Show simple item record

dc.contributor.authorAnanda Putri, Sylvia
dc.date.accessioned2025-08-21T07:05:09Z
dc.date.available2025-08-21T07:05:09Z
dc.date.issued2025-01-21
dc.identifier.citationApproach, C. G. (2016).29(6), 1–23. Bibb, J., Castle, D., & Skewes McFerran, K. (2019). Reducing Anxiety through Music Therapy at an Outpatient Eating Disorder Recovery Service. Journal of Creativity in Mental Health, 14(3), 306–314. https://doi.org/10.1080/15401383.2019.1595804 de Witte, M., Pinho, A. da S., Stams, G. J., Moonen, X., Bos, A. E. R., & van Hooren, S. (2022). Music therapy for stress reduction: a systematic review and meta-analysis. HealthPsychologyReview,16(1),134–159. https://doi.org/10.1080/17437199.2020.1846580 Deshpande, A., & Chari, S. (2014). Perceived Sources of Stress and Coping Strategies in Dental Students and Interns. Journal of Psychology, 5(2), 133–141. https://doi.org/10.1080/09764224.2014.11885513 Gayatri, P. R., Pratiwi, W. N., & Pujiastutik, Y. E. (2022). Pengaruh Terapi Musik Mozart Terhadap Penurunan. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2). Groarke, J. M., Groarke, A. M., Hogan, M. J., Costello, L., & Lynch, D. (2020). Does Listening to Music Regulate Negative Affect in a Stressful Situation? Examining the Effects of Self-Selected and Researcher-Selected Music Using Both Silent and Active Controls. Applied Psychology: Health and Well-Being, 12(2), 288–311. https://doi.org/10.1111/aphw.12185 Hidayat, N., & Bogo, L. (2018). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Tingkat Stres Pada Lansia Di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Unit Budi Luhur Bantul Yogyakarta. Jurnal MIKKI. 8(2), 71-77. Diakses dari https://jurnal.stikeswirahusada.ac.i d/mikki/article/download/128/91. Isramilda, Deskawaty, F., & Vela Zhafira, A. (2023). Efektivitas Terapi Musik Instrumental Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau Kepulauan Dalam Menyusun Skripsi. Zona Kedokteran: Program Studi PendidikanDokterUniversitasBatam,13(2),342–349. https://doi.org/10.37776/zked.v13i2.1174 Julika, S., & Setiyawati, D. (2019). Hubungan antara Kecerdasan Emosional, Stres Akademik, dan Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(1), 50. https://doi.org/10.22146/gamajop.47966 Kacem, I., Kahloul, M., El Arem, S., Ayachi, S., Hafsia, M., Maoua, M., Ben Othmane, M., El Maalel, O., Hmida, W., Bouallague, O., Ben Abdessalem, K., Naija, W., & Mrizek, N. (2020). Effects of music therapy on occupational stress and burnout risk ofoperatingroomstaff.LibyanJournalofMedicine,15(1). https://doi.org/10.1080/19932820.2020.1768024 Keperawatan, F. I., & Padjadjaran, U. (2008). Terapi Musik Pada Kelompok Remaja. 1–19. Khadijah, L. P. (2023). Efektivitas Terapi Musik Untuk Menurunkan Tingkat Stres Dan Kecemasan pada pasien stroke. Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(3), 91–95. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Detector/article/download/2101/2066 Kusumadewi, S., Wahyuningsih, H., Informatika, T., Indonesia, U. I., Indonesia, U. I., & Korespondensi, P. (2020). Model Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Untuk Penilaian Gangguan Depresi , Kecemasan Dan Stress Berdasarkan Dass-42 Group Decision Support System Model for Assessment of Depression , Anxiety and Stress DisordersBasedonDass-42.7(2), 219–228. https://doi.org/10.25126/jtiik.202071052 Made Artha Putra Widana, G Nur Widya Putra, P. W. R. (2022). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Dalam Menyusun. Jurnal Kesehatan MIDWINERSLION, 7(September), 1–7. Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat pertama fakultas psikologi universitas diponegorosemarang.JurnalEMPATI,5(2),296–302. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15224 Mutakamilah, M., Wijoyo, E. B., Yoyoh, I., & ... (2021). Pengaruh Terapi Musik terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Mahasiswa Selama Proses Penyusunan Tugas Akhir: LiteratureReview.JurnalBeritaIlmu…,14(2),120–132. https://journals.ums.ac.id/index.php/BIK/article/view/13670 Oktiarini, D. A. (2018). Kajian Teori stres Akademik. Fakultas Psikologi UMP, 14–32. Papinczak, Z. E., Dingle, G. A., Stoyanov, S. R., Hides, L., & Zelenko, O. (2015). Young people’s use of music for well-being. Journal of Youth Studies, 18(9), 1119–1134. https://doi.org/10.1080/13676261.2015.1020935 Putri, P. K., Risnawati, E., & Avati, P. (2022). Stress Akademik Mahasiswa Semester Awal Dan Mahasiswa Semester Akhir: Studi Komparatif Dalam Situasi Pembelajaran Daring.JurnalPsikologi :MediaIlmiahPsikologi,20(2). https://doi.org/10.47007/jpsi.v20i2.232 Riyana, A., & Somantri, I. (2021). Jurnal medika cendikia. Tingkat Kepatuhan Protokol Kesehatan Masyarakat Dalam Menerapkan Aturan Kesehatan Semasa Pandemi Covid-19, 08, 57–65 Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (BimbinganDanKonselingTeoriDanPraktik),1(2),43. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52 Tyasrinestu, F., & Royke Koapaha, dan B. (2018). Pengaruh Musik terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Anak Muda. Resital, 19(1), 28–34. Yuan, W., Zhang, L. F., & Yuan, W. (2017). Thinking styles and academic stress coping among Chinese secondary school students. Educational Psychology, 37(8), 1015–1025. https://doi.org/10.1080/01443410.2017.1287343 Yuda, M. P., Mawarti, I., & Mutmainnah, M. (2023). Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. 38 Pinang Masak Nursing Journal, 2(1), 38–42.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5071
dc.description.abstractSebagai Mahasiswa tentunya tidak menutup kemungkinan juga memiliki permasalahan tersendiri di dalam dirinya mulai dari berbagai macam kegiatannya sebagai mahasiswa, berbagai beban perkuliahan, manajemen waktu yang kurang efektif, deadline tugas yang dekat, serta berbagai macam ujian sehingga dapat menyebabkan stres akademik pada mahasiswa. Ketika menghadapi stres tentunya banyak sekali hal yang dapat dilakukan untuk dapat setidaknya menurunkan tingkat stres yang dirasakan, salah satunya dengan cara mendengarkan musik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Berdasarkan hasil output dari uji wilcoxon signed rank test dan uji mann whitney u pada penelitian ini menunjukkan hasil sebesar 0,65 yang berarti lebih besar dari 0,05 yang berarti Ho dinyatakan diterima dan Ha dinyatakan ditolak. Hasil penelitian dapat diartikan bahwa Mendengarkan musik tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan tingkat stres akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectMahasiswaid_ID
dc.subjectstres akademikid_ID
dc.subjectmendengarkan musikid_ID
dc.titlePENGARUH MENDENGARKAN MUSIK TERHADAP TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMURid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record