Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan tentang Hand Hygiene dengan Metode Ceramah dan Roleplay Dikombinasi dengan Media Audiovisual terhadap Tingkat Keterampilan pada Murid Sekolah Dasar
Abstract
Latar Belakang, Dalam meningkatkan kesehatan masyarakat terdapat upaya-upaya untuk mencegah penyakit menular dan tidak menular. Mencuci tangan sendiri telah diakui dan diterima sebagai teknik dengan biaya rendah & efektif guna mencegah penyakit menular. Pendidikan kesehatan melalui anak-anak sekolah dinilai sangat efektif untuk mengubah perilaku dan kebiasaan hidup sehat.
Objektif, Penelitian ini Untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang hand hygiene dengan metode ceramah dan roleplay dikombinasi media audiovisual (video) terhadap keterampilan pada murid sekolah dasar.
Metode, Penelitian ini menggunakan literature review dengan sampel akhir 15 jurnal (Internasional dan Nasioal) setelah dilakukan pencarian literature menggunakan Google Schoolar, Pubmed, Directory of Open Access Journals, dan Plos One dan penyaringan jurnal menggunakan RAC (Research Appraisal Checklist)
Hasil dan Kesimpulan, Hasil dari penelitian yang didapat pada penelitian ini ditemukan adanya peningkatan pada keterampilan mencuci tangan setelah dilakukan berbagai strategi intervensi. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara pemberian pendidikan kesehatan tentang hand hygiene dengan metode ceramah dan roleplay dikombinasi dengan media audiovisual terhadap keterampilan pada murid sekolah dasar.