Pengaruh Pelatihan Terhadap Kualitas Pelayanan pada PT. Matahari Department Store Plaza Mulia Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kualitas pelayanan karyawan pada PT Matahari Department Store Plaza Mulia Samarinda pada tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif.Variabel dalam penelitian ini adalah Variabel (X) pelatihan dan Variabel (Y) Kualitas Pelayanan.Populasi penelitian ini seluruh karyawan PT Matahari Department Store Plaza Mulia Samarinda sebanyak 92 orang dan yang dijadikan sampel sebanyak 75 orang.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling.Data diperoleh dari responden dengan menggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner melalui google form dan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa Pelatihan kerja pada karyawan berpengaruh positif signifikan terhadap Kualitas kerja karyawan pada perusahaan PT. Matahari Department Store Plaza Mulia Samarinda dengan nilai koefisien 0.644.