HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA SMP NEGERI SAMARINDA ULU
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara self-regulated learning dengan prestasi belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas 8. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat adanya hubungan positif antara Self-regulated Learning dengan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas 8. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 347 responden siswa dengan total keseluruhan populasi sebesar 1789 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data adalah dengan skala self-regulated learning dan studi dokumentasi penilaian pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA selama 2 bulan. Analisis data dengan menggunakan metode korelasi product moment dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan nilai koefesien korelasi sebesar 0,670 yang masuk kategori sedang dan nilai p = 0,000 (p<0,050). Hal ini berarti hipotesis terbukti bahwa ada korelasi yang positif antara self-regulated learning dengan prestasi belajar IPA,
maknanya semakin tinggi self-regulated learning semakin tinggi pula prestasi belajar IPA yang dicapai oleh siswa.

