Show simple item record

dc.contributor.authorRamadhani, Nur Laila
dc.date.accessioned2025-11-13T02:10:10Z
dc.date.available2025-11-13T02:10:10Z
dc.date.issued2025-01-15
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/5288
dc.description.abstractBadan Penyelesaiana Sengketaa Konsumen (BPSK) Kota Samarinda merupakan lembaga non-struktural yang berfungsi untuk menyelesaikan sengketa konsumen di luar pengadilan. Lembaga ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum bagi konsumen dan memfasilitasi penyelesaian sengketa secara cepat, sederhana, dan biaya yanga terjangkau. aPenelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dan empiris untuk menganalisis efektivitas BPSK dalam menangani sengketa antara konsumen dan pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun BPSKa telah berperan aktif dalam menyelesaikan sengketa, terdapat kendala seperti kurangnya sumber daya manusia dan dukungan anggaran dari pemerintah daerah. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitas BPSK sebagai lembaga alternatif dalam penyelesaian sengketa perlindungan hukum terhadap konsumen di Kota Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectBPSKid_ID
dc.subjectPerlindungan Hukumid_ID
dc.subjectSengketa Konsumenid_ID
dc.subjectSamarindaid_ID
dc.titleEfektivitas BPSK Kota Samarinda sebagai Lembaga Alternatif dalam Penyelesaian Sengketa Perlindungan Hukum terhadap Konsumenid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record