PENGARUH SCHOOL WELL BEING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 8 SAMARINDA
Abstract
School well being merupakan keadaan di mana siswa dapat merasakan kenyamanan dan kebahagiaan dalam berpartisipasi di berbagai kegiatan sekolah, termasuk dengan proses pembelajaran serta pengembangan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh school well being terhadap motivasi belajar siswa SMAN 8 Samarinda. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara school well being terhadap motivasi belajar siswa SMAN 8 Samarinda. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 268 siswa dengan teknik sampling, simple random sampling. Penelitian ini
menggunakan 2 skala, diantaranya adalah skala school well being dan skala motivasi belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai p < 0,050. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh school well being terhadap motivasi belajar siswa SMAN 8 Samarinda,
dan pengaruh tersebut bersifat positif. Implikasi pada penelitian ini ialah penting bagi sekolah dalam meningkatkan aspek-aspek school well being agar siswa memiliki motivasi belajar yang baik sehinggadapat berprestasi.

