Pengaruh Metode Edukasi Kombinasi Terhadap Perilaku Hand Hygiene pada Remaja di SMPN 39 Samarinda
Abstract
Latar Belakang: Masa remaja adalah periode kritis yang memerlukan perhatian khusus terhadap kebersihan diri, termasuk kebiasaan mencuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun dan teknik cuci tangan yang baik dan benar dapat memutus rantai penyebaran mikroorganisme penyebab penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode edukasi kombinasi terhadap perilaku cuci tangan pada remaja di SMPN 39 Samarinda.
Metode: Desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre- Experimental Design One Group Pretest-Posttest (tes awal- tes akhir kelompok tunggal). Populasi pada penelitian ini 60 orang dengan teknik total sampling. Instrumen yang di gunakan adalah kuesioner dan analisa data yang digunakan yaitu uji Dependent T-test.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p-value = 0,007 (p < 0,05), ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pre dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha gagal ditolak. sehingga ada pengaruh metode edukasi kombinasi terhadap perilaku cuci tangan pada remaja SMPN 39 Samarinda.
Kesimpulan: Ada pengaruh antara pemberian edukasi kombinasi cuci tangan terhadap perilaku.