Analysis of Student Satisfaction Level for Offline Learning at Department of Mechanical Engineering Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Using Algorithm C4.5
Abstract
Perguruan Tinggi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang tidak lepas dari pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa, baik dari segi fasilitas maupun kualitas pelayanan. Mahasiswa akan mempersepsikan kualitas pelayanan dari lembaga pendidikan, mahasiswa akan merasa tidak puas jika kualitas pelayanan tidak sesuai dengan harapan mahasiswa. Siswa yang tidak puas akan menunjukkan perilaku belajar yang tidak nyaman, seperti tidak adanya semangat belajar. Menentukan tingkat kepuasan mahasiswa menggunakan algoritma decision tree C4.5. Menurut C. A. Oktavia, Rahmadwati, dan Purnomo, algoritma C4.5 memiliki kelebihan yaitu dapat menghasilkan pohon keputusan yang mudah diinterpretasikan dan memiliki tingkat akurasi yang dapat diterima. Aspek Empathy merupakan aspek yang paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Akurasi model C4.5 yang digunakan dalam penelitian ini adalah 83,33%.