PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PENERIMAAN DIRI PADA ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II TENGGARONG
Abstract
Penerimaan Diri bagi anak binaan merupakan hal yang perlu dimiliki agar anak binaan bisa mencintai segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya. Sedangkan bagi anak binaan penerimaan diri merupakan yang mungkin sukar untuk bisa dimiliki karena kondisi yang dialaminya. Banyak sekali faktor yang mendukung terciptanya penerimaan diri pada anak binaan. Dukungan Keluarga merupakan salah satu faktor yang bisa membuat anak binaan bisa menerima dirinya sepenuhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap penerimaan diri pada anak binaan di LPKA Kelas II Tenggarong. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel 68 anak binaan di LPKA Kelas II Tenggarong. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner yang disebarkan secara offline. Metode analisis menggunakan analisis kuantitatif dan diukur dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan variable dukungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap penerimaan diri pada anak binaan di LPKA Kelas II Tenggarong ditentukan dengan nilai thitung sebesar 5.249 > ttabel 1.668 dengan signifikasi p
= 0,000 (<0.05). Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa 29,5% variable dukungan keluarga mempengaruhi variable penerimaan diri, sedangkan 70,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Bagi anak binaan di LPKA Dukungan Keluarga sangatlah penting dibutuhkan agar mereka dapat memiliki penerimaan diri yang baik selama menjalani masa hukuman atau seletah keluar dari LPKA nanti.

