Asosiasi Iklan Susu Formula dan Dukungan Suami terhadap Pemberian ASI di Wilayah Kerja PUSKESMAS Segiri
View/ Open
Date
2015-08Author
Mahria, Mahria
Susanti, Rahmi
Sunarti, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemberian ASI secara eksklusif telah menjadi anjuran yang harus diberikan pada bayi usia 0-6 bulan, namun tidak dapat terlaksana secara efektif pada semua kalangan masyarakat. Hal dikarenakan kegagalan pemberian ASI eksklusif di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, puskesmas Segiri adalah puskesmas yang masih jauh dari target pencapaian cakupan ASI Eksklusif yaitu hanya mencapai 46,85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asosiasi iklan susu formula dan dukungan suami terhadap pemberian ASI di Wilayah Kerja Puskesmas Segiri. Desain penelitian cross sectional dengan jumlah 52 orang tua diwilayah kerja puskesmas segiri yang memiliki anak usia 7-12 bulan, data yang diteliti meliputi iklan susu formula, dukungan suami, dan pemberian air susu ibu (ASI) menggunakan kuesioner dan wawancara. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dengan menggunakan uji statistik koefisien koentingensi C. Menunjukkan bahwa terdapat asosiasi iklan susu formula dengan pemberian ASI dengan angka koefisien kontingensi sebesar 0,482 ( p= 0,001< α=0,05 ), dan menujukkan bahwa terdapat asosiasi dukungan suami dengan pemberian ASI dengan angka koefisien kontingensi sebesar 0,538 ( p= 0,000 < α=0,05 ) pada 52 sampel yang di analisis.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa dari 52 responden yang diteliti diperoleh data bahwa terdapat asosiasi iklan susu formula dan dukungan suami terhadap pemberian ASI di wilayah kerja puskesmas segiri.