Gambaran Pelaksanaan Aktivitas Membaca Al-Qur’an Sebelum Pembelajaran pada Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Tingkat II di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
View/ Open
Date
2018-07-26Author
Al Amin, Muhammad
Wiyoko, Pipit Feriani
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar belakang : Dalam proses pelaksanaan aktivitas membaca Al-quran adalah peranan penting dan banyak sekali kebaikan serta manfaat yang didapat, tetapi banyak mahasiswa yang belum paham tentang pentingnya pelaksanaan aktivitas membaca al-quran sehingga mahasiswa jarang melaksanakan, walaupun sudah di wajibkan setiap pagi sebelum pembelajaran di mulai. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pelaksanaan aktivitas membaca al-qur’an sebelum pembelajaran pada mahasiswa prodi DIII keperawatan tingkat II di Universitas Muhammadiyah KalimantanTimur. Metode : Jenis penelitian ini adalah bentuk time series Corelation Deskriptif dengan pendekatan observasi. Populasi penelitian ini adalah 105 responden dengan sampel yang digunakan total sampling. Analisis meliputi analisis univariat. Hasil : Didapatkan gambaran berdasarkan jenis kelamin sebagian besar berjenis kelamin perempuan berjumlah 72 (68,6%) dan berdasarkan pelaksanaan aktivitas membaca Al-Qur’an yaitu kurang baik berjumlah 54 responden (51,4%). Mayoritas pelaksanaan aktivitas mahasiswa kelas 2A dan 2B program studi DIII keperawatan mengenai membaca Al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dalam kategori kurang baik.