PENGARUH ZOOM FATIGUE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Zoom Fatigue terhadap
motivasi belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Dengan
menggunakan metode teknik pengumpulan data yakni skala yang peneliti bagikan
melalui kuesioner google from kemudian jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan
metode pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling
Selanjutnya dalam analisis data, penelitian ini menggunakan analisis regresi linier
sederhana berdasarkan hasil perhitungan dari bantuan spss 26 for windows. Hasil
penelitian yang diperoleh dengan makna bahwa pengaruh variabel bebas yakni Zoom
Fatigue terhadap variabel terkait yakni motivasi belajar adalah 0.6% maka Zoom
Fatigue tidak berpengaruh pada motivasi belajar mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT). Kemudian, melihat nilai signifikansi
dari tabel coefficients dapat diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0.150 (p > 0.05).
Sehingga, dapat disimpulkan bahwa variabel Zoom Fatigue (X) tidak berpengaruh
terdapat variabel kedekatan motivasi belajar (Y). Manfaat penelitian ini diharapkan,
dapat digunakan sebagai masukan bagi pengembangan ilmu psikologi terkait dengan
Zoom Fatigue dan motivasi belajar di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

