| dc.identifier.citation | Auliannisa, S., & Hatta, M. I. (2021). Hubungan social comparison dengan gejala depresi pada mahasiswa pengguna Instagram. Jurnal Riset Psikologi, 147-153. https://doi.org/10.29313/jrp.v1i2.561 Aziza, N. (2023). Metodologi penelitian 1: deskriptif kuantitatif. Bandung: Media Sains Indonesia. Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Tiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bashir, H., & Bhat, S. A. (2017). Effects of social media on mental health: A review. International Journal of Indian Psychology, 4(3), 125-131. Budiarsih, A. P. (2016). Studi kasus konsep diri akademik siswa sekolah dasar. Cindy, M.A. (Februari,2022). Kadata Media Network:databooks. Di unduh dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/berapa-lama-masyarakat- global-akses-medsos-setiap-hari tanggal 4 Desember 2023 Dhatu, O. M., & Ediati, A. (2015). Konsep diri akademik dan motivasi berprestasi pada siswa SMP N 24 purworejo. Jurnal Empati, 4(4), 233-238. https://doi.org/10.14710/empati.2015.14348 Elbadiansyah, E. (2018). Mengelola perguruan tinggi yang berkualitas dengan memaksimalkan tridharma perguruan tinggi. CENDEKIA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 247-257. Fauziah, S., Hacantya, B. B., Paramita, A. W., & Saliha, W. M. (2020). Kontribusi penggunaan media sosial dalam perbandingan sosial pada anak-anak akhir. Psycho Idea, 18(2), 91-103. http://dx.doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.7145 Feinstein, B. A., Hershenberg, R., Bhatia, V., Latack, J. A., Meuwly, N., & Davila, J. (2013). Negative social comparison on Facebook and depressive symptoms: Rumination as a mechanism. Psychology of popular media culture, 2(3), 161. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/a0033111 Festinger, L. (1954). A Theory of Social Comparison Processes. Human Relations. Guyer, J., & Vaughan-Johnston, T. (2018). Upward and downward social comparisons: A brief historical overview. Encyclopedia of personality and individual differences, 10, 978-973. http://dx.doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8_1912-1 Haswar, A., Arif, E., & Irfan, Z. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Bagi Penyuluh Pertanian Di Kabupaten Agam. Jurnal Niara, 15(1), 39-46. https://doi.org/10.31849/niara.v15i1.7471 Handikasari, R. H., Jusuf, I., & Johan, A. (2018). Hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan gejala depresi mahasiswa kedokteran (studi pada mahasiswa kedokteran tingkat akhir yang menggunakan kurikulum modul terintegrasi) (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine). Jansen, M., Boda, Z., & Lorenz, G. (2022). Social comparison effects on academic self- concepts—which peers matter most?. Developmental Psychology, 58(8), 1541. https://doi.org/10.1037/dev0001368 Liu, W. C., Wang, C. K. J., & Parkins, E. J. (2005). A longitudinal study of students' academicself‐concept in a streamed setting: The Singaporecontext. British Journal of Educational Psychology, 75(4), 567-586. https://doi.org/10.1348/000709905x42239 Lianawati, L. (2008). Perbandingan Sosial. Metamorfosis, 2(11), 220337. Marheni, A. K. (2022). Kepercayaan diri mahasiswa/i Angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma. Solution: Journal of Counselling and Personal Development, 4(1), 58-66. Marsh, H. W., Smith, I. D., & Barnes, J. (1985). Multidimensional self-concepts: relations with sex and academic achievement. Journal of Educational Psychology, 77(5), 581–596. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.77.5.581 Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools, 43(3), 267-281. Mediawati, E. (2010). Pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen terhadap prestasi belajar. Dinamika Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4922 Micari, M., & Pazos, P. (2014). Worrying about what others think: A social-comparison concerns intervention in small learning groups. Active learning in higher education, 15(3), 249-262. https://doi.org/10.1177/1469787414544874 Ordaz-Villegas, G., Acle-Tomasini, G., & Reyes-Lagunes, L. I. (2013). Development of an academic self concept for adolescents (ASCA) scale. Journal of Behavior, Health & Social Issues, 5(2), 117-130. https://doi.org/10.5460/jbhsi.v5.2.42304 Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka Panjaitan, M. E., & Rahmasari, D. (2021). Hubungan antara social comparison dengan subjectivewell-being pada Mahasiswi Psikologi Unesa Pengguna Instagram. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5), 1-14. Prabadewi, K. D. L., & Widiasavitri, P. N. (2014). Hubungan konsep diri akademik dengan motivasi berprestasi pada remaja awal yang tinggal di panti asuhan di denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 261-270. https://doi.org/10.1177/001872675400700202 Putri, O. D., Zurweni, Z., & Hamidah, A. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Konsep Diri Akademik Siswa: Model Rekonstruksi dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 602-610. Rizka, C. M., Ningsih, E. Y., & Kertopati, S. A. (2022). Pengaruh keterampilan sosial terhadap konsep diri akademik mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Inquary: Jurnal Ilmiah Psikologi, 13(01). https://doi.org/10.51353/inquiry.v13i01.664 Syachfira, N., & Nawangsih, E. (2020). Hubungan social comparison dan self-esteem pada mahasiswa pengguna instagram. Prosiding Psikologi, 6(2), 554-559. http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23136 Samiroh, S., & Muslimin, Z. I. (2015). Hubungan antarakonsep diri akademik dan perilaku menyontek pada Siswa-Siswi Mas Simbangkulon Buaranpekalongan. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 67-77. https://doi.org/10.19109/psikis.v1i2.569 Sahir. (2022). Metodologi Penelitian (Issue Januari) Sholihah, S. A., & Mariana, N. Deskripsi konsep diri akademik pada pembelajaran matematika di sekolah dasar berdasarkan sudut pandang kultural. ejournal.unesa.ac.id Shah, C., & Shah, C. (2017). Social media and social networking. Social Information Seeking: Leveraging the Wisdom of the Crowd, 29-42. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue Oktober). Stapleton, P., Luiz, G., & Chatwin, H. (2017). Generation validation: The role of social comparison in use of Instagram among emerging adults. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 20(3), 142-149. https://doi.org/10.1089/cyber.2016.0444 Swari, N. K. E. P., & Tobing, D. H. (2024). dampak perbandingan sosial pada pengguna media sosial: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(7), 853-863. https://doi.org/10.5281/zenodo.11194800 Blegur, J. (2017). Konsep diri akademik mahasiswa pascasarjana. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 226-233. Vogel, E. A., Rose, J. P., Roberts, L. R., & Eckles, K. (2014). Social comparison, social media, and self-esteem. Psychology of popular media culture, 3(4), 206. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/ppm0000047 Ommundsen, Y., Haugen, R., & Lund, T. (2005). Academic self ‐concept, implicit theories of ability, and self ‐regulation strategies. Scandinavian Journal of Educational Research, 49(5), 461-474. | id_ID |