Show simple item record

dc.contributor.authorHALLIZAH, AVICKA
dc.date.accessioned2025-09-04T03:15:59Z
dc.date.available2025-09-04T03:15:59Z
dc.date.issued2024-07-24
dc.identifier.citationAjeng, A. O. D., Anita Sarniya, Ofrima Eka Saputri, Siregar, M., & Uswatul Hasni. (2023). Pembelajaran Berbasis Neurosains Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 42–57. https://doi.org/10.24239/abulava.vol4.iss1.99 Amaliyah, S., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2021). Gender Differences in the Relationship Between Anxiety, Self-Efficacy and Students Learning Outcomes on Chemistry Subject. Edusains, 13(1), 8–14. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.12991 Andari, I. D., Zulfiana, E., Harnawati, R. A., & Arisanti, N. L. (2022). Peningkatan Pengetahuan Tentang Teknik Relaksasi Akupresure Untuk Mengurangi Stres Belajar Pada Siswa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4478. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10824 Anggrini, D. (2021). Faktor-Faktor Pemicu Stres Pada Siswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Psikologi Malahayati, 3(1), 39–46. https://doi.org/10.33024/jpm.v3i1.3605 Aryani, F. (2016). Stres belajar suatu pendekatan dan intervensi konseling. http://eprints.unm.ac.id/2478/1/Buku - Stres Belajar.pdf Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800 Cahyani, D. I. G., & Mastuti, E. (2022). Pengaruh Self-efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa Perantau pada Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 789–798. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.36526 Code, J. (2020). Agency for Learning: Intention, Motivation, Self-Efficacy and Self-Regulation. Frontiers in Education, 5(February), 1–15. https://doi.org/10.3389/feduc.2020.00019 Djawad, W. M., Pandang, A., & Saman, A. (2021). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Stres Belajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VIII SMP Negeri Katumbangan Lemo. 020, 1–9. Hardianto, G., Erlamsyah, & Nurfarhanah. (2016). Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, 3(1), 22. https://doi.org/10.24036/02014312978-0-00 Hidayat, E. I., Ramli, M., & Setiowati, A. J. (2021). Pengaruh Self Eficacy, Self Esteem, Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(4), 635. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i4.14728 Kountul, Y. P. D., Kolibu, F. K., & Korompis, G. E. C. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal KESMAS, 7(5), 1–7. Kristensen, S. M., Larsen, T. M. B., Urke, H. B., & Danielsen, A. G. (2023). Academic Stress, Academic Self-efficacy, and Psychological Distress: A Moderated Mediation of Within-person Effects. Journal of Youth and Adolescence, 52(7), 1512–1529. https://doi.org/10.1007/s10964-023-01770-1 Kumalasari, I. (2019). Hubungan Antara Efikasi diri dan Religiusitas dengan Perilaku Menyontek. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 11–54. http://etheses.uin-malang.ac.id/723/10/10410141 Bab 2.pdf Oktariani. (2018). Peranan Self Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kognisi, 3(1), 41–50. Oktaviona, T. N., Herlina, & Sari, T. H. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Pada Mahasiswa Akhir. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 6(1), 26–32. https://doi.org/10.47539/jktp.v6i1.344 Olivera, P. C., Gordillo, P. G., Mejía, H. N., Taborga, I. L. F., Chacón, A. G., & Unzueta, A. S. (2023). Academic stress as a predictor of mental health in university students. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2232686 Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715. Revita, N. (2019). Hubungan Self Efficacy (Efikasi Diri) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VII SMPN 1 Tanah Putih Tahun Ajaran 2019/2020. In Skripsi. Rijal, D., Paudel, K., Adhikari, T. B., & Bhurtyal, A. (2023). Stress and coping strategies among higher secondary and undergraduate students during COVID-19 pandemic in Nepal. PLOS Global Public Health, 3(2), 1–13. https://doi.org/10.1371/journal.pgph.0001533 Saqib, M., Hisham-Ul-Hassan, K., Shadab, I., & Mehmood, N. (2023). Impact of Academic Stress on Secondary School Student’s Performance: A Qualitative Exploration. Journal of Asian Development Studies, 12(4), 1068–1079. https://doi.org/10.62345/jads.2023.12.4.85 Slimmen, S., Timmermans, O., Mikolajczak-Degrauwe, K., & Oenema, A. (2022). How stress-related factors affect mental wellbeing of university students A cross-sectional study to explore the associations between stressors, perceived stress, and mental wellbeing. PLoS ONE, 17(11 November), 1–16. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0275925 Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 130–143. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228 Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, 13(02), 235–239. https://jpsy165.org/ojs/index.php/jpsy165/article/view/84id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5139
dc.description.abstractPersiapan yang baik pasca ujian kenaikan kelas memiliki peranan penting dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan norma bagi siswa. Kurangnya persiapan dapat menyebabkan siswa meragukan kemampuan mereka dan mengalami stres, terutama ketika memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap diri sendiri. Dampak stres ini bisa terus berlanjut pasca ujian kenaikan kelas karena siswa masih merasa cemas mengenai hasil ujian yang telah dilakukan. Oleh karena itu, tingkat self-efficacy yang tinggi sangat diperlukan agar siswa memiliki keyakinan dalam mencapai hasil belajar yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 200 siswa sekolah menengah atas dengan kriteria laki-laki dan perempuan, siswa menengah atas pasca ujian kenaikan kelas di kota samarinda. Data dikumpulkan menggunakan skala likert untuk mengeksplorasi hubungan antara self-efficacy dan stres belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self-efficacy dan stres belajar (r = -0.222, p < 0.002). Dengan demikian, semakin tinggi self-efficacy siswa, semakin rendah tingkat stres belajar yang mereka alami, dan sebaliknya. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang pentingnya self-efficacy dalam mengurangi stres belajar siswa, serta menekankan pentingnya dukungan psikologis yang tepat dalam meningkatkan performa akademis siswa.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectSelf-Efficacyid_ID
dc.subjectStres Belajarid_ID
dc.subjectSiswa Menengah Atasid_ID
dc.titleHUBUNGAN SELF-EFFICACY TERHADAP STRES BELAJAR SISWA MENENGAH ATAS PASCA UJIAN KENAIKAN KELAS KOTA SAMARINDAid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record