Show simple item record

dc.contributor.authorAlfizar, Faris
dc.date.accessioned2025-10-09T03:18:10Z
dc.date.available2025-10-09T03:18:10Z
dc.date.issued2025-01-20
dc.identifier.citationAmin, M. Syahruddin. 2018. “Perbedaan Struktur Otak Dan Perilaku Belajar Antara Pria Dan Wanita; Eksplanasi Dalam Sudut Pandang Neuro Sains Dan Filsafat.” Jurnal Filsafat Indonesia 1(1):38. doi: 10.23887/jfi.v1i1.13973. Anggraini, Fitria Dewi Puspita, Aprianti, Vilda Ana Veria Setyawati, and Agnes Angelia Hartanto. 2022. “Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS Untuk Uji Validitas Dan Reliabilitas.” Jurnal Basicedu 6(4):6491–6504. Anggreni, Dhonna. 2022. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. edited by E. D. Kartiningrum. Mojokerto: STIKES Majapahit Mojokerto. Anindi, Ristia Siska, and Siti Ar. 2023. “Gambaran Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Sekolah Di SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono.” Universitas Muhammadiyah Surakarta 1–15. Aslami, Ardhita Dian, Moh. Aniq KHB, and Diana Endah H. 2019. “Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Indonesian Journal Of Educational Research and Review 2(3):363. doi: 10.23887/ijerr.v2i3.22627. Asri, Dahlia Novarianing, and Suharni. 2021. Modifikasi Perilaku Teori Dan Penerapannya. 1st ed. edited by D. Apriandi. Madiun: UNIPMA Press. BPS. 2018. “Proporsi Populasi Yang Mempunyai Kebiasaan Cuci Tangan Yang Benar Menurut Wilayah (Persen).” Badan Pusat Statistik. Devis, Yesica, and Fahruzi ZA. 2017. “Metode Ceramah Dan Diskusi Kelompok Efektif Meningkatkan Pengetahuan Siswa Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun.” Jurnal Kesehatan Komunitas (Journal of Community Health) 3(4):159–63. Dewi, Pungki Yudy Andika. 2017. “Pengaruh Pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak Sekolah Dasar Di Sdn Mangge 2 Desa Mangge Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2017.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99. Faisal. 2021. “Pengaruh Return on Asset Dan Non Performing Loan Terhadap Capital Adequacy Ratio Pada PT Bank Mega Tbk.” Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora 4(1):61–69. doi: 10.33753/madani.v4i1.145. Fatmawati, Muhammad Yusuf Hidayat, Eka Damayanti, and Muhammad Rusydi Rasyid. 2020. “Gaya Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin.” Al Asma : Journal of Islamic Education 2(1):23–31. doi: 10.24252/asma.v2i1.13472. Gusnita, Shisi, Arneliwati, and Nopriadi. 2022. “Gambaran Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dan Kesehatan Lingkungan Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” JOM FKp 9(2):189–94. Hakiki, Ridwan, and Adi Robith Setiana. 2023. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat (UPTD Puskesmas) Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya.” Journal of Innovation Research and Knowledge 2(8):3085–94. Hamdanah, and Surawan. 2022. Remaja Dan Dinamika. 1st ed. edited by Muslimah. Yogyakarta: Penerbit K-Media. Handayani, Lisa, Een Kurnaesih, and Sundari. 2020. “Pengaruh Edukasi Melalui Media Video Dan Leaflet Terhadap Perilaku Personal Hygiene Pada Masa Menstruasi Remaja.” Journal of Aafiyah Health Research (JAHR) 1(1). Handayani, Maria Ulfa, Apriana Sartika, and Ririn Isahawaitun. 2021. “Pengaruh Edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Melalui Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Siswa Tentang CTPS.” ProHealth Journal (PHJ) 18(2):46–54. doi: 10.59802/phj.202118257. Hanifa, Kaidahu Yanie, Wiwin Piyantari, Isrichomah, dina Putri Utami Lubis, and Sri Handayani. 2023. “Pengaruh Media Edukasi Cuci Tangan Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK ABA Gedongkiwo Yogyakarta.” Healthy Behavior Journal 1(2):63–70. Hapsari, Yovita Diva, Sajidda Andani Rahmawati, Fidela Amelia Sani, Aldi Pramudya Baskoro, Sarifa Nadia, and Reni Lestari. 2023. “Pengaruh Metode Pembelajaran Praktek Dan Ceramah Pada Pembelajaran Seni Kelas III SD 6 BulungKulon.” Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG) 4(2):137– 45. Hasanah, April Yanti Rizki, Lela Hartini, and Rolita Efriani. 2024. “Pengaruh Media Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Hygiene Genitalia Saat Menstruasi Di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.” Journal of Nursing and Public Health (JNPH) 12(1):61–71. Ikasari, Filia Sofiani, Agus Setiawan, and Sukihananto. 