Show simple item record

dc.contributor.authorKumalasari, Rizka
dc.date.accessioned2025-09-02T01:43:54Z
dc.date.available2025-09-02T01:43:54Z
dc.date.issued2024-07-15
dc.identifier.citationAuliannisa, S., & Hatta, M. I. (2021). Hubungan social comparison dengan gejala depresi pada mahasiswa pengguna Instagram. Jurnal Riset Psikologi, 147-153. https://doi.org/10.29313/jrp.v1i2.561 Aziza, N. (2023). Metodologi penelitian 1: deskriptif kuantitatif. Bandung: Media Sains Indonesia. Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Tiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bashir, H., & Bhat, S. A. (2017). Effects of social media on mental health: A review. International Journal of Indian Psychology, 4(3), 125-131. Budiarsih, A. P. (2016). Studi kasus konsep diri akademik siswa sekolah dasar. Cindy, M.A. (Februari,2022). Kadata Media Network:databooks. Di unduh dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/berapa-lama-masyarakat- global-akses-medsos-setiap-hari tanggal 4 Desember 2023 Dhatu, O. M., & Ediati, A. (2015). Konsep diri akademik dan motivasi berprestasi pada siswa SMP N 24 purworejo. Jurnal Empati, 4(4), 233-238. https://doi.org/10.14710/empati.2015.14348 Elbadiansyah, E. (2018). Mengelola perguruan tinggi yang berkualitas dengan memaksimalkan tridharma perguruan tinggi. CENDEKIA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 247-257. Fauziah, S., Hacantya, B. B., Paramita, A. W., & Saliha, W. M. (2020). Kontribusi penggunaan media sosial dalam perbandingan sosial pada anak-anak akhir. Psycho Idea, 18(2), 91-103. http://dx.doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.7145 Feinstein, B. A., Hershenberg, R., Bhatia, V., Latack, J. A., Meuwly, N., & Davila, J. (2013). Negative social comparison on Facebook and depressive symptoms: Rumination as a mechanism. Psychology of popular media culture, 2(3), 161. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/a0033111 Festinger, L. (1954). A Theory of Social Comparison Processes. Human Relations. Guyer, J., & Vaughan-Johnston, T. (2018). Upward and downward social comparisons: A brief historical overview. Encyclopedia of personality and individual differences, 10, 978-973. http://dx.doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8_1912-1 Haswar, A., Arif, E., & Irfan, Z. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Bagi Penyuluh Pertanian Di Kabupaten Agam. Jurnal Niara, 15(1), 39-46. https://doi.org/10.31849/niara.v15i1.7471 Handikasari, R. H., Jusuf, I., & Johan, A. (2018). Hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan gejala depresi mahasiswa kedokteran (studi pada mahasiswa kedokteran tingkat akhir yang menggunakan kurikulum modul terintegrasi) (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine). Jansen, M., Boda, Z., & Lorenz, G. (2022). Social comparison effects on academic self- concepts—which peers matter most?. Developmental Psychology, 58(8), 1541. https://doi.org/10.1037/dev0001368 Liu, W. C., Wang, C. K. J., & Parkins, E. J. (2005). A longitudinal study of students' academicself‐concept in a streamed setting: The Singaporecontext. British Journal of Educational Psychology, 75(4), 567-586. https://doi.org/10.1348/000709905x42239 Lianawati, L. (2008). Perbandingan Sosial. Metamorfosis, 2(11), 220337. Marheni, A. K. (2022). Kepercayaan diri mahasiswa/i Angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma. Solution: Journal of Counselling and Personal Development, 4(1), 58-66. Marsh, H. W., Smith, I. D., & Barnes, J. (1985). Multidimensional self-concepts: relations with sex and academic achievement. Journal of Educational Psychology, 77(5), 581–596. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.77.5.581 Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools, 43(3), 267-281. Mediawati, E. (2010). Pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen terhadap prestasi belajar. Dinamika Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4922 Micari, M., & Pazos, P. (2014). Worrying about what others think: A social-comparison concerns intervention in small learning groups. Active learning in higher education, 15(3), 249-262. https://doi.org/10.1177/1469787414544874 Ordaz-Villegas, G., Acle-Tomasini, G., & Reyes-Lagunes, L. I. (2013). Development of an academic self concept for adolescents (ASCA) scale. Journal of Behavior, Health & Social Issues, 5(2), 117-130. https://doi.org/10.5460/jbhsi.v5.2.42304 Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka Panjaitan, M. E., & Rahmasari, D. (2021). Hubungan antara social comparison dengan subjectivewell-being pada Mahasiswi Psikologi Unesa Pengguna Instagram. