PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Banyaknya faktor yang muncul dari diri mahasiswa dan dari lingkungan sekitar mahasiswa, sering memberikan dampak pada mahasiswa menjadi merasa kurang percaya diri terhadap tugas yang dikerjakan, sering menunda mengerjakan tugas yang
di berikan, serta merasa kurang puas dengan nilai yang di dapatkan. Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara self-efficacy terhadap prokrastinasi akademik pada Mahasiswa Universitas di Kota Samairnda. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner self-efficacy dari aspek-aspek Albert Bandura dan prokrastinasi akademik dari Ferrari yang diadaptasi oleh Rifaldi (2020). Penelitian ini menggunakan sampel 150 Mahasiswa Universitas di Kota Samarinda. Dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy mampu memprediksi prokrastinasi akademik pada Mahasiswa Universitas di Kota Samarinda dengan kontribusi sebesar 50,6% dan memiliki arah pengaruh negatif yang artinya semakin tinggi self efficacy maka semakin rendah prokrastinasi akademik.

