• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Psychology
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Psychology
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

HUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP STRES BELAJAR SISWA MENENGAH ATAS PASCA UJIAN KENAIKAN KELAS KOTA SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
COVER (1.658Mb)
BAB I (158.8Kb)
BAB II (267.2Kb)
BAB III (232.6Kb)
BAB IV (391.1Kb)
BAB V (146.0Kb)
DAFTAR PUSTAKA (367.1Kb)
LAMPIRAN (4.748Mb)
SKRIPSI (6.607Mb)
Date
2024-07-24
Author
HALLIZAH, AVICKA
Metadata
Show full item record
Abstract
Persiapan yang baik pasca ujian kenaikan kelas memiliki peranan penting dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan norma bagi siswa. Kurangnya persiapan dapat menyebabkan siswa meragukan kemampuan mereka dan mengalami stres, terutama ketika memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap diri sendiri. Dampak stres ini bisa terus berlanjut pasca ujian kenaikan kelas karena siswa masih merasa cemas mengenai hasil ujian yang telah dilakukan. Oleh karena itu, tingkat self-efficacy yang tinggi sangat diperlukan agar siswa memiliki keyakinan dalam mencapai hasil belajar yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 200 siswa sekolah menengah atas dengan kriteria laki-laki dan perempuan, siswa menengah atas pasca ujian kenaikan kelas di kota samarinda. Data dikumpulkan menggunakan skala likert untuk mengeksplorasi hubungan antara self-efficacy dan stres belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self-efficacy dan stres belajar (r = -0.222, p < 0.002). Dengan demikian, semakin tinggi self-efficacy siswa, semakin rendah tingkat stres belajar yang mereka alami, dan sebaliknya. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang pentingnya self-efficacy dalam mengurangi stres belajar siswa, serta menekankan pentingnya dukungan psikologis yang tepat dalam meningkatkan performa akademis siswa.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5139
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback