HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN KETIDAKJUJURAN AKADEMIK PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH MUARA BADAK
Abstract
Adanya kecenderungan untuk tidak segera memulai ketika menghadapi suatu tugas merupakan indikasi dari perilaku menunda dan kelalaian dalam mengatur waktu. Pelaku prokrastinasi akademik pada umumnya mengerjakan tugas pada menit terakhir batas pengumpulan tugas dan dapat membuat mereka merasa panik, perasaan panik tersebut dapat menyebabkan siswa membuat keputusan buruk yakni perilaku ketidakjujuran akademik. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan antara Prokrastinasi Akademik dengan Ketidakjujuran Akademik pada Siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara prokrastinasi akademik dengan ketidakjujuran akademik. Sampel sebanyak 73 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh diolah menggunakan teknik koefisien korelasi product moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisa koefesien korelasi sebesar 0,024 pada taraf signifikan 0,002 berarti p<0,05, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan antara Prokrastinasi Akademik dengan Ketidakjujuran Akademik pada siswa.