2020. “Jenis Kelamin Perempuan Memiliki Keterampilan Cuci Tangan Yang Baik Pada Anak Usia Sekolah.” Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia 10(1). doi: 10.33221/jiiki.v10i01.439. Kasmiati, Arvicha Fauziah, and Hasnawati Nukuhaly. 2023. “Edukasi Personal Hygiene Secara Head To Toe Pada Anak Usia Dini Di Ra Mutiara Btn Prumnas Blok 2 Desa Waiheru Kec. Teluk Ambon Baguala.” Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN) 2(1):89–97. Lediana, Nofikasyara Dhea, and Fortunata Blandina Panamuan. 2024. “Pengaruh Metode Ceramah , Diskusi Dan Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Peserta Didik.” Jurnal BIMA: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2(3):301–8. doi: 10.61132/bima.v2i3.1073. Lubis, Zul Salasa Akbar, Namora Lumongga Lubis, and Eddy Syahrial. 2013. “Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak Tentang PHBS Di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013.” Kebijakan, Promosi Kesehatan Dan Biostatistika 2(1). Luthfi, Aulia Husna, Khairunnas, Maisyaroh Fitri Siregar, and Zakiyuddin. 2021. “Pengaruh Edukasi Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahan Pencegahan Covid-19 Pada Siswa SDN Peunaga Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat.” Jurnal Jurmakemas 01(02):97–109. Mintari, Rizky Eli, and Eram Tunggul Pawenang. 2022. “Perbedaan Pengetahuan, Persepsi, Personal Hygiene Dan Sanitasi Dalam Pencegahan Covid-19.” Indonesian Journal of Public Health and Nutrition 2(1):93–101. doi: 10.15294/ijphn.v2i1.51575. Mutmawardina, Harpiana Rahman, Farihah Muhsanah, Andi Asrina, and Nurul Hikmah. 2023. “Perbedaan Metode Ceramah Dan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun.” Window If Public Health Journal 4(2):274–85. Muzni, Hilma, Ismail Efendi, and Endang Maryanti. 2023. “Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa/I Di Masa Pandemi Covid 19 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen.” Jurnal Kesehatan Dan Fisioterapi 3(1):45–50. Niruri, Rasmaya, Rita Rakhmawati, Rani Nurindah Saputri, and Yeni Farida. 2023. “Efektifitas Media Untuk Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Pada Perilaku Hidup Bersih-Sehat Siswa Sekolah Dasar Saat Adaptasi Kebiasaan Baru Era.” Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research 3:291–300. doi: 10.20961/jpscr.v8i2.56862. Nugraha, Cantika Putri, and Waspodo Tjipto Subroto. 2020. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) Dengan Media Role Card Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kediri.” JUPE 08(3):70–75. Oktavianti, Suryani, and Tiwi Sudyasih. 2024. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Hand Hygiene Anak Usia Sekolah Dasar Di MIM Nglinggo Pagerharjo Samigaluh Kulon Progo.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta 2(28):424–29. Purimahua, Sintha Lisa. 2019. “Efektivitas Metode Demonstrasi Sebagai Media Edukasi Cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Mahasiswa FKM Undana Tahun 2019.” Jurnal Communio 8(1):1260–63. Rachman, Angger Wahyu Nuswantara Adi, and Dwi Cahyo Kartiko. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Ketuntasan Belajar Shooting Bola Basket.” Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan 9(1):193–203. Rina, Cut, TB Endayani, and Maya Agustina. 2020. “Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 5(2):150–58. doi: 10.32505/al- azkiya.v5i2.2155. Riyanto, Arifin, and Trisharsiwi. 2018. “Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Terhadap Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V SDN Kotagede 3 Yogyakarta.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4(3):406–10. Rohmah, Nur, and Silfa Ayu Safika. 2023. “Peran Kader Kesehatan Remaja SMPN 39 Samarinda Dalam Pembuatan Media Edukasi Mengenai PHBS Di Sekolah.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 8(3):643–51. doi: 10.30653/jppm.v8i3.386. Rosdiana, Fransina A. Izaac, Siswi Utami, Yulaeka, Chyka Febria, Apriyanti, Nia Pristina, Miftah Amalia Yasti, and Lisa Ernita. 2023. Gender Dan Kesehatan. 1st ed. edited by S. Yusran and N. Yuniar. Samarinda: CV. EUREKA MEDIA AKSARA. Rusuli, Izzartur. 2022. “Psikososial Remaja: Sebuah Sintesa Teori Erick Erikson Dengan Konsep Islam.” Jurnal As-Salam 6(1):75–89. doi: 10.37249/assalam.v6i1.384. Sari, Suci Pitria, Muhammad Amin, Bintang Agustina, and Riska Yanuarti. 