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5), 1-14. Prabadewi, K. D. L., & Widiasavitri, P. N. (2014). Hubungan konsep diri akademik dengan motivasi berprestasi pada remaja awal yang tinggal di panti asuhan di denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 261-270. https://doi.org/10.1177/001872675400700202 Putri, O. D., Zurweni, Z., & Hamidah, A. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Konsep Diri Akademik Siswa: Model Rekonstruksi dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 602-610. Rizka, C. M., Ningsih, E. Y., & Kertopati, S. A. (2022). Pengaruh keterampilan sosial terhadap konsep diri akademik mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Inquary: Jurnal Ilmiah Psikologi, 13(01). https://doi.org/10.51353/inquiry.v13i01.664 Syachfira, N., & Nawangsih, E. (2020). Hubungan social comparison dan self-esteem pada mahasiswa pengguna instagram. Prosiding Psikologi, 6(2), 554-559. http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23136 Samiroh, S., & Muslimin, Z. I. (2015). Hubungan antarakonsep diri akademik dan perilaku menyontek pada Siswa-Siswi Mas Simbangkulon Buaranpekalongan. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 67-77. https://doi.org/10.19109/psikis.v1i2.569 Sahir. (2022). Metodologi Penelitian (Issue Januari) Sholihah, S. A., & Mariana, N. Deskripsi konsep diri akademik pada pembelajaran matematika di sekolah dasar berdasarkan sudut pandang kultural. ejournal.unesa.ac.id Shah, C., & Shah, C. (2017). Social media and social networking. Social Information Seeking: Leveraging the Wisdom of the Crowd, 29-42. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue Oktober). Stapleton, P., Luiz, G., & Chatwin, H. (2017). Generation validation: The role of social comparison in use of Instagram among emerging adults. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 20(3), 142-149. https://doi.org/10.1089/cyber.2016.0444 Swari, N. K. E. P., & Tobing, D. H. (2024). dampak perbandingan sosial pada pengguna media sosial: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(7), 853-863. https://doi.org/10.5281/zenodo.11194800 Blegur, J. (2017). Konsep diri akademik mahasiswa pascasarjana. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 226-233. Vogel, E. A., Rose, J. P., Roberts, L. R., & Eckles, K. (2014). Social comparison, social media, and self-esteem. Psychology of popular media culture, 3(4), 206. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/ppm0000047 Ommundsen, Y., Haugen, R., & Lund, T. (2005). Academic self ‐concept, implicit theories of ability, and self ‐regulation strategies. Scandinavian Journal of Educational Research, 49(5), 461-474.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5117
dc.description.abstractMahasiswa merupakan individu yang melanjutkan pendidikan di tingkat universitas serta memiliki tanggung jawab yang besar dalam mencapai pembelajaran dan berdaya saing. konsep diri akademik yang baik diperlukan untuk para mahasiswa. Konsep diri akademik melibatkan pandangan diri, keyakinan diri, dan penilaian terhadap pencapaian mereka dalam bidang akademik, untuk meraih prestasi akademik. Mahasiswa seringkali terlibat dalam social comparison hal ini dikarenakan mahasiswa merasa harus bersaing satu sama lain. Seseorang sering melakukan social comparison untuk mengevaluasi situasi sosial mereka sendiri, kemudian membandingkan diri dengan teman sebayanya melalui platform media sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh social comparison terhadap konsep diri akademik. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 401 mahasiswa tingkat universitas di Kota Samarinda serta aktif dalam penggunaan media sosial. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling jenis purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala konsep diri akademik terdiri dari 12 item dan skala social comparison 6 item. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,015(p <0,05) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Besaran kontribusi social comparison terhadap konsep diri akademik yaitu sebesar 1,5%. Dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,140, yang berarti terdapat pengaruh negatif antara social comparison terhadap konsep diri akademik.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectSocial comparisonid_ID
dc.subjectkonsep diri akademikid_ID
dc.subjectmahasiswaid_ID
dc.titlePENGARUH SOCIAL COMPARISON TERHADAP KONSEP DIRI AKADEMIK MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI KOTA SAMARINDAid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record