Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Sulistiana
dc.date.accessioned2025-09-09T06:50:13Z
dc.date.available2025-09-09T06:50:13Z
dc.date.issued2025-01-23
dc.identifier.citationApriani, D., & Wisanti, E. (2023). EFEK EDUKASI PEER GROUP TERHADAP KESIAPAN ANAK SEKOLAH DASAR. 6(2), 133–138. Chasanah, S. U., & Sekarwati, N. (2023). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Kecemasan Remaja Putri Dalam Menghadapi Perubahan Fisik Pada Masa Pubertas Siswi Smp Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16(2), 8–15. Daniyati, K. P. (2021). Dukungan Ibu Dalam Menstrual Hygiene pada Remaja Tunagrahita. Learning Styles, 587(1), 5–6. https://tophat.com/glossary/l/learning-style/ Hamidah, S., & Rizal, M. S. (2022). Edukasi Kesehatan Reproduksi dan Perkembangan Remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik Jawa Timur. Journal of Community Engagement in Health, 5(2), 237–248. https://jceh.org/index.php/JCEH/article/view/384 Handayani, Y., Allo, O. A., & Kala, S. (2022). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi di Ruang Rawat Inap Bedah RS Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif. Hanifah, D. R. N. H., Dewi, M., & Yuseva, S. (2020). Hubungan antara Komunikasi Ibu dan Anak, Pola Asuh Orang Tua, dan Sumber Informasi dengan Kesiapan Menghadapi Menarche pada Remaja Awal. Journal of Issues in Midwifery, 4(3), 142–149. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2020.004.03.5 Kholifa, M. N. (2024). FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN MENARCHE DINI PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 1 WINONG. NUTRIZIONE(Nutrition Research and Development Journal), 04(01), 32–49. Larasati, N., Simanungkalit, S. F., & Puspareni, N. L. D. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Menarche Dini Pada Siswi Smp Setia Negara Depok Tahun 2018. Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(2), 143. https://doi.org/10.35842/mr.v14i2.251 Marques, P., Madeira, T., & Gama, A. (2022). Menstrual cycle among adolescents: girls’ awareness and influence of age at menarche and overweight. Revista Paulista de Pediatria, 40. https://doi.org/10.1590/1984-0462/2022/40/2020494 Mohammad Syaikhuddin. (2020). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Menarche Pada Anak Usia Sekolah Di Sd Negeri Nogotirto. Occupational Medicine, 53(4), 130. Nopiyani, D. (2022). Pengaruh Media Flipchart Tentang Anesthesia Spinal Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Di Rsu Pku Muhammadiyah Yogyakarta. 5(3), 17. Notoadmodjo, S., Kresno, S., Tafal, Z., Pratomo, H., Sasongko, A., Hassan, A., Damayanti, R., Krianto, T., Hadi, E. ., & Ayubi, D. (2018). Promosi Kesehatan: Teori dan Aplikasi (2018th ed.). PT. Rineka Cipta. Notoatmodjo. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Nurlaeli, H., Herman, M., & Indarto, H. (2021). Pengetahuan Dan Psikologi Anak Sd Kelas Atas Saat Menghadapi Menstruasi Pertama Kali. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 54–66. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/16654 Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis (P. P. Lestari (ed.); 5th ed.). Salemba Medika. Pawestri, P., Rejeki, S., & Yolanda, M. (2023). Family Support for Anxiety Facing Menarche in School-Age Children. Media Keperawatan Indonesia, 6(1), 39. https://doi.org/10.26714/mki.6.1.2023.39-45 Rahayu, E., & Veftisia, V. (2024). Hubungan Dukungan Ibu dengan Kecemasan Menghadapi Menarche Siswi di MI Miftahul Huda Sumberejo 01 Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2023. 6(2), 296–306. Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100. Setiowati, N. (2015). Hubungan Dukungan Ibu Dengan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V Dan Vi Mi Muhammadiyah Bonjor Tretep Temanggung. Skripsi. Skala Psikologi. (1972). Skala Kecemasan Nyata Anak-anak yang Direvisi (RCMAS). https://scales.arabpsychology.com/s/revised-childrens-manifest-anxiety-scale-rcmas/ Soulissa, E. S., Kasim, J., & Ismail. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Peran Orang Tua Tentang Toilet Training Pada Anak Usia Balita Di Paud Salsabilah Kabupaten Pangkep. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(4), 400. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kesehatan. Videbeck, S. L. (2019). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. EGC. WHO. (2024). Adolescent Health. https://www-who-int.translate.goog/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc&_x_tr_hist=true#tab=tab_1 Widat, F., Nisa’, A. K., Habibah, W., Mas’ula, W., Hosniah, N., Masnunah, J., & Hamidah, H. (2021). PKM Pendampingan Santri Nurul Jadid melalui Gerakan Literasi Cerdas dalam Membentuk Komunitas Pelajar Berkarakter Islam di Pondok Pesantren Nurul Jadid. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(2), 178–191. https://doi.org/10.33650/guyub.v2i2.2142 Yandrizal, D., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2024). Pengaruh Kegiatan Bina Keluarga Remaja Terhadap Akhlak Remaja Di Kelurahan Bukit Gado-Gado Kota Padang. 8(1).id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5174
dc.description.abstractLatar Belakang: “Penelitian ini menyoroti perubahan fisik dan emosional yang signifikan yang dialami oleh remaja putri selama masa pubertas, terutama selama menstruasi pertama mereka, yang sering kali dapat menyebabkan kecemasan, meliputi mengidentifikasi karakteristik responden dan ibu mereka, menilai dukungan ibu yang diberikan kepada siswa terkait menarche, dan menganalisis korelasi antara dukungan ibu dan tingkat kecemasan di antara siswa. Dukungan ibu diidentifikasi sebagai faktor penting dalam mengurangi kecemasan ini. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan ibu dan tingkat kecemasan yang dialami oleh siswi yang menghadapi menarche di SD Muhammadiyah 4 Samarinda. Metode: Penelitian ini menggunakan desain survei dengan teknik pengambilan sampel acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang menilai definisi operasional, dukungan ibu, dan Skala Kecemasan Anak yang Direvisi (RCMAS). Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil: Hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang menerima dukungan ibu yang kuat cenderung mengalami tingkat kecemasan yang lebih rendah. Secara khusus, bagi mereka yang memiliki dukungan ibu yang memadai, 81,4% melaporkan tingkat kecemasan sedang (nilai-p = 0,044), yang menunjukkan hubungan yang signifikan secara statistik antara dukungan ibu dan tingkat kecemasan. Jenis dukungan ibu, termasuk bantuan emosional, informasional, dan instrumental, memainkan peran penting dalam mengurangi kecemasan selama menarche. Kesimpulan: Dukungan ibu sangat penting dalam mengurangi kecemasan di kalangan siswi yang menghadapi menarche. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua, terutama ibu, untuk memberikan dukungan yang memadai melalui komunikasi terbuka dan informasi yang komprehensif tentang proses menstruasi. Temuan penelitian ini dapat menjadi dasar untuk meningkatkan program pendidikan kesehatan reproduksi di sekolah dan memberikan informasi yang berharga bagi penyedia layanan kesehatan.”id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectDukungan Ibuid_ID
dc.subjectKecemasanid_ID
dc.subjectMenarcheid_ID
dc.titleHubungan Dukungan Ibu dengan Tingkat Kecemasan pada Siswi Dalam Menghadapi Menarche di SD Muhammadiyah 4 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Mother's Support and the Level of Anxiety in Female Students Facing Menarche at Muhammadiyah 4 Elementary School, Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record