Hubungan Penggunaan Sosial Media Instagram terhadap Perilaku Cyberbullying pada Siswa SMK Putra Bangsa Bontang dimasa Pandemi COVID-19
Abstract
Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara media sosial Instagram terhadap perilaku cybebullying pada siswa/i SMK Putra Bangsa Bontang di masa pandemic covid-19. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa/i kelas XI seluruh jurusan yaitu keperawatan, akuntansi,Teknik sepeda motor dan Teknik computer dan jaringan pada siswa/i SMK Putra Bangsa Bontang yang berjumlah 150 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan pendekatan stratified random sampling. Responden berjumlah 110 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner online mengenai media sosial Instagram dan perilaku cyberbullying. Analisis data menggunakan SPSS untuk uji chi square. Hasil: Hasil penelitian dengan menggunakan uji chi-square yang menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial Instagram terhadap perilaku cyberbullying pada siswa/i SMK Putra Bangsa Bontang di masa pandemi dengan nilai p-value =0.037 < 0.05. Manfaat: Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, sebagai indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar selama perkuliahan, sebagai sumber referensi, acuan dalam penelitian berikutnya dan sebagai informasi mengenai hubungan antara media sosial Instagram terhadap perilaku cyberbullying serta sebagai penanggulangan dalam perilaku cyberbullying pada kalangan remaja khususnya remaja di SMK Putra Bangsa Bontang.