2021. “Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Tentang Personal Hygiene Saat Mentruasi Pada Remaja Putri Dengan Metode Ceramah Di Rt 11 Kelurahan Cempaka Permai Kota Bengkulu.” Avicenna: Jurnal Ilmiah 16(2):111–18. doi: 10.36085/avicenna.v16i2.1984. Setiawan, Zulfa, Hari Anna Lastya, and Sadrina. 2021. “Penerapan TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Sigli.” Jurnal Edukasi Elektro 05(2):131–37. Sinaga, Sahat, Lydia Br Barus, Nurbaiti Br Singarimbun, and Defacto Firmawati Zega. 2023. “Penyuluhan Program PHBS Cuci Tangan Di SD Negeri 106165 Marindal I Deli Serdang.” Communnity Development Journal 4(1):149–53. Suryana, Ermis, Amrina Ika Hasdikurniati, Ayu Alawiya Harmayanti, and Kasinyo Harto. 2022. “Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) 8(3):1917–28. doi: 10.58258/jime.v8i3.3494. Swarjana, I. Ketut. 2022. Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi COVID-19, Akses Layanan Kesehatan. edited by R. Indra. Yogyakarta: Penertbit ANDI. Syafawani, Ummi Rasyida, and Yusuf Safari. 2024. “Teori Perkembangan Belajar Psikologis Kognitif Jean Piaget: Implementasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Bangku Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 3(2):1488–1502. doi: 10.30997/karimahtauhid.v3i2.11810. Syahida, Ayunin, Uli Dayanti, and Dahlia Linda Vera. 2022. “Pendidikan Kesehatan Tentang Personal Hygiene Dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Pada Siswa/i Di SMA Muhammadiyah Kota Langsa.” ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi 1(3):393– 99. doi: 10.55123/abdikan.v1i3.840. Tiani, Novi Indri, Miftahul Falah, Muhamad Rofiq Najib, Yusdiantini Erisca, Nida Nursoffiah, Ai Nurlaela, Andi Nurjamil, Ami Dini Kartini, Daffa Ikhsan Nurfajari, Fitria Ummu Gaida Azzahro, Hani Anggraeni, Izul Ahmad Mubaroq, Melisa Anzani, Tika Nurul Ula, and Ilki Hendra Nataprawira. 2023. “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Tentang Praktik Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar Bagi Siswa Di Sdn 2 Batumalang.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Balarea. Umboh, Elisabeth Marselina, and Sulaemana Engkeng Herdy Munayan. 2020. “Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Pengetahuan Dan SIkap Pada Peserta DIdik Di SD GMIM 14 Manado.” Jurnal KESMAS 9(1):52–57. Williams, James, Maeve Thornton, Mark Morgan, Amanda Quail, Emer Smyth, Daraiene Murphy, and Desmond O’Mahony. 2020. The Lives Of 13-Year-Olds. Dublin: The Stationery Office. Yakina, Amnda Nur, Sapto Adi, and Desi Ariwinanti. 2020. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Team Games Tournament (TGT) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Pencegahan Penyakit Diare Di Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar.” Sport Science and Health 2(2):145–51.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5186
dc.description.abstractLatar Belakang: Masa remaja adalah periode kritis yang memerlukan perhatian khusus terhadap kebersihan diri, termasuk kebiasaan mencuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun dan teknik cuci tangan yang baik dan benar dapat memutus rantai penyebaran mikroorganisme penyebab penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode edukasi kombinasi terhadap perilaku cuci tangan pada remaja di SMPN 39 Samarinda. Metode: Desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre- Experimental Design One Group Pretest-Posttest (tes awal- tes akhir kelompok tunggal). Populasi pada penelitian ini 60 orang dengan teknik total sampling. Instrumen yang di gunakan adalah kuesioner dan analisa data yang digunakan yaitu uji Dependent T-test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p-value = 0,007 (p < 0,05), ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pre dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha gagal ditolak. sehingga ada pengaruh metode edukasi kombinasi terhadap perilaku cuci tangan pada remaja SMPN 39 Samarinda. Kesimpulan: Ada pengaruh antara pemberian edukasi kombinasi cuci tangan terhadap perilaku.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectCuci Tanganid_ID
dc.subjectDemonstrasiid_ID
dc.subjectPerilakuid_ID
dc.subjectTeam Game Tournamentid_ID
dc.titlePengaruh Metode Edukasi Kombinasi Terhadap Perilaku Hand Hygiene pada Remaja di SMPN 39 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Effect of Combination Education Methods on Hand Hygiene Behavior in Adolescents at SMPN 39 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record