Show simple item record

dc.contributor.authorNabilah, Roidatun
dc.date.accessioned2025-08-27T06:04:29Z
dc.date.available2025-08-27T06:04:29Z
dc.date.issued2024-07-26
dc.identifier.citationAndarwati, L. (2016). Citra diri ditinjau dari intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram pada siswa kelas XI Sma N 9 Yogyakarta. E-jurnal bimbingan dan konseling, 1, 1–12. Anggraeni, E., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh media sosial dan status ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 172–180. Anggraini, I. (2019). Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku konsumtif online shopping pada wanita usia dewasa awal. Universitas Negeri Jakarta, 1–154. Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif. Jurnal Psikologi, 12(1), 34–42. Azwar. (2021). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bilgin, Y. (2018). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148. https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229 Chita, R. C. M., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan antara self-control dengan perilaku konsumtif online shopping produk fashion pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal e-Biomedik, 3(1). https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7124 Damayanti, N. A., & Harti. (2014). Pengaruh tingkat keaktifan penggunaan jejaring sosial terhadap perilaku konsumtif siswa Sman 9 Surabaya dalam berbelanja online. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(3), 1–14. Databoks. (2023). Produk yang Dibeli Responden Melalui Media Sosial. Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/28/ini-produk-yang-banyak- dibeli-konsumen-indonesia-lewat-media-sosial Datareportal. (2023). Digital 2023: Indonesia. Diambil dari https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia Fitri, W., Putri, J. S., Putri, J. S., Fadhilah, F., Fadhilah, F., Elvina, S. N., & Elvina, S. N. (2022). Perilaku konsumtif mahasiswa Uin Imam Bonjol Padang pengguna Shopee di masa pandemi Covid-19. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 13(2), 86–95. https://doi.org/10.15548/alqalb.v13i2.4250 Ghozali. (2009). Aplikasi Analisis dengan program SPSS. Semarang: Universitas Dipenogoro. Gunawan, H., Anggraeni, I., & Nurrachmawati, A. (2021). Hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan kesehatan mental mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(2), 282. https://doi.org/10.22487/preventif.v12i2.283 Hadi, S. (2000). Panduan Manual Program Statistik (SPS) 2000. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada. Haryani, I., & Herwanto, J. (2015). Hubungan konformitas dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap produk kosmetik pada mahasiswi. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 11(1), 5–6. Haryono, P. (2014). Hubungan gaya hidup dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada remaja siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4), 268–273. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i4.3674 Hefrina Rinjani, & Firmanto, A. (2013). Kebutuhan afiliasi dengan intensitas mengakses Facebook pada remaja, 01(01), 76–85. Hidayah, N., & Bowo, P. A. (2019). Pengaruh uang saku, locus of kontrol, dan lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1025–1039. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28337 Hidayatun, U. (2015). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas IX Sma Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi. Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel statistik yang benar. Jurnal Darul Dakwah Wal- Irsyad (DDI), (18210047), 1–12. Kredivo. (2023). Kredivo Catatkan Pertumbuhan Transaksi Merchant Offline 77% pada Semester I-2023. Diambil dari https://keuangan.kontan.co.id/news/kredivo-catatkan- pertumbuhan-transaksi-merchant-offline-77-pada-semester-i-2023 Kusumaningtyas, I., & Sakti, N. C. (2017). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI Ips di Sma Negeri 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3), 1–8. Liany, A. (2016). Social Media Deviation. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera. Lina, & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsumtif berdasar locos of control pada remaja putri. Psikologika, 2(4), 5–13. Miranda, S. (2017). Pengaruh Instagram sebagai media online shopping fashion terhadap perilaku konsumtif mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unive rsitas Riau. Jom Fisip, 4(1), 1–14. Diambil dari https://beritagar.id/artikel/sains- Nursalam, Nurbaya, & Arifin, J. (2016). Konstruksi sosial media komunikasi Instagram terhadap pola pikir perilaku Mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Jurnal equilibrium, IV No.2, 233–242. Olufadi, Y. (2016). Social networking time use scale (SONTUS): A new instrument for measuring the time spent on the social networking sites. Telematics and Informatics, 33(2), 452–471. Diambil dari https://doi.org/10.1016/j.tele.2015.11.002 Patricia, N., & Handayani, S. (2014). Pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif pada pramugari maskapai penerbangan “X.” Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(1), 10–17. Primadhyta, S. (2015). Generasi Millenial RI Paling Impulsif Belanja Barang Mewah. CNN Indonesia. Diambil dari https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20151102182452- 92-88999/generasi-millenial-ri-paling-impulsif-belanja-barang-mewah Rahmadurin, A., Kusmaningrum, A., Sajidha, A., & Lailla, N. (2023). Pengaruh Corporate Social Responbility (Csr), pertumbuhan ekonomi, profitabilitas terhadap kesejahteraan masyarakat dilingkungan Pt Sukses Mitra Sejahtera. Jurnal Ekonomi Bismis, Manajemen dan Akutansi, 2(2), 89. Diambil dari http://www.nber.org/papers/w16019 Rismana, A., Normelani, E., & Adyatma, S. (2016). Pengaruh jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi sekolah menengah pertama (SMP) di Kecamatan Banjarmasin Barat. Pendidikan Geografi, 3(5), 38–50. Safira, S. D. (2019). Hubungan antara afiliasi dan kepribadian ekstraversi dengan intensitas penggunaan jejaring sosial pada remaja. Skripsi. Sandya, A. P. (2016). Hubungan intensitas penggunaan jejaring sosial dan faktor pendorong kehadiran publik terhadap partisipasi politik dalam perbincangan politik berbentuk meme. Skripsi, 4(3), 1–3. Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development. Jakarta: Erlangga. Sari, F. M. (2021). Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau. Skripsi, hlm.14-17. Selang, C. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal Emba, 71(3), 71–80. Seo, E. J., & Park, J. W. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry. Journal of Air Transport Management, 66, 36–41. Sharon, S., & Adams, M. (2013). The influence of social networking sites on buying behaviors of millennials. Atlantic Marketing Journal, 2(1). Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan. Bandung: Alfabeta. Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2016). Konsep diri, konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02). https://doi.org/10.30996/persona.v4i02.556 Syahri, A. A. (2014). Statistika pendidikan. Sigma (suara intelektual gaya matematika), 6, 121–129. Yuliantari, M. I., & Herdiyanto, Y. K. (2015). Hubungan konformitas dan harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 89–99. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i01.p09id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5097
dc.description.abstractPenelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara intensitas pengunaan media sosial dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode uji regresi linier sederhana. Subjek pada penelitian ini yakni mahasiswa/i UMKT yang berusia 18 - 24 tahun. Jenis pengambilan sampel digunakan non probability sampling menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan skala likert sebagai pengumpulan data. Skala yang mengukur intensitas penggunaan media sosial terdiri dari 29 item dan mendapat Cronbach Alpha senilai 0,954. Kemudian skala yang mengukur perilaku konsumtif terdiri dari 23 item dengan reliabilitas sebesar 0,899. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi atau Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,005, dapat diartikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku konsumtif. Hasil R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,335 yang artinya terdapat 33,5% pengaruh intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku konsumtif. Sedangkan 66,5 % dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti pada penelitian ini.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectntensitas penggunaan media sosialid_ID
dc.subjectperilaku konsumtifid_ID
dc.subjectmahasiswaid_ID
dc.titlePENGARUH ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMURid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record