| dc.identifier.citation | Abdullah, P. M. (2015). Living In The World That Is Fit For Habitation : CCI’s ecumenical and religious relationships. In Aswaja Pressindo. Aminah, A., Sobari, T., & Fatimah, S. (2021). Hubungan self efficacy dengan kematangan karier peserta didik kelas xii Sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(1), 39. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.5907 Anggraini, L. (2019). Pengaruh efikasi diri terhadap kematangan karier siswa kelas XII Di SMK N 6 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(5), 401–409. Azwar, S. (1994). analisis Item. Buletin Psikologi, 2, 26–33. Bandura, A. (1997). Albert Bandura Self-Efficacy: The Exercise of Control. In Contemporary Psychology (Vol. 43, Issue 9, pp. 601–602). Badan Pusat Statistik. (2023). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2020-2022. https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran- terbuka- berdasarkan-tingkat-pendidikan.html Claudia, L. (2018). Hubungan efikasi diri dengan kematangan karir siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15334 Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2023). https://dapo.kemdikbud.go.id/pd/2/166000 Efendi, R. (2013). Self efficacy: Studi indigenous pada guru bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(2). Fatimah, M., Sartika, D., & Permana, R. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap kematangan karier siswa kelas XII SMKN 9 Bandung. Jurnal Psikologi, 7(2), 340–346. Fitriyana, A. N., Kurjono, K., & Santoso, B. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap kematangan karir siswa smk. Jurnal Education and Development, 9(3), 61-65. Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem pendidikan nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48 Hamidah, F. Wi. (2023). Pengaruh self efficacy terhadap kematangan karir mahasiswa BKI tingkat akhir UIN Surakarta. Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “self efficacy” dengan perilaku mencontek mahasiswa psikologi. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 28(1), 103. https://doi.org/10.29313/mimbar.v28i1.344 Ratnaningsih, I. Z., Kustanti, E. R., Prasetyo, A. R., & Fauziah, N. (2017). Kematangan karier siswa smk ditinjau dari jenis kelamin dan jurusan. Humanitas, 13(2), 112. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i2.6067 Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karir Teori Dan Strategi Memilih Jurusan Dan Merencanakan Karier. Savickas, M. L. (2001). A Developmental perspective on vocational behaviour : career patterns , salience , and themes perspective on vocational choice and work adjustment . In the middle of the perspective on occupations and workers ignored the longitudinal vantage. Development, 49–57. Sandroto, C. W. (2021). Pelatihan: pentingnya soft skill untuk kesuksesan kerja bagi siswa-siswi sekolah menengah kejuruan. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 298. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.298-305 Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April). Super, D. E. (1977). Vocational maturity in mid‐career. vocational guidance quarterly, 25(4), 294–302. https://doi.org/10.1002/j.2164- 585x.1977.tb01242.x Super, D. E. (1980). A life-span, life-space approach to career development. Journal of Vocational Behavior, 16(3), 282–298. https://doi.org/10.1016/0001- 8791(80)90056-1 Uyun, M., & Yoseanto, B. L. (2022). Seri Buku Psikologi: Pengantar metode penelitian kuantitatif. | id_ID |