PENGARUH SOCIAL COMPARISON TERHADAP KONSEP DIRI AKADEMIK MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Mahasiswa merupakan individu yang melanjutkan pendidikan di tingkat universitas serta memiliki tanggung jawab yang besar dalam mencapai pembelajaran dan berdaya saing. konsep diri akademik yang baik diperlukan untuk para mahasiswa. Konsep diri akademik melibatkan pandangan diri, keyakinan diri, dan penilaian terhadap pencapaian mereka dalam bidang akademik, untuk meraih prestasi akademik. Mahasiswa seringkali terlibat dalam social comparison hal ini dikarenakan mahasiswa merasa harus bersaing satu sama lain. Seseorang sering melakukan social comparison untuk mengevaluasi situasi sosial mereka sendiri, kemudian membandingkan diri dengan teman sebayanya melalui platform media sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh social comparison terhadap konsep diri akademik. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 401 mahasiswa tingkat universitas di Kota Samarinda serta aktif dalam penggunaan media sosial. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling jenis purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala konsep diri akademik terdiri dari 12 item dan skala social comparison 6 item. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,015(p <0,05) yang berarti hipotesis dalam
penelitian ini diterima. Besaran kontribusi social comparison terhadap konsep diri akademik yaitu sebesar 1,5%. Dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,140, yang berarti terdapat pengaruh negatif antara social comparison terhadap konsep diri akademik.

