Hubungan antara Paritas Ibu dan Promosi Susu Formula dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru Samarinda
Date
2020-06-25Author
Maulidiyah, Luluk Muflikhatul
Astiningsih, Ni Wayan Wiwin
Metadata
Show full item recordAbstract
ASI Eksklusif merupakan ASI yang diberikan kepada bayi dari pertama lahir sampai usia 6 bulan, dan tidak menambahkan makanan atau pun minuman lain (WHO dalam Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2017). Faktor yang dapat mempengaruhi pemberian ASI eksklusif diantaranya ialah paritas ibu dan promosi susu formula. Paritas ibu merupakan kondisi seorang perempuan yang telah melahirkan anak dengan jumlah tertentu (Wahyuni, 2015). Promosi susu formula merupakan kegiatan yang dilakukan oleh produsen untuk mempromosikan manfaat dari produk susu formula sebagai pengganti ASI dengan tujuan agar konsumen membeli produk yang mereka produksi (Kotler dalam Yumni, Wahyuni, 2018). Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara paritas ibu dan promosi susu formula dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 6-12 bulan di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain deskriptif korelasion, pendekatan dilakukan secara cross sectional dengan jumlah sampel 107 responden. Data diambil dengan menggunakan kuesioner paritas ibu dan promosi susu formula. Analisis data menggunakan uji Chi-Square.