Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Lempake Samarinda
Abstract
Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan peserta BPJS kesehatan di Puskesmas Samarinda. Metodelogi: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan rancangan Cross Sectional. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas samarinda dengan sampel sebanyak 312 responden dengan teknik Purposive Sampling. Uji dalam penelitian ini menggunakan uji Chi Square. Hasil: Hasil uji statistik Chi Square pada factor tangible yaitu nilai p value = 1,000 dengan taraf signifikan (> 0,05) yang dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan peserta BPJS kesehatan di Puskesmas Samarinda. Manfaat: Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai evaluasi dalam program ilmu kesehatan masyarakat dan masyarakat mengetahui kualitas pelayanan Kesehatan dengan kepuasan pasien