Show simple item record

dc.contributor.authorNanda Yudistirra Sugondo, Satria
dc.date.accessioned2025-09-03T01:54:35Z
dc.date.available2025-09-03T01:54:35Z
dc.date.issued2024-07-13
dc.identifier.citationAbdullah, P. M. (2015). Living In The World That Is Fit For Habitation : CCI’s ecumenical and religious relationships. In Aswaja Pressindo. Aminah, A., Sobari, T., & Fatimah, S. (2021). Hubungan self efficacy dengan kematangan karier peserta didik kelas xii Sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(1), 39. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.5907 Anggraini, L. (2019). Pengaruh efikasi diri terhadap kematangan karier siswa kelas XII Di SMK N 6 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(5), 401–409. Azwar, S. (1994). analisis Item. Buletin Psikologi, 2, 26–33. Bandura, A. (1997). Albert Bandura Self-Efficacy: The Exercise of Control. In Contemporary Psychology (Vol. 43, Issue 9, pp. 601–602). Badan Pusat Statistik. (2023). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2020-2022. https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran- terbuka- berdasarkan-tingkat-pendidikan.html Claudia, L. (2018). Hubungan efikasi diri dengan kematangan karir siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15334 Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2023). https://dapo.kemdikbud.go.id/pd/2/166000 Efendi, R. (2013). Self efficacy: Studi indigenous pada guru bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(2). Fatimah, M., Sartika, D., & Permana, R. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap kematangan karier siswa kelas XII SMKN 9 Bandung. Jurnal Psikologi, 7(2), 340–346. Fitriyana, A. N., Kurjono, K., & Santoso, B. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap kematangan karir siswa smk. Jurnal Education and Development, 9(3), 61-65. Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem pendidikan nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48 Hamidah, F. Wi. (2023). Pengaruh self efficacy terhadap kematangan karir mahasiswa BKI tingkat akhir UIN Surakarta. Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “self efficacy” dengan perilaku mencontek mahasiswa psikologi. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 28(1), 103. https://doi.org/10.29313/mimbar.v28i1.344 Ratnaningsih, I. Z., Kustanti, E. R., Prasetyo, A. R., & Fauziah, N. (2017). Kematangan karier siswa smk ditinjau dari jenis kelamin dan jurusan. Humanitas, 13(2), 112. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i2.6067 Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karir Teori Dan Strategi Memilih Jurusan Dan Merencanakan Karier. Savickas, M. L. (2001). A Developmental perspective on vocational behaviour : career patterns , salience , and themes perspective on vocational choice and work adjustment . In the middle of the perspective on occupations and workers ignored the longitudinal vantage. Development, 49–57. Sandroto, C. W. (2021). Pelatihan: pentingnya soft skill untuk kesuksesan kerja bagi siswa-siswi sekolah menengah kejuruan. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 298. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.298-305 Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April). Super, D. E. (1977). Vocational maturity in mid‐career. vocational guidance quarterly, 25(4), 294–302. https://doi.org/10.1002/j.2164- 585x.1977.tb01242.x Super, D. E. (1980). A life-span, life-space approach to career development. Journal of Vocational Behavior, 16(3), 282–298. https://doi.org/10.1016/0001- 8791(80)90056-1 Uyun, M., & Yoseanto, B. L. (2022). Seri Buku Psikologi: Pengantar metode penelitian kuantitatif.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5122
dc.description.abstractSekolah Menengah Kejuruan adalah adalah pendidikan yang mempersiapkan peserta didiknya untuk bekerja di bidang yang sesuai dengan kejuruan yang ditempuh. Namun data Tingkat Pengangguran Terbuka dari badan pusat statistik melaporkan bahwa pengangguran di Indonesia berjumlah 8,42 juta orang dan mayoritas merupakan lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Faktor penyebab tingginya angka pengangguran SMK salah satunya karena siswa masih belum memiliki Kematangan karir yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Efficacy terhadap kematangan karir siswa SMK di Samarinda. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan instrumen penelitian berupa skala likert dengan media google form. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK yang berada di Samarinda. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 211 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini ialah skala likert Self-Efficacy dan skala Kematangan karir yang disusun oleh Hamidah (2023). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dengan hubungan positif antara Self-Efficacy dan Kematangan karir pada siswa SMK di Samarinda dengan nilai presentase sebesar 51,2%. Kematangan karir dan Self-Efficacy siswa SMK di Samarinda berada dalam kategori sedang.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectSelf-Efficacyid_ID
dc.subjectKematangan Karirid_ID
dc.subjectSiswa SMKid_ID
dc.titlePENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMATANGAN KARIR SISWA SMK DI SAMARINDAid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record