwarno Ungaran. Sudirman, Yanuarti, R., Oktarianita, Fajrini, F., & Widihastuti, S. K. (2023). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. In Gunadarma University (Issue 7). Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Suriani, R. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan “Keandalan” dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan di IRNA Ambun Pagi RSUP. Dr. M. Djamil Padang. 03, 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/ Swastika, A. G., Setiyadi, N. A., & Werdani, K. E. (2021). Kajian Literatur Faktor-Faktor Yang Di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan, 4(1), 1–15. Tinggi, S., Kesehatan, I., Husada, W., Wijayanti, A. E., Purwandari, A., Handari, M., Wira, S., Yogyakarta, H., Glendongan Tambak, J., & Babarsari, B. (2023). Analisis Survei Kepuasan Pasien Pada Praktek Keperawatan Mandiri (Praktek Komplementer) Pada 3 Klinik Di Diy Dan Jateng. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16(2), 1–7. Yanuarti, R., Febriawati, H., Angraini, W., Pratiwi, B. A., & Wati, N. (2021). Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan Rumah Sakit pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(2), 49–59. https://doi.org/10.31539/jka.v3i2.3071id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4981
dc.description.abstractLatar Belakang: Keandalan (reliability) merujuk pada kemampuan dalam menyediakan layanan sesuai dengan janji yang telah ditetapkan. Kualitas pelayanan dinilai berdasarkan seberapa baik fasilitas kesehatan dalam memenuhi ketepatan waktu pelayanan, durasi proses pendaftaran, waktu mulai pemeriksaan atau pengobatan, serta kesesuaian antara ekspektasi pasien dengan realisasi waktu yang diberikan. Tujuan penelitian: ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara reliability (keandalan) dan tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas layanan yang disediakan melalui sistem pendaftaran online. Metode: Desain penelitian yang diterapkan dalam studi ini bersifat kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian berlangsung di Puskesmas Samarinda dengan melibatkan 237 pasien yang menggunakan sistem pendaftaran daring. Metode pengambilan sampel menerapkan teknik probability sampling, khususnya stratified random sampling. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian mengindikasikan bahwa sebagian besar responden (73,8%) menilai reliability (keandalan) di Puskesmas Karang Asam dan Puskesmas Trauma Center sebagai berkualitas, sementara 26,2% lainnya menilai kurang berkualitas. Adapun tingkat kepuasan responden menunjukkan bahwa 50,2% merasa puas, sedangkan 49,8% menyatakan cukup puas. Uji statistik mengonfirmasi adanya hubungan yang signifikan antara reliability (keandalan) dan kepuasan pasien (P-value = 0,000). Kesimpulan: Dengan demikian, temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai pentingnya reliability (keandalan) dalam meningkatkan kepuasan pasien guna memperbaiki mutu layanan di Puskesmas Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectReliability (Keandalan)id_ID
dc.subjectKepuasan Pasienid_ID
dc.subjectMutu Pelayananid_ID
dc.subjectPusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS)id_ID
dc.titleHubungan Reliability (Keandalan) dengan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Berdasarkan Pendaftaran Online di PUSKESMAS Samarindaid_ID
dc.title.alternativeRelationship between Reliability and Patient Satisfaction with Service Quality Based on Online Registration at Samarinda Public Health Centerid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record