Show simple item record

dc.contributor.authorKumala, Merry
dc.date.accessioned2025-09-04T02:19:37Z
dc.date.available2025-09-04T02:19:37Z
dc.date.issued2024-07-16
dc.identifier.citationAnggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071 Anis Faristin, V., & Saptadi Ismanto, H. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA Factors Influencing High School Students’ Learning Motivation. PGRI Semarang; Jl. Sidodadi Timur No, 24(024), 8316377. Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hasanah, M., & Sutopo. (2020). Pengaruh School Well-Being terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif 7 Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 15(02), 114–123. Ikhwani, M. I., Ade, F. S., & Okfrima, R. (2023). School Well-Being dengan Motivasi Belajar Siswa Administrasi Perkantoran Kelas XI SMKN 3 Padang. Psyche 165 Journal, 16(2), 72–78. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v16i2.231 Irfan Syahroni, M. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 2(3), 43–56. https://doi.org/10.62552/ejam.v2i3.50 Isti, Y. H., Supriadi, & Gusti, B. A. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xii Ips Sma Islam Haruniyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(10), 1–8. Kalsum, U. (2019). Hubungan Antara School Well Being Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Sma Negeri 1 Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Kartasasmita, S. (2017). Hubungan antara School Well-Being dengan Rumination. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 248. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.358 Keyes, C. L. M., & Waterman, M. B. (2003). Dimensions of Well-Being and Mental Health in Adulthood (M. H. Bornstein, L. Davidson, C. L. M. Keyes, & K. A. Moore (eds.); 1st ed.). Konu, A., Alanen, E., Lintonen, T., & Rimpelä, M. (2002). Factor structure of the School Well-being Model. Health Education Research, 17(6), 732–742. https://doi.org/10.1093/her/17.6.732 Konu, A., & Rimpelä, M. (2002). Well-being in schools: a conceptual model. Health Promotion International, 17(1), 79–87. https://doi.org/10.1093/heapro/17.1.79 Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). The FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271 Latif, S., Pandang, A., & Rusniyanti. (2021). Analisis Motivasi Belajar Rendah Siswa Selama Masa Pandemi dan Penanganannya ( Studi Kasus di SMA Negeri 8 Makassar). Pinisi Journal Of Education, 3, 1–16. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25330 Nasution, A. R. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Air Joman. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 105–113. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.419 Nidianti, W. E., & Desiningrum, D. R. (2015). Hubungan Antara School Well-Being Dengan Agresivitas. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 4(1), 202–207. https://www.mendeley.com/catalogue/4e3cc7dc-f5ae-3560-8f2e-b1b02a870431/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7Bfe4a3f8a-a289-4b91-a1e3-12986f984ecb%7D Nurfaliza, N., & Hindrasti, N. E. K. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 96. https://doi.org/10.31258/jta.v4i1.96-107 Rambe, P. (2022). Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid 19. TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran Dan Isu-Isu Sosial, 1(2), 123. https://doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i2.18448 Rossa, V., & Efendi, D. A. (2020). Akibat Pandemi, 40 Persen Pelajar Indonesia Kehilangan Motivasi Belajar. Suara.Com. https://www.suara.com/health/2020/12/16/141248/akibat-pandemi-40-persen-pelajar-indonesia-kehilangan-motivasi-belajar Siti, S. M. rifah. (2018). 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46. Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428 Susanto, H. (2019). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DINIYAH PUTRI PEKANBARU (Issue 2). Tian, L., Liu, B., Huang, S., & Huebner, E. S. (2013). Perceived Social Support and School Well-Being Among Chinese Early and Middle Adolescents: The Mediational Role of Self-Esteem. Social Indicators Research, 113(3), 991–1008. https://doi.org/10.1007/s11205-012-0123-8 Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan (Cet. 11). Bumi Aksara. Yeni, D. F., Putri, S. L., & Setiawati, M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp N 1 X Koto Diatas. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 10(2), 133–140. https://doi.org/10.24127/pro.v10i2.6591 Yudharsyah, J., Kresnadi, H., & Suparjan. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas V Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–8.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5132
dc.description.abstractSchool well being merupakan keadaan di mana siswa dapat merasakan kenyamanan dan kebahagiaan dalam berpartisipasi di berbagai kegiatan sekolah, termasuk dengan proses pembelajaran serta pengembangan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh school well being terhadap motivasi belajar siswa SMAN 8 Samarinda. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara school well being terhadap motivasi belajar siswa SMAN 8 Samarinda. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 268 siswa dengan teknik sampling, simple random sampling. Penelitian ini menggunakan 2 skala, diantaranya adalah skala school well being dan skala motivasi belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai p < 0,050. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh school well being terhadap motivasi belajar siswa SMAN 8 Samarinda, dan pengaruh tersebut bersifat positif. Implikasi pada penelitian ini ialah penting bagi sekolah dalam meningkatkan aspek-aspek school well being agar siswa memiliki motivasi belajar yang baik sehinggadapat berprestasi.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectschool well beingid_ID
dc.subjectmotivasi belajarid_ID
dc.subjectsiswaid_ID
dc.titlePENGARUH SCHOOL WELL BEING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 8 SAMARINDAid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record