Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Siswa PMR SMAN 11 Samarinda
Abstract
Pelatihan pertolongan pertama Bantuan Hidup Dasar (BHD) memiliki peran penting dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menghadapi situasi darurat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan pertolongan pertama BHD terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan siswa Palang Merah Remaja (PMR) di SMA Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test terhadap 25 responden yang mengikuti pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan siswa setelah diberikan pelatihan, yang dibuktikan dengan nilai p-value < 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan BHD dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kesiapsiagaan siswa dalam memberikan pertolongan pertama pada kondisi darurat. Oleh karena itu, disarankan agar pelatihan serupa dilakukan secara berkala untuk mempertahankan dan meningkatkan keterampilan siswa dalam memberikan pertolongan pertama.

